Sejarah Singkat komputer Komputer, Fungsi, Komponen

Sejarah Singkat Komputer ~ Kata computer pada awalnya digunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika. Jadi komputer adalah alat atau perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah di rumuskan sebelumnya sehingga menghasilkan informasi bermanfaat bagi usernya.

Sejarah Singkata Komputer

Apa Sejarah Singkat Komputer? Komputer mulai dikenal yaitu sejak abad ke-19, yang merupakan hasil penemuan dari seorang professor matematika yaitu Charles Babbage. Kemudian merancang sebuah mesin analisis yang dapat melakukan operasi matematika sederhana. Berikut beberapa perkembangan sejarah singkat komputer:

Komputer Generasi Pertama (1937 – 1946)

Generasi pertama ini diawali oleh Dr. John V. Atanasoff dan Clifford Berry. yang bernama komputer Atanasoff-Berry (ABC). Dari tahun 1943, perkembangan komputer di Inggris sangat dituntut oleh kepentingan perang dunia II (wirld wide war II) yang bernama Colossus. Pada saat itu komputer digunakan di Jerman untuk bisa berkomunikasi dari jarak jauh dengan menggunakan sinyal telegraf.

Komputer Generasi kedua (1947 – 1965)

Generasi ke 2 ini ditandai dengan penemuan transistor yang dapat menggantikan tabung vakum sebagai unit pemrosesan. Transistor pertama kali ditemukan oleh Dr. John bardeen, dan Dr. walte, H.brattain dan Dr william Scockley pada tahun 1947. Hal ini tentu menyebabkan ukuran komputer menjadi lebih ringan dan lebih hemat daya dari sebelumnya.

Komputer generasi ketiga (1965 – 1971)

Dari penemuan IC yaitu Sirkuit terintegrasi merupakan perkembangan komputer generasi ketiga, dalam hal ini menyebabkan ukuran komputer menjadi lebih cepat dan kat dalam menjalankan beberapa tugas sekaligus atau biasa disebut dengan (multitasking).

Komputer generasi keempat (1971 – 1980)

Generasi keempat perkembangan komputer dimulai 1971 yang ditandai denan penggunakan Very large Scale Integrated(VLSI) pada perangkat komputer. Biasa disebut mikro prosesor yang merupakan sebuah chip kecil terdiri dari ribuan transistor.

 Komputer generasi kelima (1980 – sampai  sekarang)

Generasi kelima diawali dari tahun 1980 sampai sekarang dan ditandai dengan perkembangan disiplinnya ilmu kecerdasan buatan atau biasa disebut dengan Aritifical Intelligence, dengan tujuan untuk memberikan kemampuan komputer belajar selayaknya manusia. Pengunaan algoritma jaringan syaraf tiruan yang merupakan salah satu metode AI mulai digunakan secara meluas untuk kepentingan riset dll.

Pengertian komputer Menurut Para Ahli

Adapaun menurut para ahli pengertian komputer sebagai berikut :

1. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. V. C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, definisi komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

3. Wiliam M. Fuori

Menurut Fuori, pengertian komputer adalah suatu alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika serta operasi logika, dan tidak ada campur tangan manusia.

4. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas diantaranya menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menghasilkan output yang berbentuk informasi.

Fungsi komputer Secara Umum

Fungsi Komputer

Adapun fungsi komputer yaitu :

1. Data Input

Komputer dapat menerima sebuah ifnromasi atau data dari sumber lain, dan kemudian data tersebut diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse dari komputer lain atau perangkat lainnya.

2. Data Processing

Melakukan pengolahan data sehingga dapat menghasilkan sebuat output yaitu berupa informasi, pada umumnya data yang diolah pada komputer berupa teks, gambar , video, audio , grafik dll.

3. Data Output

Yang menghasilkan keluaran/output baik itu berupa informasi yang telah dilalui melalui proses pengolahan data. Nah informasi tersebut dapat disajikan melalui monitor, printer dan speaker

4. Data Stroge

Sebuah tempat penyimpanan data yang mudah ditemukan kembali. Data tersebut dapat disimpan didalam memori internal bahkan didalam memori eksternal

5. Data Movement

Movement berfungsi untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya dengan menggunakan alat output lainnya.

Komponen komputer

Komponen Input

Komponen ini adalah komponen hardware yang berfungsi sebagai pemberi perintah berbagai tugas yang akan diberikan pada komputer. Beberapa komponen input diantaranya;

  • Keyboard, memberikan input atau masukan berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.
  • Mouse dan Trackpad, alat yang menghubungkan brainware dengan layar monitor.
  • Pen (untuk layar sentuh), fungsinya mirip seperti mouse namun bentuk nya seperti pena.
  • Scanner, alat untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer.
  • Microphone, alat untuk input data dalam bentuk audio.

Komponen Proses

Komponen ini berfungsi untuk mengolah data atau memproses perintah yang diberikan oleh brainware yang kemudian dapat ditampilkan pada komponen output. Beberapa komponen proses diantaranya ;

  • Processor, yaitu komponen utama dalam proses mengolah data.
  • Motherboard, yaitu komponen penghubung berbagai komponen lainnya dalam komputer.
  • Hard Disk, yaitu komponen untuk menyimpan data yang sifatnya permanen di dalam komputer, misalnya sistem operasi komputer.
  • RAM, yaitu memori untuk menyimpan berbagai aktivitas komputer untuk sementara.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer

Komponen Output

  • Komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah diproses oleh komputer.Beberapa komponen output diantaranya adalah;
  • Monitor, komponen komputer yang dapat menampilkan proses yang sedang dikerjakan sebuah komputer.
  • Printer, komponen yang dapat mencetak informasi ke dalam bentuk hard copy.
  • Speaker, komponen yang dapat menghasilkan output berupa audio atau suara.

Demikianlah artikel tentang Sejarah Singkata Komputer, Pengertian, Fungsi dan Komponen pada komputer. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca. Sekian dan Terima Kasih

Related Posts