Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)  kata tersebut mungkin sudah sering anda dengar. Namun mungkin anda belum mengetahui pengertian sdm. Jadi pengertian SDM (Sumber Daya manusia) adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengolah tenaga kerja agar lebih efektif dan efesien.

Manajemen sumber daya manusia merupakan sebuah proses dan upaya untuk merekrut anggota dan kariawan dengan memberikan motivasi  dan memberikan evaluasi dengan menyeluruh demi kebutuhan perusahaan agar lebih efektif dan efesien. Karena untuk menjadikan perusahaan lebih mauju tentu membutuhkan kariawan yang berkualitas.

Baca Juga:

Manajemen Sumber Daya manusia (SDM) istila pertama kali di ciptakan pada tahun 1960. Pada saat itu hubungan kerja mulai mengumpulkan demi mendapatkan nilai yang lebih bai. Selain itu factor munculnya istila manajemen sumber daya manusia karena  pada saat gagasan seperti motivasi dan penilaian seleksi sudah mulai terbentuk secara perlahan.

Istilah msdm selalu di gunakan dalam menggambarkan orang yang bekerja dalam perusahaan atau biasa disebut kariawan. Dan orang bertanggung jawab dalam perekrutan kariawan adalah orang yang ahli dalam bidang manajemen sumber daya manusia dan ahli dalam menilai kinerja kariwan.

Baca Juga: Pengertian Manajemen

Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Manajemen sumber daya manusia memiliki banyak sekali pengertian bahkan pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli. Berikut ini pengertian SDM (Sumber Daya Manusia)menurut para ahli.

1. Anwar Prabu Mangkunegara

Menurut  Anwar Prabu Mangkunegara pengertian sdm adalah sebuah perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, serta pengawasan terhadap pengembangan, pemberian remunasi, pemeliharann, pengintegrasian serta pemisahan tenaga kerja untuk mencapai tujuan dari perusahaan atau organisasi.

2. Handoko

Menurut Handoko pengertian sdm adalah suatu kegiatan, perekrutan, pengembangan, penyeleksian, pemeliharaan dan pengembangan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan perusahaan maupun organisasi.

3. Henry Simamora

Pengertian sdm menurut Henry Simamora adalah pengembangan, pendayagunaan, penilaian, pemberian remunerasi, dan pengelolaan individu, anggota kelompok atau pekerja.

4. Melayu SP Hasibuan

Pengertian SDM menurut Melayu SP Hasibuan adalah ilmu atau seni dalam mengatur peran hubungan antar kerja agar dapat lebih efektif dan efisien dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan perusahaan, organisasi, pekerja, serta masyarakat.

Baca Juga: Pengertian Manajemen PAUD

5. Hadari Nawawi

Pengertian sdm menurut Hadari Nawawi adalah suatu proses pengunaan manusia sebagai tenaga kerja secara lebih manusiawi agar dapat potensi fisik dan psikis yang dia miliki berfungsi secara maksimal demi kepentingan tercapainya tujuan perusahaan.

6. Gary Dessler

Pengertian msdm menurut Gary Dessler adalahsuatu  kebijakan serta latihan agar dapat memenuhi kebutuhan pekerja serta aspek-aspek yang terdapat dalam SDM. Missal posisi manajemen, seleksi , rekrutmen, kompensasi, pelatihan,  dan penilaian prestasi kerja karyawan.

7. Mutiara S. Panggabean

Pengertian sdm menurut Mutiara S. Panggabean sebuah proses mengatur yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan serta pengendalian kegiatan yang berhubungan dengan analisis suatu pekerjaan, evaluasi pekerjaan,  pengadaan, pengembangan, kompensasi , promosi, dan pemutusan hubungan kerja dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

8. Mary Parker Follett

Pengertian Sumber daya manusia menurut Mary Parker Follett adalah sebuah seni untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan melalui pengaturan orang-orang lain dalam melaksanakan berbagai tugas yang diperlukan.

9. Achmad S. Ruky

Pengertian SDM Menurut Achmad S. Ruky adalah suatu aplikasi yang lebih tepat dalam efisiensi yang umumnya sama dalam pemanfaatan, pengembangan , akuisisi dan pemeliharaan sumber daya manusia yang dimiliki oleh sebuah organisasi secara efektif dalam mencapai tingkat optimal dari pemanfaatan sumber daya manusia yang ada oleh organisasi dalam mencapai tujuannya.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Keuangan

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Tujuan dari msdm secara umum adalah untuk meningkatkan produktivitas yang masuk dalam ruang lingkup wewenang. Dalam meningkatkan produktivitas di lakukan berbagai metode yang baik, beretika dan social. Tujuan manajemen sumber daya manusia menurut cushway sebagai berikut.

1. Membantu Perusahaan dalam mencapai tujuan

Depertemen SDM bertanggung jawab atas hal dalam penerapan kebijakan yang telah dibuat serta memperhatikan dampak kebijakan dan prosedur terhadap para pekerjanya

2. Membuat Kebijakan dan pertimabangan

Manajemen Sumber Daya Manusia memilik tugas dalam memberikan motivasi para pekerjanya. Dengan begitu, divisi yang mengurus masalah tersebut dapat ikut membantu untuk membuat kebijakan untuk Sumber Daya Manusia.

3. Menyelesaikan Masalah.

Tidak ada perusahaan atau organisasi yang tidak memiliki masalah. Hampir semua organisasi dan perusahaan memiliki masalah. Manajemen sumber daya manusia menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah bagi perusahaan dan organisasi.

