Pengertian Valuta Asing

Pengertian Valuta Asing

pengertian valuta asing

Apa itu valuta asing? Apa pengertian valuta asing?. Valuta asing atau biasa dikenal dengan istilah valas adalah sebuah sebutan untuk mata uang yang dapat digunakan sebagai alat tukar internasional yang berlaku di banyak negara. Valuta asing atau valas sering di gunakan sebagai alat transaksi di perdagangan internasional.

Valuta asing ini dapat di jadikan sebagai devisa suatu negara. Devisa di jadikan sebagai ukuran kekayaan suatu negara yang terdapat di negara lain baik itu berupa jasa, barang, hingga mata uang yang dapat di gunakan sebagai alat tukar internasional.

Definisi lain valas atau valuta asing adalah suatu mekanisme yang di mana seorang individu dapat mentransfer daya beli antar negara. Mendapatkan serta menyediakan kredit yang di gunakan untuk transaksi perdagangan internasional dan kemungkinan adanya resiko kerugian yang dapat diakibatkan terjadinya fluktuasi kurs mata uang.

Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli

Untuk memperjelas pengertian valuta asing di atas. Kamu dapat melihat pendapat beberapa para ahli berikut ini. Dari beberapa ahli yang mengeluarkan tentang pengertian valuta asing semua memiliki perbedaan namun memiliki makna dan tujuan yang sama.

1. Hamdy Hadi

Menurut Hamdy Hadi, valas adalah suatu mata uang yang berfungsi untuk alat pembayaran dan membiayai semua transaksi di dalam kegiatan ekonomi internasional dan memiliki catatan kurs secara resmi di dalam bank sental.

2. Eng, Lees, dan Mauer

Menurut Eng, Lees, dan Mauer , Valuta asing adalah suatu mata uang asing yang berlaku sebagai klaim keuangan dan aset di dalam sebuah perusahaan dalam bentuk mata uang asing.

3. Jose Rizal Joesoef

Pengertian Valuta asing menurut Jose Rizal Joesoef adalah mata uang asing yang di gunakan sebagai alat pembayaran yang di pakai di luar negeri.

Tujuan Valuta Asing

Ada beberapa tujuan valuta asing berikut ini!

  • Sebagai alat untuk bertransaksi
  • Sebagai alat untuk mempertahankan daya beli
  • Dapat di gunakan sebagai pengiriman uang luar negeri dengan mudah
  • Mendapatkan keuntungan
  • Pemagaraan risiko
  • Fempermudah belanja

Fungsi Valuta Asing

Berikut ini beberapa fungsi valuta asing!

1. Untuk alat tukar Internasional

Sesuai dengan pengertian valuta asing yang telah di jelaskan. Jika fungsi valuta asing adalah sebagai alat tukar internasional. Valas atau valuta asing di gunakan sebagai alat yang di gunakan untuk menukar barang atau jasa. Misalnya pada saat Indonesia mengimpor beras dari Amerika Serikat maka Indonesia membayar dengan Valas seperti Dollar Amerika.

2. Alat Pembayaran Internasional

Selain sebagai alat tukar internasional, valuta asing atau biasa di sebut valas juga di gunakan sebagai alat pembayaran Internasional. Misalnya ketika Indonesia memiliki hutang negara kepada China maka Indonesia membayar dengan valuta asing.

3. Sebagai Alat Pengendali Kurs

Fungsi yang kedua adalah sebagai pengendali kurs. Pengertian kurs sendiri adalah sebuah perbandingan nilai suatu mata uang terhadap nilai mata uang lain. Sehingga nilai mata uang suatu negara bisa saja menguat atau pun melemah. Misalnya Rupiah Melemah atau Menguat dari Mata Uang Dollar.

4. Memperlancar alat Perdagangan Internasional

Fungsi yang terakhir adalah sebagai alat yang memperlancar perdagangan Internasional. Selain memperlancar, valas juga dapat mempermudah perdagangan antara negara. Nah apa yang terjadi jika valuta asing tidak ada? Yang terjadi adalah semua negara hanya akan barter barang tidak dapat menjual dan membeli barang.

Jenis Valuta Asing (Valas)

Jenis valuta asing terbagi menjadi dua jenis yaitu valuta asing dalam bentuk fisik dan valuta asing non fisik. Pengertian valuta asing fisik adalah uang yang sering di gunakan yang dapat di lihat dengan kasat mata misalnya uang dalam bentuk karta, logam dan kertas. Sedangkan valuta asing dalam bentuk non fisik adalah surat – surat berharga contohnya cek, wesel, cheque, travelers, internasional money order, dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel tentang pengertian valuta asing, tujuan valas, fungsi valuta asing dan berbagai jenis valuta asing. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan pembaca.