13 Website Pendidikan Gratis Terbaik Di Seluruh Dunia

Website Pendidikan Gratis

Website Pendidikan Gratis

Website pendidikan gratis adalah suatu situs dimana dapat memperoleh pendidikan secara gratis dan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Bahkan tanpa susah payah belajar keras hanya untuk memperoleh beasiswa. Biasanya hal ini hanya untuk sistem pembelajaran secara online / kursus online. Inilah daftar website untuk pendidikan gratis:

1. Code Academy

Referensi untuk website pendidikan online gratis pertama yaitu code academy. Website ini menawarkan kursus online khusus bidang bahasa pemrograman / coding. Materi kursus dimulai dari pengenalan tentang bahasa pemrograman dan cara untuk mengaplikasikan bahasa pemrograman. Jenis bahasa pemrograman yang ada di code academy meliputi Javascript, html, jquery, CSS, ruby, phyton dan PHP.

Metode pembelajaran cukup interaktif. Sehingga dapat dipahami oleh pemula. Serta menjadi referensi yang sangat bermanfaat untuk memperluas pengetahuan tentang coding.

2. Bit Degree

Pada website pendidikan ini hanya menyediakan materi tentang crypto currency, bitcoint dan block chain. Melalui situs ini, dapat menciptakan resolusi di dalam bidang tersebut. Mendapat suatu pengetahuan dan manfaat dari cryto currency dan lain sebagainya.

Pada BitDegree ini tidak hanya sekedar menyediakan kursus online, tetapi juga menjadi ajang dalam perekrutan karyawan. Bagi pelajar yang mempunyai potensial dapat sekaligus untuk memperoleh pekerjaan melalui BitDegree ini.

Artikel Terkait: Website Penyedia Lowongan Pekerjaan

3. MIT Open courseware

MIT open course ini adalah salah satu pogroms yang diselenggarakan oleh MIT / Massachusetts Institute of Technology. Universitas itu merupakan salah satu Universitas ternama yang ada di Lowell, Massachusetts, Amerika.

Kini semua program pembelajaran yavg ada di Universitas tersebut dapat diakses secara online dan gratis. Ada banyak jenis materi mulai dari IT, medical, robotic, science, astronomy, business dan lain – lain.

Selain itu dapat pula mempunyai akses untuk mengambil jenjang yang lebih tinggi. Seperti bachelor / D3, degree / S1, master degree / S2 hingga doctoral / S3.

4. EdX

Website endidikan Gratis

EdX menjadi tempat kursus online dengan akses khusus untuk mendapatkan sertifikat dari Universitas ternama di dunia. Mulai dari Oxford, Harvard, Stanford dan lain sebagainya.
Jenis sertifikatnya pun juga bermacam – macam. Entah itu sertifikat khusus untuk kursus biasa, degree serta master degree. Untuk memperoleh sertifikat tersebut harus mengeluarkan biaya tambahan hingga puluhan juta.

Sedangkan untuk sertifikat kursus dapat diperoleh dan diakses secara gratis. Untuk jenis materi pembelajaran yang tersedia juga sangat kompleks.

5. Web fundamentals

Web fundamentals juga dikenal dengan HTML 5 Rocks. Website pendidikan gratis ini merupakan salah satu program yang dibuat oleh Google. Situs ini berisi tentang materi pemrograman website. Dengan belajar melalui web fundamentals, dapat mengetahui lebih detail tentang proses pembuatan website dan semua hal tentang dasar website.

Tutorial untuk website ini dapat bermanfaat untuk memiliki keahlian khusus dalamnya programmer web. Jadi tidak peduli latar belakang pengetahuan, sebab dengan tidak mengetahui apapun tentang pemrograman web akan dengan mudah mempelajari dengan semua tutorials yang ada.

6. Coursera

Coursera hampir sama dengan Edx, dimana kedua website pendidikan tersebut mempunyai akses khusus untuk memperoleh materi dari Universitas ternama. Namun untuk Coursera ini hanya menyediakan sertufu kursus semata. Jadi Coursera tidak mempunyai program untuk bachelor maupun degree.

Website ini didirikan oleh profesor Andrew Ng dan Daphne Koller. Mereka adalah profesor / dosen yang mengajar di Stanford University dalam bidang ilmu komputer. Mereka mendirikan Coursera sebab sangat terinspirasi dari salah satu program dari Stanford University. Program itu adalah kursus online di musim gugur.

