Contoh Sumber Daya Modal
Contoh Sumber Daya Modal

5 Contoh Sumber Daya Modal Lengkap Dengan PenjelasanNya

Sumber daya modal adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan suatu pekerjaan baik itu berupa uang maupun berbentuk fisik seperti peralatan yang dibutuhkan untuk digunakan dalam pekerjaan.

Dengan sumber daya modal dapat meningkatkan proses produksi yang dihasilkan, contoh nya adalah seorang petani yang memiliki sumber daya modal seperti cangkul, traktor, tangki semprot, pupuk dan peralatan lain nya.

Dengan kata lain sumber daya modal adalah segala sesuatu yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan, ini disebut modal. Sebagai sumber daya ekonomi contoh sumber daya modal dapat di kelompokan menjadi beberapa bagian yaitu.

Baca Juga: Pengertian Produktivitas Kerja: Indikator, Aspek, Pengukuran dan Contohnya

1. Modal Berdasarkan Sifat

  • Modal tetap, yaitu modal yang dapat digunakan berkali-kali dalam proses produksi yang dilakukan, contoh modal tetap adalah mesin, gedung, kendaraan dan lain sebagainya.
  • Modal Lancar adalah kebalikan dari modal tetap yaitu modal yang hanya digunakan dalam satu kali pakai dalam proses produksi, contohnya adalah bahan bakar, bahan baku dan lain sebagainya.

2. Modal Berdasarkan Subjek

  • Modal Perorangan adalah modal yang dimiliki dan digunakan secara pribadi oleh individu dalam melakukan proses produksi dan memberikan hasil bagi penggunanya, contoh modal perorangan adalah kendaraan, gedung dan lain sebagai nya
  • Modal masyarakat adalah modal yang dimiliki oleh banyak orang dan dapat digunakan secara bersama-sama, contoh modal masyarakat adalah jalan, jembatan, dan fasilitas public lainnya

Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Manusia dan Fungsinya

3. Modal Berdasarkan Sumber

  • Modal Sendiri adalah modal yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri, contohnya adalah saham, tabungan dan investasi
  • Modal Pinjaman adalah modal yang dipinjam dari pihak lain, dan akan digantikan pada waktu yang sudah di tentukan. Contoh modal Pinjaman adalah uang dll

4. Modal Berdasarkan Bentuk

  • Modal Uang adalah modal yang berupa dana yang akan digunakan dalam memulai bisnis
  • Modal Barang adalah modal yang berupa alat yang digunakan dalam proses produksi, contohnya mesin, kendaraan, bangunan dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Contoh Sumber Daya Manusia

5. Modal Berdasarkan Wujud Nya

  • Nyata, modal nyata adalah modal yang dapat dilihat secara nyata dan memiliki wujud, contohnya kendaraan, mesin dan peralatan lainnya
  • Abstrak, modal abstrak adalah modal yang tidak dapat dilihat secara nyata dengan kata lain tidak memiliki wujud, contohnya adalah keahlian karyawan, nama brand, hak cipta dan lain sebagainya.

Itulah 5 contoh sumber daya modal yang dibutuhkan ketika ingin memulai sebuah bisnis, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *