Pengertian Evaluasi

By | 8 Agustus 2019

Apa itu Evaluasi?, pengertian evaluasi adalah suatu kegiatan menilai atau mengukur tentang keberhasilan suatu kegiatan atau program apakah sudah sesuai dengan apa yang di inginkan yang telah di rencanakan. Penilaian yang dilakukan dapat berupa positif atau negative atau keduanya dan biasanya di ikuti dengan pengambilan keputusan dari objek yang dievaluasi.

Pengertian lain dari evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan sebuah informasi dari suatu kegiatan dan di mana informasi yang telah di dapatkan akan di gunakan untuk menentukan alternative terbaik dalam mengambil sebuah keputusan. Dengan begitu misi utama dari evaluasi adalah memperbaiki dan meyempurnakan suatu kegiatan yang di lakukan.

Baca Juga: Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Evaluasi di ambil dari bahasa Inggris yaitu “evaluation” yang dapat diartikan sebagai penaksiran atau penilaian. Nurkancana berpendapat bahwa pengertian evaluasi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan proses dalam menentukan nilai dari suatu hal.

Informasi yang di dapat dari hasil evaluasi yang di lakukan akan di gunakan untuk membandingkan hasil kegiatan yang telah di dapatkan dengan hasil yang ingin di capai. Hasil evaluai tersebut akan di gunakan untuk membuat suatu perencanaan kembali dan sebagai administrasi dan manajemen yang terakhir.

Baca Juga: Pengertian Agen

Pengertian Evaluasi menurut para ahli

Untuk memperjelas pengertian evaluasi secara umum di atas dan agar lebih di pahami kita bisa melihat rujukan dari para ahli di bawah ini.

1. Anne Anastasi

Menurut Anne Anastasi definisi anastasi adalah suatu proses yang sistematis dalam menentukan sejauh mana tujuan instruksional yang ingin dicapai oleh seseorang. Evaluasi adalah sebuah kegiatan yang di lakukan untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematik, dan terarah yang berdasarkan tujuan yang jelas.

2. Sajekti Rusi

Definisi evaluasi menurut Sajekti Rusi adalah suatu dalam menilai proses sesuatu, yang mencakup deskripsi tingkah laku siswa baik secara kuantitatif atau pengukuran maupun kualitatif atau penilaian.

3. Suharsimi Arikunto

Definisi evaluasi menurut Suharsimi Arikunto yaitu serangkaian kegiatan yang tujuannya untuk mengukur suatu tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.

5. A.D Rooijakkers

A.D Rooijakkers berpendapat, Evaluasi adalah usaha atau proses untuk menentukan nilai-nilai. Yang Secara khusus evaluasi atau penilaian juga dapat diartikan sebagai sebuah proses pemberian nilai yang berdasarkan data kuantitatif dari hasil pengukuran dalam keperluan pengambilan keputusan.

6. Norman E. Gronlund

Menurut Norman E. Gronlund (1976), definisi evaluasi merupakan suatu proses yang bersifat sistematis sistematis dalam menentukan atau membuat suatu keputusan hingga sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai siswa/siswi.

Fungsi Evaluasi

Evaluasi memilii fungsi dan manfaat terhadap pihak yang melakukan proses evaluasi dan pihak yang di lakukan evaluasi. Berikut ini beberapa fungsi evaluasi.

1. Fungsi selektif

Fungsi selektif adalah fungsi yang menyeleksi seorang individu apakah dia memiliki standar komptensi yang telah di tentukan. Misalnya apakah dia dapat di terima dalam suatu perusahaan, Apakah di a layak di promosikan, dan apakah di layak untuk di naikan gajinya dan lain-lain.

2. Fungsi diagnostic

Fungsi diagnostic adalah fungsi untuk mengetahui kekuarangan maupun kelebihan seorang individu. Misalnya mengetahui kekuarangan dan kelebihan seorang kariawan perusahaan (Baca Juga: Pengertian Perusahaan) dalam bidang pekerjaannya yang tidak maksimal.

3. Fungsi penempatan

Fungsi penempatan adalah fungsi untuk menilai mengenai penempatan posisi seseorang dalam pekerjaan. Misalnya seseorang kariawan di tempatkan pada posisi dimana dia dapat berkerja dengan maksimal pada posisi yang telah di tentukan.

4. Pengukur keberhasilan

Fungsi ini di gunakan untuk melihat sampai mena keberhasilan yang telah di capai misalnya penggunaan sarana dan prasarana, metode yang digunakan, dan pencapaian yang telah di tetapkan.

Tujuan Evaluasi

Dalam melakukan evaluasi tentu memiliki suatu tujuan tertentu yang ingin di dapatkan. Dan juga terdapat beberapa hal-hal yang ingin di dapatkan dalam kegiatan evaluasi. Nah berikut ini ada beberapa tujuan dilakukanya evaluasi

  • untuk mengetahui tingkat eftktifitas dalam penggunaan metode misalnya media, informasi dan sumber dalam pelakasanaan kegiatan
  • sebagai umpan balik atau pemberi informasi mengenai kegiatan yang di lakukan agar kegiatan selanjutnya dapat di rencanakan dengan lebih baik dari sebelumnya.
  • agar mengetahui tingkat penguasaan seorang individu terhadap standar komptensi yang telah di tetapkan
  • untuk mengetahui kesuliatan apa saja yang di alami seseorang di dalam kegatanya agar dapat di atasi denga melakukan remedia teaching.h orang-orang yang berkepentingan.

Tahapan Evaluasi

Dalam melakukan suatu kegiatan tentu mebutuhkan tahpan-tahapan tertentu agar kegatan dapat baerjalan dengan teratur dan berjalan lancar. Berikut ini beberapat tahapan dalam melakukan evaluasi.

  • menentukan topic evaluasi, setiap evaluasi tentu memilikit topic tersendiri yang akan di evaluasi, contohnya evaluasi ujian nasional, evaluasi hasil kerja dan evaluasi lainnya.
  • menyusun kegiatan evaluasi, sebelum melakukan evaluasi harus di lakukan penyusunan proses kegiatan tahapan evaluasi agar evaluasi dapat berjalan dengan baik.
  • mengumpulkan data, sebelum melakukan evaluasi perlu untuk melakukan pengumpulan informasi yang dapat di gunakan dalam perencanaan evaluasi.
  • pengololahan analisis data, kegiatan ini adalah kegiatan yang di lakukan dengan mengolompokan sebuah informasi agar dapat di mudahkan dalam melakukan analisis.
  • melaporkan hasil evaluasi, setelah itu membuat laporan hasil evaluasi agar dapat di ketkahui oleh orang-orang yang berkepentingan.

Demikianlah artikel mengenai materi evaluasi yang mulai dari pengertian evaluasi baik itu pengertian secara umum maupun yang di kemukakan oleh para ahli, tujuan evaluasi, fungsi evaluasi serta tahapan-tahapan dalam evaluasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *