Daftar Pustaka Mendelay
Daftar Pustaka Mendelay

Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis Menggunakan Mendelay

Halo teman-teman mahasiswa/mahasiswi siapa nih yang sudah semester akhir?  Nah di semester akhir tentu diharuskan membuat proposal penelitian dan skripsi sebagai tugas akhir, nah di dalam proposal tersebut terdapat daftar pustaka sebagai kumpulan sumber referensi yang di tulis dari proposal yang teman-teman buat.

Dalam membuat daftar pustaka mungkin masih ada sebagian teman yang kesulitan dalam menyusun daftar pustaka, kami punya solusi untuk teman-teman untuk mempermudah dalam menyusun daftar pustaka cukup dengan menggunakan bantuan software Mendeley.

Mungkin sebagian teman-teman sudah ada yang pernah mendengar atau sudah pernah menggunakan software Mendeley ini, di sini kami coba memberikan cara menggunakan software Mendeley untuk memudahkan dalam penyusunan daftar pustaka untuk proposal atau skripsi.

Namun sebelum itu kita perlu tahu apa itu Mendeley? Mendeley adalah salah satu aplikasi atau software referensi manager yang digunakan untuk memudahkan kita dalam menyusun referensi karya ilmiah seperti proposal, skripsi dan lain sebagainya. Dalam penggunaan Mendeley akan membantu kita dalam menyusun daftar pustaka secara otomatis di dalam karya tulis ilmiah.

Software Mendeley akan bekerja secara otomatis membuat dan menyusun kutipan referensi/daftar pustaka setelah kita membuat library di aplikasi Mendeley sehingga membantu kita membuat fotenote/catatan kaki secara otomatis. Okeh langsung saja berikut ini cara mengoprasikan Mendeley dengan mudah.

Baca Juga: Pengertian Daftar Pustaka

Cara Menggunakan Mendeley Daftar Pustaka

Adapun langkah-langkah untuk membuat daftar pustaka untuk dokumen jurnal sebagai berikut:

1. Pertama buka aplikasi mandelay lalu isi akun email dan passwordnya lalu klik Sign In berikut tampilannya

Daftar Pustaka Mendelay

2  Kemudian pilih menu file untuk memasukkan file atau dokumen untuk bisa dibuatkan daftar pustaka seperti gambar berikut:

3. Lalu pilih file atau dokumen yang diinginkan

4. Kemudian setelah klik open maka akan tampil di mandelay dokumen yang dipilih tadi

5. Setelah itu pilih tools lalu pilih install MS word Plugin

6. Kemudian masuk di MS word lalu pilih tools references kemudian pilih Insert Citation

7. Lalu tuliskan nama dokumen yang di pilih tadi bisa judul atau penerbitnya lalu klik secara otomatis akan tampil itasi jadi ketika kita klik ok, mandelay langsung memberikan itasi sekaligus

8. Lalu klik Insert Bibliography untuk mendapatkan daftar pustaka dokumen yang diinput tadi.

9. Maka akan tampil hasil dari daftar pustaka yang dibuat dari mandelay

Baca Juga: Jenis-jenis daftar pustaka

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Web Page

Adapun langkah-langkah untuk membuat daftar pustaka untuk web page atau internet sebagai berikut:

1. Pilih Add Entry Manually

2. Lalu cari type pilih web page kemudian isi sesuai dengan apa yang dibutuhkan sebagai berikut

3. Setelah itu akan tampil dihalaman mandelay

5. Kemudian lakukan pembuatan daftar pustaka yaitu pilih insert citation -> lalu tulis nama

penerbitnya -> lalu muncul nama itasi -> kemudian pilih Insert Bibliography akan menampilkan daftar pustaka dari web page yang diisi tadi.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.