WordPress Adalah

Assalamu’alaikum pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang WordPress, berikut penjelasannya

Pengertian WordPress

WordPress adalah ~ sebuah aplikasi sumber yang terbuka yang sangat populer yang sering digunakan sebagai mesin blog (blog engine). Nah wordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MysQL keduanya perangkat lunak smuber terbuka. Selain blog, wordpress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena dengan kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunannya. WordPress juga penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.

Baca Juga : Sejarah Singakt Komputer

Sejarah WordPress

WordPress telah menjadi CMS yang populer saat ini, karena sering digunakan lebih dari 12% dari 1 juta website yang telah tersebar diseluruh dunia. Hal ini dikarenakan wordpress memiliki banyak fitur misal template serta arsitketur plugin yang bermacam – macam. WordPress pertama kali dikembangkan oleh Matt Mullenweg yang saat ini masuk kedalam jajaran 30 Under 30 inc.com, 25 Most influential People on the web business week dan top 50 people on the PC world.

Pada tahun 2002 Matt menuliskan blog di b2 (bbpress.org) tidak dapat beroperasi lagi, kemudian memiliki ide untuk dapat mengembangkan blogware itu sendiri, namun tetapi mengikuti standar website dengan struktur baik dan nuansa bersih. Keinginan tersebut makin kuat pada saat tahun 2003 dimana Matt mengajak salah satu rekannya, bernama Mike Little untuk memulai mengembangkan wordpress. Pada akhirnya membuat pengembang b2, Michel Valdrighi bergabung bersama Matt dan Mike Little.

Baca juga : Pengertian Basis Data

Cara Kerja WordPress

Jadi cara kerja dari wordpress itu ketika pengunjung mengakses web Anda, kode dari program PHP akan digenerate oleh web browser sehingga menampilkan bentuk website yang Anda buat. Sedangkan untuk penyimpanan data seperti username, artikel gambar itu memakai sistem database yang bernama MySQL untuk menyimpan seluruh data website Anda.  Jadi didatabase itu kita memiliki 2 pilihan sebagai berikut :

  1. Pilihan pertama mendaftar dulu di www.wordpress.com,  Kemudian  akan memiliki situs website gratis, tapi dengan alamat website : wbsiteanda.wordpress.com. Cara ini gratis tapi memiliki beberapa batasan salah satunya  yaitu tidak bisa memakai tema yang sudah disediakan.
  2. Pilihan kedua membuat website dengan membeli domain dan web hosting, cara ini dapat mengakses semua fitur di wordpress untuk memiliki domain murah seperti Domain Nesia. Tapi untuk meletakkan data dan file disebut harddisk internet. Disini harus menyewa platform bernama hosting.

Jenis – jenis website yang bisa dibuat dalam WordPress

1. Blog

CMS ini awalnya merupakan tool blogging dan sampai saat ini masih menjadi paltform blogging yang paling banyak digunakan bisa membuat blog sederhana dan murah misal dengan menggunakan paket web hosting single dari hostinger. Jika blog semakin padat pengunjung Anda dapat mengupradenya ke paket tingkat yang lebih lanjut.

2. Situs Bisnis

Dalam membangun bisnis online sederhana kita dapat memulainya dengan membuat website di WordPress. Walaupun lebih banyak digunakan untuk situs kecil atau sederhana banyak perusahan besar yang memanfaatkan kelebihan dari paltform tersebut.

3. Portafolio

Seniman, musisi photograher, dll menggunakan wordpress untuk memubat portofolio online. Terdapat berbagai template portofolio tersedia di WordPress.org yang dapat menawarkan semua fitur yang dibutuhkan contoh galeri gambar, lightbox dan portfolio grid

4. Toko Online

Di wordpress kita juga dapat membuat toko online tanpa harus menguasai bahasa pemrograman. WooCommerce, plugin eCommerce WordPress yang paling banyak digunakan menawarkan fitur – fitur penting misal keranjang belanja sistem manajemen order dll.

Kenapa harus menggunakan WordPress ?

1. Komunitas Besar

Para pengguna WordPress membuat forum diskusi untuk berbagai insight dan ilmu terbaru tentang bagaimana cara membuat webiste. Seperti yang sudah disebutkan  30 persein didunia dibuat menggunakan WordPress. Angka tersebut menjadikan WordPress sebagai pemegang market share terbesar di paltform pembuat website seluruh dunia.

2. Tersedia Banyak Tutorial

Dapat belajar dengan cara membuat webiste dengan WordPress dan mengoperasikannya dengan tutorial WordPresss yang tersebar di internet. Dapat belajar dengan membaca artikel tutorial WordPress, video tutorial.

3. Plugin Melimpah

WordPress menyediakan ribuan plugin untuk memudahkan dalam mengelolah dan menambahkan fitur untuk website. Kelebihannya jarang ditemukan di platform lain. Banyak plugin yang menyediakan juga versi gratis jadi, tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk fitur – fitur terbaik WordPress

4. Tema Beragam

Tema WordPress jumlahnya banyak. Banyak pengembang yang merilis tema WordPress baik berbayar maupun gratis. Tema – tema WordPress gratis pun kalah bagusnya dari tema – tema berbayar.

Berikut manfaat dari WordPress :

  1. Blog dan Website Pribadi
  2. Website Perusahaan
  3. Website Toko Online

Adapun kelebihan dari WordPress yaitu :

  1. Gratis, Mendapatkan perangkat lunak WordPress dengan mengunduh dari situsnya tanpa ada biaya
  2. Berbasis Kode sumber terbuka. Jadi pengguna dapat melihat dan memperoleh barisan  kode – kode penyusun perangkat lunak secara bebas, sehingga pengguna tingkat lanjut yang memiliki kemampuan pemrograman dapat dengan bebas melakukan modfikasi.
  3. Template atau tampilannya mudah dimodifikasi sesuai keinginan. Sehingga pengguna memilki pengetahuan tentang HTML yang memadai, maka pengguna dapat berkreasi membuat template sendiri
  4. Pengoperasiannya mudah
  5. Tersedia plugin yang selalu berkembang. Plugin WordPress dengan WordPress sebuah program untuk memberikan fungsi fungsi yang belum tersedia pada instalasi standar.

Itulah manfaat dari Pengertian WordPress, sejarah dan cara kerja WordPress, manfaat dan kelebihan dari WordPress. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis Wassalamu’alaikum

Related Posts