Baca Juga: Pengertian Organsasi

7. Udemy

Udemy pada dasarnya hampir mirip dengan Coursera. Hanya saja untuk Udemy tidak mempunyai akses khusus di Universitas ternama. Program kursus yang disediakan pada Udemy ini hanya program kursus kecil – kecilan. Meskipun begitu, Udemy mempunyai akses yang sangat luas di seluruh dunia.

Kelebihan dari Udemy ini bukan hanya sekedar menjadi tempat untuk mencari ilmu. Tetapi melakukan Udemy juga dapat digunakan untuk membagi ilmu. Caranya dengan join sebagai tutor / mendirikan kursus melalui Udemy ini. Dengan kata lain dapat pula dijadikan sebagai tempat untuk menambah penghasilan.

8. Alison

Sementara itu untuk Alison juga menjadi tempat kursus ternama seperti coursera. Hanya saja sertifikat yang akan diperoleh di Alison jauh lebih tinggi. Jadi tidak hanya sekedar memperoleh sertifikat kursus semata. Namun juga dapat memperoleh sertifikat diploma.

Jenis program mata pelajaran yang ditawarkan sangat kompleks, mulai dari business, science, sosial, healthy, language dan lain sebagainya. Cara penyampaian materi juga sangat beragam, ada yang berbentuk video dan ada pula yang tersedia dalam bentuk modul.

Semua materi kursus disediakan secara gratis. Hanya saja untuk memperoleh sertifikat harus mengeluarkan biaya tambahan. Besarnya biaya untuk sertifikat tidak mahal hanya sekitar ratusan ribu hingga 1,5 juta IDR.

9. Perpustakaan Online Indonesia.

Di Indonesia sangat banyak perpustakaan Online maupun offline yang gratis. Namun karena kemajuan di bidang teknologi menjadikan banyak orang yang suka mengakses informasi melalui online. Salah satu website perpustakaan online gratis adalah perpustakaan.id  pada laman ini Anda dapat mengakses informasi yang berkaitan dengan olahraga, kebudayaan, IPA dan Pengetahuan lainnya.

10. Stanford Online

Website endidikan Gratis

Program website pendidikan ini adalah program kursus online yang disediakan oleh Stanford University. Semua materi yang diajarkan di Stanford University dapat dipelajari dengan mudah di Stanford online ini. Selain itu, dapat pula mendapatkan sertifikat gratis eksklusive dari Stanford University.

Selain itu juga terdapat akses khusus untuk dapat registrasi sebagai mahasiswa Stanford University. Baik untuk kelas regular maupun online.

11. Harvard Extension

Pada program pendidikan ini sama seperti Stanford Online. Hanya saja untuk Harvard extension hanya menyediakan akses khusus untuk Harvard University.

12. LinkedIn learning

Sedangkan untuk tempat kursus online ini hampir sama seperti Udemy. Hanya saja terdapat suatu perbedaan yang sangat mencolok. Untuk LinkedIn learning, sebagaian besar cenderung tempat kursus yang bersifat personal. Untuk LinkedIn ini, biasanya tersedia dalam 2 jenis pilihan yaitu kursus dengan sertifikat dan tanpa sertifikat.

Hanya saja untuk LinkedIn ini menyediakan materi yang sedang dibutuhkan dalam dunia kerja, seperti editing, web programer, translator dan lain sebagainya. Jadi dapat sangat bermanfaat bagi yang sedang mencari pekerjaan / membutuhkan skill tertentu untuk memperoleh pekerjaan.

13. Academic earth

Sedangkan untuk academic earth mempunyai program yang hampir sama dengan edx. Selain itu academic earth juga bekerja sama dengan Universitas ternama yang ada di dunia seperti Massachusetts Institute of technology, Harvard University, StanfordUniversity, dan lain sebagainya.
Jenis materi kursus yang ada di academic earth juga sangat kompleks. Mulai dari fine art / seni rupa, Christianity / pendidikan agama kristen, literature / sastra, science / ilmu pengetahuan alam, business dan lain sebagainya. Semua materi yang tersedia dalam bentuk format video yang dapat diakses secara gratis.

Untuk kursus online di academic earth adalah gratis dan tidak akan mendapat sertifikat apapun. Hanya saja terdapat akses khusus untuk mendapatkan sertifikat dari seluruh Universitas yang bekerja sama dengan academic earth.

Dari semua referensi tentang website pendidikan gratis di atas, membuktikan bahwa ada berbagai macam cara yang sangat mudah untuk menimba ilmu dan memperoleh berbagai macam pengetahuan. Selain itu ilmu pengetahuan yang telah dimiliki alangkah lebih baik untuk dapat dipergunakan di dalam kehidupan. Jadi semua ilmu yang diterima tidak sia – sia.

Related Posts