pengertian studi kasus menurut para ahli
pengertian studi kasus menurut para ahli

Pengertian Studi Kasus Menurut Para Ahli

Istilah studi kasus sudah tidak asing lagi bagi seorang yang bergelut dibidang akademik, secara umum studi kasus biasanya digunakan untuk menghasilkan dan menguji hipotesis yang ada, namun ada juga yang mengatakan suatu strategi dalam melakukan riset. Di dalam artikel ini kita akan membahas beberapa pengertian studi kasus menurut para ahli.

Pengertian Studi Kasus Menurut Para Ahli

1. Yin

Menurut ahli Yin, studi kasus adalah suatu proses pencarian suatu ilmu pengetahuan yang bersifat empiris (berdasarkan pengalaman) yang berguna untuk menyelidiki dan meneliti sebuah fenomena di dalam kehidupan yang nyata. Yin kembali menambahkan jika penerapan studi kasus jika batasan antara fenomena dengan kehidupan nyata terlihat kurang jelas dan terdapat berbagai sumber yang dapat dijadikan tolak ukur dalam penggalian informasi.

Baca Juga: Pengertian Sekertaris Menurut Para Ahli

2. Pollit dan Hunggler

Menurut Pollit dan Hunggler menjelaskan studi kasus berfokus pada penentuan lebih lanjut terkait mengapa orang berpikir. Pada fokus ini dinilai sangat penting karena dibutuhkan suatu analisis yang intensif bukan hanya berfokus pada suatu kemajuan, tindakan atau pikiran yang dimiliki.

3. W.S. Winkel dan Sri Hastuti

W.S. Winkel & Sri Hastuti berpendapat bahwa studi kasus dapat dilihat dari sisi bimbingan konseling seorang tenaga pendidik dapat mempelajari suatu kedaan dan perkembangan siswa secara terperinci dan mendalam. Hal ini di lakukan oleh pembimbing atau tenaga pengajar guna untuk lebih memahami peserta didik guna untuk membantu pengembangan siswa itu sendiri.

4. Susilo Rahardjo dan Gudnanto

Susilo Rahardjo dan Gudnanto bahwa studi kasus bertujuan untuk memahami individu lebih dalam dan dipraktekan secara integratif dan komprehensif. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar peneliti dapat mengumpulkan dan pemahaman terkait individu yang diteliti.

5. Bimo Walgito

Pengertian studi kasus menurut Bimo Walgito adalah sebuah metode yang digunakan untuk mempelajari serta menyelidiki tentang bagaimana suatu kejadian, fenomena yang berkaitan tentang individu mengenai riwayat hidup, biografi seseorang yang dijadikan sebagai objek penelitian.

6. Tellis

Pengertian studi kasus menurut Tellis suatu metode yang memiliki suatu unit analisis yang mengacu pada suatu sistem yang dilakukan pada individu ataupun lembaga tertentu yang dijadikan sebagai objek penelitian.

Baca Juga: Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

7. Feagin, Orum, & Sjoberg

Menurut ketiga ahli di atas studi kasus adalah suatu metode multi-perspectival analyses maksudnya sebuah penelitian yang membutuhkan analisis dari berbagai sudut pandang yang berfokus pada objek penelitian itu sendiri.

8. Aziz S.R

Menurut Aziz S.R studi kasus merupakan suatu metode yang digunakan untuk meneliti sebuah individu, unit, lembaga dan kelompok sosial tertentu dalam periode waktu tertentu yang berupa fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan yang nyata.

9. Kumar

Menurut Kumar pengertian studi kasus adalah metode pendekatan dan serta penelitian tentang sosial dengan menggunakan analisis yang intensif dan mendalam untuk meneliti fenomena sosial yang ada.

10. Surachrnad

Surachrnad menjelaskan bahwa studi kasus merupakan suatu pendekatan dalam penelitian fokus untuk memperhatikan secara seksama sebuah kasus yang intensif dan rinci dengan pendalaman.

11. Bogdan & Bikien

Menurut Bogdan & Bikien studi kasus adalah suatu penelitian dengan menggunakan metode pengujian secara mendalam dan rinci terhadap suatu individu, pembukuan, latar belakang dan peristiwa tertentu.

12. Ary, Jacobs & Razavieh

Ary, Jacobs & Razavieh menjelaskan bahwa studi kasus adalah sebuah metode penelitian yang digunakan untuk menguji individu, lembaga atau unit sosial secara mendalam dengan membandingkan variabel-variabel terkait.

Demikianlah artikel tentang studi kasusu menurut para ahli semoga dapat menjadi rujukan dan menambah pengetahun bagi pembaca.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *