7 Tahap Memulai Bisnis

By | 9 Desember 2019

Tahap Memulai Bisnis – Dalam Memulai Sebuah bisnis dan usaha tentu diperlukan beberapa pengetahuan dasar yang mungkin harus kamu ketahui sebelum terjun di dunia bisnis. Ditambah lagi jika kamu memang benar – benar awam dalam dunia bisnis atau belum pernah terjun dalam berbagai bentuk usaha.

Tahap Memulai Bisnis

Jika kamu juga termasuk orang yang memiliki banyak ide dan gagasan dalam hal membangun sebuah bisnis. Ide atau gagasan yang kamu miliki tidak akan cukup memulai sebuah bisnis tanpa memiliki pengetahuan dasar dalam hal usaha.

Sebelum kita masuk ke beberapa tahapan. Yang harus kamu ketahui dalam dunia usaha sebelum benar-benar terjun dalam dunia bisnis. Apa sih itu wirausaha? Sebagai calon pebisnis kamu harus mengetahui pengertian wirausaha.

Baca Juga: Peluang Bisnis Terbaru

Pengertian wirausaha adalah suatu studi yang dimiliki oleh seseorang yang kreatif dengan tujuan untuk mewujudkan inovasi, keinginan dan impian dalam bidang usaha apapun. Baik itu penjualan produk, bisnis online atau bisnis layanan jasa.

Ada beberapa tahapan yang harus kamu tahu sebelum memulai sebuah usaha. Khususnya dalam penjualan produk. Dalam bisnis penjualan produk hal yang perlu kamu ketahui salah satunya adalah menganalisis pasar.

Baca Juga: Pengertian Analisis SWOT

Berikut ini tahap memulai bisnis

#1 Mempunyai Ide dan Gagasan Yang Kuat

Dalam memulai sebuah wirausaha hal yang harus kamu miliki adalah ide dan gagasan yang digunakan sebagai tujuan untuk mewujudkan impian dan keinginan kamu. Ide dan gagasan ini juga digunakan sebagai tolok ukur dalam mengetahui seperti apa usaha yang akan kamu jalankan di kemudian hari.

Contoh ketika kamu ingin memulai bisnis layanan jasa laundry misalnya. Ide dan gagasan nya adalah adalah bagaimana cara kamu dalam menjalankan bisnis jasa tersebut agar memiliki keunggulan dari bisnis layanan jasa yang sejenis. Kamu harus memikirkan apa yang membuat klien kami betah menggunakan jasa laundry kamu.

#2 Budget Atau Modal

Setelah kamu menemukan ide dan gagasan tentang tujuan bisnis kamu kedepannya. Untuk mewujudkan ide dan gagasan tersebut kamu membutuhkan modal berupa uang atau dalam bentuk lainnya. Namun modal umumnya berupa uang.

Untuk memulai usaha kamu memang harus berkorban terlebih dahulu baik itu harta, waktu, pikiran dan tenaga. Modal menjadi tahap yang kedua sehingga kamu jangan takut akan modal yang kamu keluarkan. Mulailah tekun dalam menjalankan usaha dengan modal yang telah kamu keluarkan.

#3 Mencari Tempat Usaha

Tempat usaha merupakan hal yang juga sangat penting diperhatikan karena tempat yang strategis dalam menjalankan bisnis akan menjadi faktor dalam keberhasilan suatu usaha. Nah dalam memulai usaha kamu harus mempertimbangkan tempat untuk memulai bisnis. Kamu harus jeli dalam menilai tempat yang cocok untuk bisnis kamu.

Dalam memilih tempat usaha kamu harus melihat lingkungan yang ada di sekitar tempat usaha yang akan kamu bangun. Kamu juga harus mengambil beberapa tempat yang akan kamu jadikan tempat usaha kemudian membandingkan semua tempat usaha yang kamu telah kumpulkan.

#4 Pelayanan konsumen

Setelah kamu memiliki tempat saatnya kamu menarik konsumen dan memperkenalkan bisnis kamu kepada calon pelanggan. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam menarik konsumen salah satunya adalah dengan memasang iklan baik itu offline maupun online.

Dengan kemajuan teknologi saat ini para pengusaha mengiklankan produk mereka secara online. Karena online dapat menjangkau calon pelanggan yang sangat luas. Setelah kamu mendapatkan pelanggan pertama mu kamu harus memberikan pelayanan yang spesial untuk semua pelanggan. Jadikan Pelanggan sebagai raja.

Baca Juga: Tips Menjadi Pengusaha Sukses

#5 Doa dan keyakinan Kepada Tuhan

Tahap yang ketiga adalah berhubungan dengan spiritual yaitu bagaimana kita menyerahkan semua usaha yang telah kita lakukan kepada Allah. Setelah kita telah memberikan Ide dan gagasan serta modal dalam memulai usaha, maka kita harus memantapkan nya dengan meminta kepada pemilik Rezeki agar dibukakan pintu – pintu rezeki.

Kita sebagai hamba Allah menyerahkan semua usaha yang telah dilakukan. Dengan menyakinkan hati jika kamu akan mampu dan sukses dalam mewujudkan impian dan keinginan kamu.

#6 Mempersiapkan Inovasi

Seiring berjalannya waktu ada banyak sekali perubahan yang akan terjadi di lingkungan usaha kamu. Sehingga kamu harus mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan mempersiapkan Inovasi – inovasi baru dalam bisnis kamu agar bisnismu tidak ketinggalan dari bisnis lain.

#7 Mengelola keuangan

Pada tahap yang terakhir ini, setelah usahamu mulai berdiri dan sudah mendatangkan keuntungan. Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengelola keuangan. Baik yang masuk maupun keluar. Kamu harus memperhatikan keuangan bisnis kamu jangan sampai pengeluaran bisnis mu lebih besar dibandingkan pemasukan mu.

Pengelolaan keuangan usaha akan menjadi faktor dalam menentukan kesuksesan dan keberhasilan usaha yang kamu miliki. Kamu harus cerdas dalam mengambil keuntungan dari usaha kamu untuk kamu gunakan secara pribadi.

Nah itulah tahapan-tahapan dalam memulai bisnis baru. Kunci utama dalam memulai bisnis adalah bagaimana kamu menerapkan tahap Memulai bisnis dan kamu harus yakin dan konsisten dalam berbisnis dan jangan pernah menyerah. Karena Menjadi orang sukses itu tidaklah mudah. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Sumber Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *