Tugas Dan Fungsi Pemimpin

Tugas dan Fungsi Seorang Pemimpin

Fungsi Pemimpin – Di dalam sebuah perusahaan atau organisasi terdapat seorang individu yang bertugas sebagai pemimpin. Pemimpin organisasi bertujuan memiliki tugas untuk menentukan tujuan yang akan dicapai oleh kelompok atau organisasi.

Jika sebuah organisasi tidak memiliki seorang pemimpin, yakin saja organisasi tersebut tidak akan dapat bertahan lama. Karena di dalam organisasi terdapat dua orang atau lebih yang memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda. Disitulah fungsi seorang pemimpin yang bertugas sebagai orang yang mengatur dan mempersatukan karakter orang-orang di dalam organisasi.

Namun fungsi seorang pemimpin bukan hanya memberikan motivasi, menentukan arah organisasi dan mempersatukan karakteristik orang yang terdapat di dalam perusahaan. Nah pada artikel ini kita akan membahas beberapa tugas dan fungsi pemimpin secara umum.

Baca Juga Yah: Pembahasan Lengkap Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan

Tugas Seorang Pemimpin di Dalam Perusahaan

Fungsi Pemimpin

Fungsi pemimpin pada setiap kelompok berbeda-beda baik itu perusahaan, organisasi dan kelompok-kelompok biasa. Namun disini kita akan membahas tugas pemimpin di dalam perusahaan. Berikut ini tugas seorang pemimpin di dalam perusahaan.

#1 Fungsi Manajerial

Tugas seorang pemimpin adalah memimpin perusahaan yang di mana meliputi menyusun rencana, mengarah kan perusahaan dan mengendalikan nilai perusahaan. Fungsi pemimpin dalam hal menyusun rencana adalah seorang pemimpin harus mampu menyusun rencana baik itu kegiatan dan visi dan misi perusahaan.

Fungsi pemimpin dalam perusahaan dalam hal mengarahkan perusahaan adalah seorang pemimpin harus mampu menunjukkan arah kemana tujuan perusahaan melalui visi dan misi yang telah ditentukan. Fungsi pemimpin dalam perusahaan dalam hal mengendalikan nilai perusahaan adalah seorang pemimpin diharapkan mampu menyusun strategi dan menemukan inovasi baru untuk menjaga keberlangsungan perusahaan agar perusahaan tetap hidup.

#2 Memotivasi Bawahan

Tugas seorang pemimpin di dalam perusahaan yang kedua adalah pemain harus mampu memberikan motivasi dan dorongan kepada bawahan nya. Sehingga seorang pemimpin harus mampu berbicara di depan banyak orang dan memiliki kharisma agar dapat di ikuti oleh bawahan nya. Selain itu seorang pemimpin harus memberikan contoh yang baik kepada bawahannya.

#3 Membina Bawahan

Tugas seorang pemimpin di dalam perusahaan adalah membina bawahannya agar dapat menyelesaikan tugas masing-masing yang telah diberikan. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kinerja karyawan yaitu dengan membuat pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan tugas yang akan diberikan kepada bawahan.

#4 Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Nyaman

Bagi seorang karyawan perusahaan akan dapat bekerja dengan baik jika fasilitas di dalam perusahaan dapat terpenuhi dengan baik. Kinerja karyawan juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan di dalam perusahaan. Disinilah fungsi seorang pemimpin mampu mengalokasikan dana perusahaan untuk membuat lingkungan perusahaan yang nyaman bagi karyawan.

Baca Juga: 7 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Kamu pasti sudah tau perusahaan Google yang bergerak di bidang perikanan, search engine dan lain-lain. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang paling diimpikan oleh hampir semua orang untuk dapat menjadi bagian dari perusahaan ini. Kenapa begitu? Karena perusahaan mampu memberikan kenyamanan kepada karyawan dengan menyediakan fasilitas yang membuat pegawainya nyaman dalam bekerja.

#5 Menyusun Fungsi Manajemen Yang Baik

Tugas seorang pemimpin di dalam perusahaan yang terakhir adalah menyusun fungsi manajemen. Ada beberapa Fungsi manajemen yaitu planning (perencanaan), organizing (mengatur), Actuating (penerapan) dan controling (pengawasan).

Dari ke 4 fungsi manajemen di atas seorang pemimpin harus mampu menjalankannya mulai dari merencanakan semua yang berkaitan dengan perusahaan, mampu mengatur dan menempatkan karyawan pada keahlian nya masing-masing, mampu menerapkan apa yang telah direncanakan dan yang terakhir adalah melakukan pengawasan kepada bawahannya.

Fungsi pemimpin

Fungsi pemimpin di dalam perusahaan atau organisasi tidak dapat dibantah, karena pemimpin berperan untuk menjaga agar perusahaan atau organisasi tetap hidup fungsi pemimpin terbagi menjadi beberapa berdasarkan aspek nya. Berikut ini fungsi pokok pemimpin

#1 Fungsi Pokok Pemimpin

  • Fungsi instrukstif yaitu pemimpin berperan sebagai komunikator di dalam organisasi
  • Fungsi Konsultatif yaitu pemimpin harus mampu berkomunikasi dua arah dengan bawahannya untuk meminta saran atau keputusan yang akan di ambil.
  • Fungsi Partisipasi yaitu seorang pemimpin harus mampu melibatkan seluruh bawahan dalah yang berkaitan dengan pengambilan keputusan
  • Fungsi Delegasi yaitu seorang pemimpin harus dapat memberikan kepercayaan kepada orang lain, karena perusahaan tidak dapat dikelola oleh seorang diri.

#2 Fungsi Pemimpin dalam aspek operasional

  • Pengambilan keputusan
  • Pengembangan imajinasi
  • Pendelegasian wewenang kepada bawahan
  • Pengembangan kesetiaan bawahan
  • Pemrakarsaan dan penggiatan
  • Pemanfaatan sumber daya manusia
  • Pelaksanaan keputusan
  • Pemberian penghargaan kepada bawahan
  • Bertanggungjawab atas semuanya

Itulah pembahasan tentang tugas seorang pemimpin di dalam perusahaan dan fungsi pemimpin. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan umum kepada pembaca. Sekian dan terimakasih.

Related Posts