Pengertian Kontribusi, Para ahli dan jenis – jenis

Assalamu’alaikum,  Tahukah Anda apa itu kontribusi ? Jika dilihat dari KBBI kontribusi berarti uang iuran atau sumbangan. Masyarakat awam lebih mengartikan kontribusi sebagai sumbangsi atau peran serta keikutsertaan seseorang dalam suatu kegiatan tertentu. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan dari apa itu kontribusi.

Apa itu kontribusi ?

Kontribusi berasal dari bahasa inggris contribution, contribute yang mempunyai arti keterlibatan, keikutsertaan, melibatkan diri maupun sumbangan. Jadi kontribusi bisa berupa materi atau tindakan dimana hal yang bersifat materi contoh seorang individu membantu dengan memberikan pinjaman terhadap yang lebih butuh demi kebaikan bersama. Sedangkan tindakan berupa perilaku yang dilakukan seseorang kemudian memberikan dampak positif maupun negatif terhadap pihak lain.

Secara umum definisi kontribusi adalah suatu keterlibatan yang diberikan oleh individu tertentu yang kemudian memposisikan perannya sehingga menimbulkan dampak tertentu yang dapat bernilai dari aspek ekonomi maupun sosial.

Jadi pengertian kontribusi itu sendiri tidak terbatas pada pemberian bantuan berupa uang, bisa saja dalam bentuk tenaga, pemikiran, materi dll yang bisa membantu sukseskan kegiatan yang telah direncakan sebelumnya untuk tujuan bersama.

Baca juga : Pengertian Pajak Lengkap Penjelasannya

Menurut Para Ahli

Menurut kamus ilmiah Dany H, Yandianto dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia mengartikan kontribusi sebagai bentuk iuran uang atau dana pada suatu forum, perkumpulan dll. Jadi kontribusi merupakan bentuk bantuan nyata berupa uang terhadap suatu kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya.

Menurut T. Guritno (2000) Kontribusi merupakan sumbangan yang diberikan seseorang sebagai upaya membantu kerugian dan membantu kekurangan terhadap hal yang dibutuhkan. Seperti hal yang dibutuhkan bisa dilakukan secara bersama dalam membantu masyarakat yang terkena musibah.

Jadi kontribusi itu bisa berbentuk apapun asal dapat membantu orang yang membutuhkan. Jadi ada beberapa bentuk kontribusi diantaranya :

  • Donasi
  • Berbagi
  • Pembayaran
  • Tenaga
  • Dll

Jenis – jenis kontribusi

1. Kontribusi positif

Adapun kontribusi positif yaitu kontribusi yang membuat kemajuan, bukan menurunkan ataupun membuat seseorang gagal dalam suatu tujuan.

2. Kontribusi dalam olahraga

Adapun kontribusi dalam olahraga yaitu mampu mensukseskan serta mencapai tujuan tim secara keseluruhan.

3. Kontribusi dalam pendidikan

Adapun kontribusi dalam pendidikan yaitu dipakai untuk kepentingan sains dan ilmu pengetahuan

4. Kontribusi dalam pajak daerah

Adapun kontribusi dalam pajak daerah yaitu sejauh mana porsi atau hasil dana yang terkumpul dari sektor pajak disuatu daerah dibandingkan dengan jumlah total pendapatan daerah atau juga dapat dibandingkan dengan porsi APBD ataupun APDB

Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis Wassalamu’alaikum

Related Posts