Pengertian Bronkiolus

By | 6 Februari 2020

Pengertian Bronkiolus

Pengertian Bronkiolus

Apa Pengertian Bronkiolus? Apa yang di maksud Bronkiolus?. Pengertian Bronkiolus adalah suatu saluran udara menuju bagian yang terdapat di dalam sebuah dinding paru – paru manusia. Di mana alveoli dapat memberikan kesempatan pada okseigen yang nantinya akan di serap oleh sel – sel darah kemudian darah yang mengandung oksigen untuk di transfer ke seluruh tubuh.

Brongkiolus juga merupakan cabang dari brongkus yang terdapat di batang tenggorokan manusia. Bronkioli merupakan bercabang bronkus tersier ke bronkus, kemudian menjadi tempat percabangan pada alveolus. Ukuran permukaan bronkiolus mempengaruhi massa oksigen yang dapat di ikat oleh paru – paru. Letak bronkiolus berada pada perbatasan dengan glembung udara di dalam peru- paru (alveoli).

Artikel Terkait: Pengertian Sekresi

Struktur Bronkiolus

Pada saat menghirup udara akan di tarik masuk kedalam trakea kemudian masuk ke bronkus utama. Kemudian bronkus utama terbagi menjadi dua bagian kemudian membelah sebelum menjadi bronkeolus. Berikut ini penjelasan tentang struktur bronkiolus.

  • Brongkiolus lobular adalah lobus yang besar
  • Bronkiolus terminalis. Fungsi Bronkiolus terminalis untuk mentransfer makanan dari rongga mulut.
  • Bronkiolus Respiratorius adalah alat untuk berfungsi untuk mengarahkan udara menuju alveoli.

Penyakit Pada Bronkiolus

Bronkiolus merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup rawan terserang penyakit, sehingga kita harus menjaga kesehatan tubuh. Nah apa saja penyakit yang dapat menyerang Bronkiolus.Bronkokonstriksi
Apa itu Bronkokonstriksi? Bronkokonstriksi adalah sebuah penyakit yang dapat menyerang bronkiolus yaitu suatu proses kontraksi atau penyempitan bronkiolus yang di akibatkan oleh asap beracun, asap rokok, udara dingi dan alergi lainnya.

Baca Juga: Pengertian Biologi

1. Bronkiolitis

Apa itu Bronkiolitis? Bronkiolitis merupakan penyakit yang dapat menyerang Bronkiolus yaitu peradangan Bronkiolus yang biasanya hanya terjadi pada anak yang usianya 3 bulan hingga 6 bulan. Penyebab nya adalah virus pernapasan syncytial (RSV) dan influenza.

2. Bronkiolitis Obliteran

Penyakit yang terkahir adalah Bronkiolitis Obliteran yaitu sebuah kondisi yang umumnya terkena kepada orang dewasa yang mana Bronkiolus menjadi bekas luka yang dapat mengganggu pernafasan seseorang. Penyebab Bronkiolitis Obliteran adalah infeksi virus, asap beracun transplantasi organ, dan rheumatoid arthritis.

3. Fungsi bronkiolus

Setelah membahas pengertian bronkiolus dan penyakit yang dapat menyerang bronkiolus, selanjutnya kita akan membahas beberapa fungsi dari bronkiolus. Nah berikut ini fungsi dari bronkiolus.

  • Sebagai penyalur udara yang langsung menuju ke alveoli untuk melakukan pertukaran gas
  • Sebagai alat pengontrol udara dan menditribusikanya ke paru-paru
  • Sebagai penjaga jaringan otot polos
  • Bronkiolus dapat berkontraksi agar dapat mengalirkan udara ke alveoli
  • Pada bronkiolus terdapat zat yang mampu mengeluarkan protein pemecah racun.

Demikianlah artikel tentang pengertian bronkiolus, struktur bronkiolus dan penyakit yang dapat menyerang bronkiolus. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawsan anda.

Author: Mutawakkil

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.