Perbedaan Perikanan Budidaya laut dan Perikanan Darat

Perbedaan perikanan budidaya laut dan perikanan daratperlu kita ketahui Perikanan merupakan salah satu mata pencaharian yang terbesar di Indonesia. Karena Wilayah Indonesia sendiri merupakan wilayah maritim yang memiliki laut yang luas dan garis pantai yang panjang serta memiliki sumber air darat yang melimpah.

Negara kita tersebut adalah 2/3 bagian wilayah perairan, sehingga Indonesia kaya akan potensi perikanan. Semua potensi tersebut dapat digunakan untuk mendukung sektor perikanan. Jadi, salah satu pemanfaatan perikanan dan untuk mengembagkannya potensi perikanan yakni dengan cara membudidayakannya.

Baca Juga: Pengertian Agrikultur Secara umum

Pengertian Perikanan dan Ikan

Nah sebelum melangkah lebih jauh, kita harus mengetahui apa sih itu perikanan? dan apa itu ikan?. Pengertian Perikanan merupakan semua kegiatan yang dilakukan yakni berhubungan dengan pengelolaan, pemanfaatan sumberdaya ikan dan lingkungannya yang dilaksanakan pada suatu sistem bisnis perikanan. Sedangkan Ikan adalah seluruh atau sebagian biota perairan yang daur hidupnya di dalam air.

Pengertian Budidaya perikanan

Kata Budidaya tidak asing lagi untuk kita dengar, sering dengar kata tersebut pada saat melakukan kegiatan pemeliharaan untuk dikembangbiakkan yakni di lahan pertanian. Tetapi tahukah kamu bahwa pengertian budidaya bukan hanya ada pada sektor pertanian saja tapi juga pada sektor perikanan yakni Budidaya Perikanan yang merupakan suatu kegiatan memelihara ikan pada suatu wadah yang terkontrol untuk mencapai tujuan yakni dengan hasil panen yang melimpah.

Perbedaan Perikanan Budidaya laut dan Perikanan Darat

Setelah kita membahas tentang perbedaan perikanan dan ikan, melalui pengertian ikan dan perikanan di atas, sekarang kita akan membahas Perbedaan Perikanan Budidaya laut dan Perikanan Darat berdasarkan jenisnya. berikut ini Perbedaan Perikanan Budidaya laut dan Perikanan Darat.

Perikanan Budidaya Laut

Pengertian Perikanan Budidaya Laut adalah suatu kegiatan memelihara ikan pada wadah yang terkontrol yang berada pada perairan laut untuk mencapai tujuan yakni dengan hasil panen yang melimpah.

  1. Jenis-Jenis Wadah Budidaya Laut terdiri dari yakni Karamba jaring apung, Karamba jaring tancap dan lain-lain.
  2. Jenis-Jenis Ikan Budidaya Laut adalah sebagai berikut yakni Rumput laut, Ikan kakap, Ikan kerapu, Lobster, Ikan Kuwe, Ikan Baronang, Ikan Tuna dan sebagainya.

Perikanan Budidaya Darat

Pengertian Perikanan Budidaya Darat adalah suatu kegiatan memelihara ikan pada wadah yang terkontrol yang berada pada perairan darat.

  1. Jenis-Jenis Wadah Budidaya Darat terdiri dari yaitu Kolam, Bak, Akuarium dan Tambak.
  2. Jenis-Jenis Ikan Budidaya Darat adalah sebagai berikut yakni Ikan nila, Ikan tawes, Ikan mas, Ikan sepat, Ikan gurami, Ikan gabus, Ikan lele, Belut, Ikan sidat, Ikan mujair, Ikan patin dan lain-lain

Jadi, kesimpulannya bahwa Perbedaan Perikanan Budidaya Laut dan Perikanan Budidaya Darat yakni terletak pada lokasi, wadah, dan jenis ikan yang dibudidayakan. Tetapi hasil akhirnya sama-sama menunggu hasil panen yang melimpah.

Related Posts