Tujuan Latar Belakang: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Tujuan Latar Belakang

Tujuan dari latar belakang yaitu untuk menyajikan atau membahas suatu informasi yang berkaitan dengan sebuah topik dan latar belakang yang memiliki peranan penting untuk menyampaikan masalah yang secara tertulis, karena sebuah skema penulisan dapat dibat lebih detail. Tujuan latar belakang digunakan data makalah, proposal, karya ilmiah dan data lainnya.

Pernyataan Tujuan

Pernyataan tujuan digunakan dalam lebih memperjelas kaitan antara karya penelitian yang digunakan dan tradisi penelitian kualitatif yang digunakan. Berikut merupakan petunjuk untuk membuat pernyataan tujuan yaitu:

Peneliti mengidentifikasi tradisi penelitian kualitatif yang digunakan, dalam menggambarkan atau sebagai petunjuk tentang prosedur dalam pengumpulan dan analisis data.

Peneliti menuliskan dalam kalimat dengan kata-kata yang mengindikasikan tindakan dalam peneliti dan fokus dari tradisi penelitiannya.

Baca juga: Latar Belakang: Menurut Para ahli, Cara, Langkah, Ciri-ciri & Contohnya

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian yaitu:

1. Teoritis

  • Dapat memperkaya hasil-hasil penelitian dengan topik sejenis
  • Dapat memperkuat teori yang digunakan sebagai acuan

2. Praktis

  • Untuk referensi bagi orang lain dalam menghadapi permasalahan sejenis.

Pengertian Tujuan Penulisan Proposal

Dalam membuat proposal perlu menyampaikan rencana kegiatan seperti apa agar dapat diterima, didukung, mendapatkan izin serta memperoleh dana dan sponsor.

Maksud dari Tujuan

Maksudnya dari tujuan yaitu sebuah arahan yang ingin dicapai dalam kegiatan atau penelitian yang ditulis dalam proposal sedangkan tujuannya yaitu sebuah tindakan yang dilakukan dalam kegiatan atau penelitian dapat terwujud.

Sasaran

Setelah dapat menentukan maksud dan tujuannya dari kegiatan atau penelitian maka dalam proposal sasaran tersebut juga dapat ditulis dalam proposal agar lebih menyakinkan pembaca. Sasaran tersebut dapat menjabar mengenai kepada siapa kegiatan atau penelitian tersebut dilakukan atau siapa yang akan menerima dampak langsung dari kegiatan hasil penelitian tersebut.

Contoh dari tujuan penelitian

Judul: Implementasi Microservices Architecture Untuk Schedule Handle Pada Aplikasi Multiple Send Message Menggunakan Algoritma Priority Scheduling (Ps)

Latar belakang:

Pada umumnya setiap informasi mengenai jadwal kegiatan fakultas mempunyai rencana dan jadwal pelaksanaan tertentu, kapan pelaksanaan agenda tersebut harus dimulai, kapan harus diselesaikan, bagaimana agenda tersebut akan dikerjakan, dan bagaimana penyediaan sumber dayanya. Saat ini penyampaian informasi dihadapkan pada pengembangan yang signifikan, dimana setiap informasi salah satunya informasi fakultas seketika perlu ada perubahan-perubahan dalam memberikan sebuah informasi penjadwalan kegiatan fakultas. Salah satu penyebab keterlambatan informasi fakultas tersebut dikarenakan tidak semua informasi sampai ke pihak yang bersangkutan dilihat dari cara penyebaran dan pengendalian informasi.

 Oleh karena itu dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah membuka tahap untuk penyebaran informasi fakultas untuk memperoleh informasi secara otonom seperti memproses mendapatkan, meyusun, menyimpan data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dalam segala bidang mendorong staf fakultas untuk mengatasi hal dalam menyebarkan sebuah informasi yang ada di fakultas. Sehingga informasi dengan mudah tersampaikan ke pihak yang bersangkutan.

Tujuan Latar Belakang

Adapun tujuan latar belakang dari penelitian yaitu:

  1. Dapat membangun sistem informasi multiple send message yang dapat membantu staf dalam penyebaran sebuah informasi di Fakultas Teknik.
  2. Menganalisis penerapan metode Priority Scheduling untuk staf dalam menyampaikan sebuah informasi multiple send message lebih efektif dan efesien.

Demikian Pengertian tujuan latar belakang dan contohnya, semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *