Pengertian Proposal Penelitian
Pengertian Proposal Penelitian

Pengertian Proposal Penelitian

Pengertian Proposal Penelitian

Apa itu Proposal? Proposal merupakan sebuah susunan dimana berbentuk tulisan untuk menjelaskan sebuah rencana, tujuan dan kegiatan yang ingin dilakukan. Sehingga pembaca dapat memahami tujuan kegiatan yang ingin dibuat lebih jelas dan detail.

Apa itu Proposal Penelitian? Proposal penelitian yaitu suatu jenis proposal yang digunakan dalam bidang akademisi, adapun jenis penelitian dapat diajukan untuk melakukan riset dan penelitian tentang ilmu pengetahuan. Proposal penelitian juga berupa pengembangan, penelitian kualitatif atau kuantitatif.

Pengertian Proposal Menurut para Ahli

Adapun pengertian proposal menurut para ahli sebagai berikut:

1. Menurut KBBI

Proposal yaitu rencana yang dapat dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.

2. Menurut Hadi

Proposal yaitu suatu usulan terstruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan dengan pemecahan masalah.

3. Menurut Keraf

Proposal yaitu suatu saran atau sebuah permintaan kepada seseorang atau suatu badan yang mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan.

4. Menurut Jay

Proposal yaitu suatu alat yang dibantu manajemen standar untuk manajemen dapat berfungsi secara efesien.

Baca Juga: Pengertian Proposal Tujuan dan Manfaat lengkap

Pengertian Proposal Penelitian Menurut para ahli

Adapun pengertian proposal penelitian menurut para ahli sebagai berikut:

1. Prof robertus wahyudi triweko, Ph.D

Proposal penelitian yaitu suatu bentuk dokumen rencana kerja dimana terdiri atas semua unsur-unsur pokok dalam suatu proses penelitian. Proposal penelitian tersebut berisikan sebuah informasi yang cukup untuk pembaca dan mengevaluasi penelitian yang dilakukan.

Jenis-jenis Proposal Penelitian

1. Proposal Penelitian Pengembangan

Proposal penelitian pengembangan yaitu suatu proposal yang digunakan dalam kegiatan untuk menghasilkan rancangan untuk memecahkan masalah aktual. Dalam hal tersebut penekanan kegiatan pengembangannya dalam pemanfaatan teori-teori, konsep-konsep, prinsip-prinsip atau temuan-temuan tentang penelitian untuk memecahkan masalah.

2. Proposal Penelitian Kajian Pustaka

Proposal penelitian kajian pustaka yaitu suatu proposal dalam pelaksanaannya dengan tujuan memecahkan suatu permasalahan dimana pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka. Kajian pustaka dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber pustaka. Dengan ini dibutuhkan bahan-bahan pustaka sebagai sumber ide dalam menggali pemikiran atau gagasan baru dan sebagai bahan dasar untuk melakukan deduksi dari pengetahuan yang telah ada.

Baca Juga: Struktur Proposal yang baik

3. Proposal Penelitian kualitatif

Proposal penelitian kualitatif yaitu suatu yang ditulis dengan tujuan dengan mengungkapkan permasalahan melalui pengumpulan data yang memanfaatkan sebagai instrumen kunci dari penelitian. Dimana penelitian kualitatif sifatnya deskriptif atau berupa penjelasan yang menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Jadi proposal yang disajikan berdasarkan data yang asli.

Syarat-syarat menyusun proposal

Adapun syarat-syarat dalam menyusun proposal sebagai berikut:

  • Harus terstruktur dan mudah dipahami atau dimengerti.
  • Hasil dari kegiatan tersebut harus terstruktur
  • Rumusan harus lebih detail dalam jenis kegiatan dan dikerjakan benar-benar
  • Jika terdapat anggaran dana dalam melakukan penelitian anggara tersebut harus sesuatu dengan realistis dengan kegiatan.

Tujuan Proposal

Adapun tujuan proposal sebagai berikut:

  • Untuk mendapatkan bantuan dana atau anggaran
  • Untuk bisa mendapat dukungan
  • Untuk bisa dapat persetujuan atau perizinan

Tujuan Proposal Penelitian

Adapun tujuan proposal penelitian merupakan bentuk menyajikan dengan kebutuhan dalam mempelejari masalah penelitian dan menyajikan cara-cara praktis dimana studi kasus yang diusulkan harus dilakukan. Proposal penelitian juga berbentuk literatur yang luas baik itu wawancara yang memberikan bukti persuatif bahwa ada kebutuhan untuk studi yang diusulkan tersebut.

Baca Juga: Unsur Proposal Penelitian

Cara membuat proposal Penelitian

Berikut cara-cara membuat proposal penelitian yaitu:

1. Memilih judul untuk proposal

Judul berdasarkan masalah dan bagaimana Anda memecahkan masalah tersebut menjadi sebuah solusi dan untuk judul sendiri harus ringkas ,deskriptif, jelas dan akurat.

2. Buat Halaman judul

Untuk halaman judul agar proposal Anda lebih memuat institusi yang terhubung dengan Proposal Anda.

3. Abstrak proposal

Abstrak merupakan ringkasan masalah yang terdapat dari judul yang diambil, dengan memasukkan sasaran dan usulkan kira-kira yang cocok untuk solusi dari masalah tersebut.

4. Buat keyword yang akan muncul dalam proposal

Dapat memilih dari 4-5 kata kunci yang dapat mengungkapkan poin utama dari proposal tersebut, disarankan tentang istilah yang terkait erat dengan judul.

5. Daftar isi, tabel dan gambar

Proposal penelitian juga membutuhkan halaman daftar agar mempermudah dalam pencarian penyusunan proposal yang sudah lengkap.

6. Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan sumber penguat dalam proposal dan juga merupakan halaman  yang mencantumkan daftar pustaka diakhir proposal.

Demikian pengertian proposal penelitian, menurut para ahli, jenis-jenis, syarat, tujuan dan membuat proposal penelitian. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum.

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *