ciri orang munafik
ciri orang munafik

Agar Terhindar dari Sifat Munafik Berkut, 4 Ciri Orang Munafik

Ciri Orang Munafik

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, pada artikel kali ini saya berbagi 4 ciri orang munafik. namun sebelum itu kita haru tau apa itu munafik. Jadi pengertian menurut Wikipedia adalah kata sifat yang berasal dari bahasa Arab yaitu munafiqun, sedangkan menurut islam sifat munafik adalah sifat yang dimiliki orang-orang muslim yang berpura-pura mengikuti ajaran islam sedangkan di dalam hatinya mereka mengingkari. Seperti bunyi terjemahan Al-Qur’an berikut ini.

Apabila orang-orang munafik datang ke padamu, mereka berkata: “Kami mengakui, bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah”, dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul-Nya; dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang pendusta. Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruk lah apa yang telah mereka kerjakan. Yang demikian itu adalah karena bahwa sesungguhnya mereka telah beriman, kemudian menjadi kafir (lagi) lalu hati mereka di kunci mati; karena itu mereka tidak dapat mengerti. (Surah Al-Munafiqun 63:1-3)

Sebagai orang muslim, kita tahu jika sifat munafik merupakan sifat tercela yang wajib di hindari. Ganjaran bagi orang munafik. Ada dua macam munafik yaitu munafik keyakinan akan kekal di dalam neraka. Munafik amal merupakan dosa besar dan sangat pedih balasannya. Nah berikut ini ciri-ciri orang munafik.

4 Ciri-ciri Orang munafik

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Tanda-tanda orang munafik ada tiga: jika berbicara dia berdusta, jika berjanji dia mengingkari, dan jika diberi amanah dia berkhianat.” (HR. Al-Bukhari). Dari bunyi terjemahan hadist di atas kita dapat melihat  3 ciri-ciri hadis.

1. Pembohong

Ciri-ciri yang pertama adalah suka berbohong. Ketika dia berbicara tidak dapat di percaya setiap perkataan ya. Apa yang dibicarakan berbeda dengan apa yang ada dihatinya. Seperti bunyi terjemahan Surah Al-Baqarah berikut ini.

“Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata ‘kami telah beriman.’ Tetapi apabila mereka kembali pada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata ‘sesungguhnya kamu bersamamu, kami hanya berolok-olok.” (QS Al-Baqarah : 14)

2. Ingkar Janji

Orang munafik sangat susah di percaya. Jika di berkata bisa jadi lain yang di katakan dan di perbuat, Seperti bunyi terjemahan Surah An-Nahl berikut ini.

“Dan tepati lah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpahmu itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat. (QS An-Nahl: 91)

3. Berkhianat

Orang yang memiliki sifat munafik akan sangat sulit jika diberi kepercayaan. Mereka tidak dapat menjaga amanah dengan baik.

4. Malas Beribadah dan Riya

Ciri-ciri orang munafik yang terakhir adalah cenderung malas malas untuk beribadah. Dan ketika dia beribadah dia akan menunjukkan kepada orang lain dengan tujuan untuk di puji.

Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.

Nah itulah 4 ciri-ciri orang yang memiliki sifat munafik. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan pembaca dan terhindar dari sifat-sifat munafik. Sekian dan terima kasih.

Sumber Referensi

  • islampos.com/4-ciri-orang-munafik-hati-hati-anda-mungkin-salah-satunya-132288/
  • id.wikipedia.org/wiki/Munafiq

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.