4. Memberikan Dukungan

Salah satu tujuan manajemen sumber daya manusia adalah memberikan dukungan bagi perusahaan dan organisasi. Bentuk dari dukungan yang di berikan adalah dengan melakukan perekrutan kariawan yang berkualitas demi mencapai tujuan dari perusahaan.

5. Menjadi Media Komunikasi Terbaik

Dalam perusahaan sering kali terja kariawan menghindari untuk berkomuniasi dengan atasan,manejer, dan staff secara langsung. Dengan adanya devisi sumber daya manusia dapat membantu kariawan untuk berkomunikasi dengan atasanya. Secara tidak langsung manajemen sumber daya manusia memiliki peran sebagai penghubung antara kariwan dan atasan perusahaan.

Fungsi MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia)

Merujuk pada pengertian manajemen sumber daya manusia yang sangat berkaitan dengan intraksi manajer pada kariawan. Nah dengan begitu adapun fungsi manajemen sumber daya manusia sebagai berikut.

1. Staffing/ Employment

Fungsi dari Staffing/ Employment terdiri dari tiga fungsi di antaranya perencanaa, seleksi, dan penarikan. Sebenarnya para manajer bertanggung jawab sepenuhnya atas sumber daya manusia. Namun semakin besar perusahaan maka para manajer membutuhkan bantuan dari depertemen sumber daya manusia untuk membantu dalam melakukan perencanaa, seleksi dan penarikan.

Depertemen sumber daya manusia sangat melakukan seleksi atau penyaringan dalam merekrut anggota atau kariawan untuk perushaan melalui seleksi wawancara dan seleksi tes baik tertulis maupun tidak tertulis.

2. Performance Evaluation

Depertemen sumber daya manusia dan manajer memiliki tanggung jawab masing-masing. Tanggung jawab manajer adalah untuk mengevaluasi bawahanya dan depertemen sumber daya manusia memiliki tanggung jawab dalam perekrutan kariawan yang berkualitas demi kemajuan perusahaan dan mencapai tujuan dari perusahaan.

Selain itu deperteman sumber daya manusia berperan untuk mengevaluasi para manajer untuk bagaiman kinerja manajer dalam mengawasi kariawanya serta memberikan kinerja pekerjaan yang baik dan akurat.

3. Compensation

Dalam hal gaji di butuhkan sebuah koordinasi antar deperteman sumber daya manusia dan manajer. Manajer  pertanggung jawab atas kenaikan gaji para kariawannya. Dan deperteman sumber daya manusia bertanggung jawab dalam mengembangkan struktr gaji yang baik.

System gaji memerlukan keseimbangan antara kinerja yang di berikan pada perusahaan dengan gaji yang di berikan dari manajernya. Kompensasi yang di berikan ada beberapa hal di antarnya gaji,bonus dan pembagian keuntngan antara sesame kariawan. Depertemen sumber daya manusia berperan untuk  memastikan kompensasi yang di berikan kepada kariawan perusahaan.

4. Training and Development

Sesui dengan pengertian msdm yang mengatur hubungan kerja. Fungsi manajemen sumber daya manusia adalah memberikan pelatihan dan pengarahan yang baik bagi kariawan perusahaan. Selain itu manajer juga berperan dalam proses pemutusan kerja jika kariawan tidak memenuhi kriteria yang di inginkan perusahaan. Dan depertemn sumber daya perusahaan memberikan solusi dari masalah dalam perusahaan.

5. Employe Relations

Di dalam perusahaan yang memiliki serikat kerja depertemen sumber daya manusia berperan dalam melakukan negosiasi serta mengurus masalah dengan pihak serikat kerja. Depertem en sumber daya manusia juga berperan dalam membantu perusahaan menghadapi pihak serikat kerja. Setelah negosiasi di setujua maka depertemen sumber daya manusia membantu mengurus mengenai persetujuan antara serikat kerja.

Selain itu deperteman sumber daya manusia juga perlu memastikan kariawan apakah kariawan di perlakukan dengan baik dan mencari solusi dari setiap permasalah yang di alamui kariawan. Depertemen sumber daya manusia harus bekerja sama dengan perusahaan untuk meningkatkan kedisiplinan kariawan.

6. Safety and Health

Setiap perusahaan juga di wajibkan untuk memperhatikan keselamatan kerja kariawannya untuk mengurangi resiko kecelakaan dalam proses bekerja agar kondisi kariawan tetap sehat. Manajer juga harus sering mengingatkan kepada kariawannya untuk tetap memperhatikan keselamatan kerja. Perusahaan juga harus membuat program keselamatan kerja. Keselamatan kerja yang efektif dapat mengurangi jumlah kecelakaan kerja.

7. Personnel Research

Dalam upaya untuk meningkatkan efektifitas perusahaan. Depertemen sumber daya manusia juga melakukan analisis terhadapat setiap individu kariawan dan perusahaan dan membuat perubahan yang sesuai dengan masalah yang di alami setiap individu dan perusahaan. Depertemen sumber daya manusia juga  adalah kehadiran dan keterlambatan kariawan.

Baca Juga: Sejarah SDM

Demikianlah Artikel Mengenai Pengertian MSDM, Fungsi, MSDM, Tujuan MSDM. semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas kuliah dan menambah wawasan.