Pengertian Brainware

By | 21 Maret 2020

Pengertian Brainware

Pengertian Brainware

Pengertian Brainware adalah orang yang mengoperasikan atau menggunakan sebuah perangkat komputer. Brainware sering disebut dengan sebuah kecerdasan yang dapat mengoperasikan sebuah hardware dan software yang terdapat di dalam komputer.

Dalam sistem komputer, barinware merupakan sistem yang sangat penting dan berkaitan erat denga software dan hardware. Hardware tidak dapat dijalankan tanpa bantuan dari software yang terdapat di dalam komputer. Begitu pun dengan software dan hardware tidak dapat berjalan tanpa adanya brainware.

Di dalam sistem informasi manajemen brainware sangat dibutuhkan untuk menghasilkan informasi yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup sebuah perusahaan dalam hal bersaing dengan perusahaan lain.

Artikel Terkait: Pengertian Jaringan Komputer

Contoh Brainware

Adapun contoh dari brainware adalah netter, programmer, dan orang-orang yang menggunakan komputer. Para pengguna perangkat pengguna komputer sering disebut dengan user. Ada beberapa jenis pengguna komputer yaitu:

1. Programmer

Programmer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk membuat program yang digunakan di dalam sebuah sistem operasi yang ada di dalam perangkat komputer.

2. Administrator

Administrator adalah orang yang dapat mengelola program dan sistem operasi yang terdapat di dalam perangkat komputer.

3. Operator

Operator adalah orang yang dapat mengoperasikan semua hardware dan software yang terdapat di dalam perangkat komputer.

Pembagian Brainware

Merujuk Pada Pengertian brainware, Berikut ini jenis-jenis dari brainware yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai.

1. Operator komputer

Operator komputer memiliki tanggung jawab untuk mengelola data dengan sistem yang terhubung dengan komputer. Operator komputer dapat mengikuti instruksi sistem yang telah di berikan oleh programmer.

2. Teknisi

Teknisi di sini memiliki peran penting dalam melakukan perbaikan atau maintenance terhadap berbagai permasalahan yang dialami oleh komputer. Seorang teknisi harus benar-benar ahli dalam memperbaiki komputer harus memiliki skill dan pengetahuan dalam trubleshooting dan hal-hal yang berkaitan dengan perbaikan komputer.

3. Trainer

Trainer adalah orang yang menguasai semua hal-hal yang berkaitan dengan komputer termasuk operator komputer dan teknisi. Karena seorang trainer harus mengajarkan semua yang berkaitan dengan komputer terhadap orang lain.

4. Konsultan

Konsultan adalah orang yang benar-benar ahli pada suatu bidang. Konsultan berperan dalam memberikan panduan dan arahan kepada orang lain dalam sebuah bidang yang ditekuni oleh konsultan.

5. Project Manajer

Project manajer adalah orang yang berperan dalam memimpin sebuah proyek yang dikerjakan. Projek manajer juga memiliki peran dalam memandu berjalannya pengerjaan sebuah proyek.

5. Programmer

Programmer adalah seorang brainware yang bertugas dalam membuat sebuah software atau aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia.

6. Graphic Desainer

Graphic desainer adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam hal mendesain dan membuat berbagai animasi.

Artikel Terkait: Pengertian Internet

Fungsi Brainware

Merujuk pada pembagian brainware di atas, ada beberapa fungsi utama brainware yaitu (1) Programmer, Programmer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk membuat program yang digunakan di dalam sebuah sistem operasi yang ada di dalam perangkat komputer

Administrator, Administrator adalah orang yang dapat mengelola program dan sistem operasi yang terdapat di dalam perangkat komputer. Dan Operator, Operator adalah orang yang dapat mengoperasikan semua hardware dan software yang terdapat di dalam perangkat komputer.

Demikianlah artikel tentang pengertian brainware, fungsi brainware, pembagian brainware dan contoh brainware. Semoga dengan adanya artikel tentang pengertian brainware ini dapa memberikan manfaat kepada pembaca.

Author: Mutawakkil

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.