latar belakang
latar belakang

Latar Belakang: Menurut Para ahli,Langkah,Ciri-ciri & Contoh

Apa itu Latar belakang? Latar belakang merupakan halaman yang dapat ditulis oleh penyusun, baik penyusun buku atau laporan karya ilmiah yang secara garis besar dapat memberikan pemahaman tentang terkait tujuan pada keinginan penulis.

Pengertian Latar Belakang Masalah

Berikut beberapa pengertian latar belakang masalah menurut para ahli sebagai berikut:

1. Menurut (Sudaryono, 2017:102)

Latar belakang masalah yaitu untuk menjelaskan mengapa masalah yang diteliti dapat dilihat dari segi profesi peneliti, pengembangan ilmu dan kepentingan pembangunan.

2. Menurut (Berndtsson 2008)

Latar belakang masalah yaitu  bagian pertama yang sangat penting dalam menyusun tulisan ilmiah, baik dalam bentuk paper atau tesis yang menjelaskan secara lengkap topik penelitian, masalah penelitian yang kita pilih dan mengapa melakukan penelitian pada topik tersebut.

3. Menurut (Dermanan Wibisono, 2004:304)

Bagian latar belakang menjelaskan mengapa penelitian dilaksanakan dan apa yang ingin dicapai atau diketahui dari pekaksanaan penelitian, berupa fakta data yang mendukung dan harus dicantumkan.

Bagaimana cara membuat Latar Belakang? Yaitu dengan mampu menjawab semua peristiwa pertanyaan “mengapa” seperti contoh dibawah ini.

Judul: Penjadwalan matakuliah menggunakan metode priority schedulling

Jadi dengan judul tersebut dapat timbul pertanyaan mengapa.

  • Mengapa perlu penjadwalan matakuliah?
  • Mengapa menggunakan metode priority schedulling?

Baca Juga: Tujuan Latar Belakang Lengkap dengan Contohnya

Struktur Latar Belakang

1. Identifikasi

Menentukan penelitian terjadinya identifikasi dimana penulis harus mencari tau bagaimana hal yang berkaitan dengan masalah tersebut, topik masalahnya apa, dan dihasilkan dalam berbagai sudut pandang seperti apa, salah satunya yaitu di lingkungan sekitar.

2. Fakta masalah

Menentukan latar belakang yang tepat, yaitu dengan menggunakan berbagai fakta yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas dan fakta masalah nantinya yang akan dijadikan fokus pembahasan. Masalah tersebut biasanya timbul karena adanya kesenjangan dari sebuah hal yang diinginkan dengan sebuah hal yang menjadi kenyataan.

3. Tentukan fokus masalah

Fokus terhadap masalah merupakan hasil pemilihan masalah yang menurut penulis lebih dominan dan lebih akurat untuk segera dibahas atau diteliti, maka penulis dapat melakukan analisis dengan baik dalam permulaan menyimpulkan masalah.

4. Meperjelas masalah

Dengan memperjelas masalah maka pembaca lebih mudah memahami berbagai masalah yang telah disajikan oleh penulis, maka penulis membutuhkan masukan hal yang umum mengenai masalah tersebut.

Langkah membuat latar belakang

Latar belakang dapat memuat gejala-gejala yang ada dilapangan, dimana gejala dapat muncul dari permasalahan yang dapat diuraikan dan ditemukan solusinya. Latar belakang juga mengacu pada krisis ideologi sosial, politik, ekonomi, budaya dan sebagainya.Berikut langkah dalam membuat latar belakang:

1. Latar belakang dapat ditulis dalam kondisi ideal.

Dimana ideal yang dimaksudkan yaitu dalam bentuk visi dan misi yang diinginkan oleh penulis atau peneliti. Dalam visi misi tersebut lebih berbobot dan dapat menggetarkan atau menarik calon pembaca, adapun terkait dalam latar belakang dengan menuliskan tujuan dan hal yang ingin disampaikan oleh penulis.

2. Latar belakang lebih terupdate.

Latar belakang tersebut lebih baik secara faktual yang secara teknis latar belakang dapat mengangkat keresahan dan permasalahan terjadi, permasalahan tersebut dapat diangkat menjadi alasan kenapa harus menulis dengan tema tersebut misalnya.

3. Mencari solusi

Dimana setelah menemukan akar permasalahan maka selanjutnya mencari solusi dibagian latar belakang selain menuliskan akar masalah juga menulis singkat solusi yang membangun dari permasalahan tersebut, solusi itu akan menjadi modal dalam menindaklanjuti ke pokok pembahasan berikutnya.

4. Membandingkan latar belakang

untuk dapat mencari tema-tema yang sama dengan membandingkan latar belakang yang telah diangkat sebelumnya, hal tersebut dapat memicu penulis untuk berkreasi atau lebih mengembangkan latar belakang tersebut.

Point penting dalam latar belakang

Adapun point penting dalam latar belakang yaitu:

  1. Kondisi lebih ideal tentang bagaimana menjalankan bentuk visi dan misi yang hendak dicapai.
  2. Kondisi faktual tentang keadaan yang benar-benar terjadi.
  3. Membahas penelitian yang sudah pernah dilakukan dengan baik.
  4. Jika mempunyai karya ilmiah atau penelitian yang sama maka mencari kelemahan dari penelitian tersebut.
  5. Tujuan penelitian lebih detail dan mendalam
  6. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah
  7. Perumusan yang singkat dan mengengai pertanyaan terhadap penelitian
  8. Mempunyai solusi berupa saran singkat atau penawaran dari solusi terhadap masalah.

Ciri-ciri latar belakang

Adapun ciri-ciri dari latar belakang sebagai berikut:

Baca juga: Cara Menentukan Tema

  • Mempunyai dasar pemahaman untuk calon pembaca
  • Perlu data yang dihasilkan dari fakta ciri-ciri pembuatan latar belakang.
  • Memiliki kondisi yang lebih ideal
  • Mempunyai kondisi faktual
  • Solusi yang diberikan lebih singkat
  • Muncul perbandingan
  • Adanya penyempurnaan.

Contoh Latar belakang Penelitian

Judul: Pengaruh Pelatihan, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pertanian Kolaka Utara

Setiap organisasi atau instansi dalam melaksanakan program selalu diarahkan untuk mencapai tujuannya. Salah satu faktor yang menjadi kriteria untuk mencapai kelancaran tujuan suatu organisasi atau instansi adalah mengidentifikasi dan mengukur kinerja pegawainya. Organisasi adalah keseluruhan perpaduan unsur manusia dan non manusia yang masing-masing memiliki fungsi dalam mencapai tujuan. Apabila suatu organisasi mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan, maka dapat dikatakan bahwa organisasi tersebut efektif. Seiring dengan perkembangannya, semua organisasi dituntut untuk dapat bersaing memberikan pelayanan yang maksimal, tidak terkecuali organisasi pemerintah. Demikian halnya dengan aparat pemerintah sebagai abdi masyarakat dan abdi pemerintah, dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat karena hal tersebut sudah merupakan salah satu fungsi yang harus dijalankan oleh pemerintah yang mempunyai tugas menyelenggarakan seluruh proses pelaksanaan pembangunan dalam berbagai sektor kehidupan mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah.

Demikian pengertian latar belakang, cara, langkah, ciri serta contoh dari latar belakang, semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum.

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *