Pengertian Produktivitas Kerja: Indikator, Aspek, Pengukuran dan Contohnya

Pengertian Produktivitas Kerja

Di dalam sebuah perusahaan atau organisasi produktivitas kerja menjadi suatu faktor dalam meningkatkan profit sebuah perusahaan, sehingga produktivitas kerja merupakan salah satu syarat kesuskesesan sebuah perusahaan. Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui pengertian produktivitas kerja.

Apa pengertian produktivitas kerja? Pengertian produktivitas kerja adalah kemampuan untuk terus menghasilkan suatu barang atau jasa dari berbagai sumber daya yang digunakan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas dari hasil pekerjaan yang dilakukan.

Produktivitas kerja memiliki dua dimensi yang perlu kita perhatikan yaitu efektivitas yang mencakup bagaimana kita menghasilkan produk dengan waktu yang singkat dan mengeluarkan modal yang lebih sedikit. Dan pencapaian target yang berkaitan dengan kualitas, kuantitas dan waktu yang lebih sedikit digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Manusia Tujuan dan Fungsinya

Pengertian Produktivitas Kerja Menurut Para Ahli

Untuk membatu mengetahui pengertian produktivitas kerja lebih jelas, berikut ini pengertian produktivitas kerja menurut beberapa parah ahli.

1. Mathis dan Jackson

Menurut Mathis dan Jackson produktivitas kerja adalah suatu ukuran dari kuantitas dan kualitas yang telah dikerjakan oleh pekerja dengan melihat pertimbangan dari sumber daya yang telah digunakan dalam mengerjakan pekerjaan yang dilakukan

2. Sedarmayanti

Pengertian produktivitas kerja menurut Sedarmayanti adalah salah satu pengukuran dari sumber daya yang digunakan di dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang dinyatakan dengan rasio serta pengeluaran yang dicapai dengan sumber daya yang digunakan di dalam mengerjakan sesuatu

3. Sinungan

Menurut Sinungan produktivitas kerja merupakan sebuah output yang dikeluarkan seseorang secara sempurna dari satu waktu bekerja yang dilakukan meliputi kegiatan yang efektif untuk mencapai hasil yang lebih maksimal dari sumber daya dari output yang lebih efesien.

4. Nasution

Nasutio berpendapat pengertian produktivitas kerja adalah konsep yang menggambarkan hubungan antara jumlah barang dan jasa yang, diproduksi dengan sumber yang jumlah tenaga kerja, modal, tanah, energi, dll yang digunakan untuk menghasilkan hasil.

Baca Juga: Prinsip-prinsip organisasi menurut para ahli

Contoh Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja merupakan cara mengukur suatu keberhasilan dalam mencapai tujuan dan kehematan dalam menghasilkan suatu barang dengan sumber daya yang digunakan lebih efesien. Bagaiman hasil produktivitas kerja yang sudah dilakukan? Berikut ini contoh produktivias kerja.

  • Penggunaan biaya yang lebih sedikit dan meningkatkan hasil yang dikeluarkan
  • Menggunakan sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari hasil yang keluarkan
  • Penggunaan sumber daya yang lebih efesien dan memperoleh jumlah produksi yang lebih besar dengan kemampuan kerja yang lebih efektif serta menekan biaya yang dikeluarkan
  • Pengurangan jumlah produksi yang dibarengi pengurangan jumlah sumber daya akibat adanya penurunan penjualan atau produksi.
  • Meningkatkan jumlah output
  • Mengurang tenaga kerja yang digunakan

Indikator Produktivitas Kerja Para Ahli

Menurut Gilmore dan Fromm (dalam Sedarmayanti, 2009) indikator produktivitas kerja adalah

  • Tindakannya konstruktif
  • Percaya pada diri sendiri
  • Bertanggung jawab
  • Miliki rasa cinta terhadap pekerjaan
  • Mempunyai pandangan ke depan
  • Mampu mengatasi persoalan dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berubah-ubah
  • Mempunyai kontribusi positif terhadap lingkungannya (kreatif, imajinatif, dan inovatif)
  • Memiliki kekuatan untuk mewujudkan potensinya

Aspek Produktivitas Kerja

Menurut Siangian, ada beberapa aspek produktivitas kerja yang harus kamu ketahui berikut ini:

1. Perbaikan Terus Menerus

Di dalam usaha untuk meningkatkan produktivitas kerja di dalam sebuah perusahaan atau organisasi diperlukan suatu perbaikan secara continue atau berkelanjutan. Hal tersebut harus dilakukan karena lingkungan organisasi akan terus berubah-ubah sehingga semua orang yang terlibat di dalam organisasi dituntut untuk menyesuaikan diri.

2. Peningkatan Mutu Hasil Pekerjaan

Dalam meningkatkan mutu dan kualitas di dalam perusahaan tidak selalu ditujukan pada produk atau barang yang dihasilkan namun dibutuhkan juga peningkatan mutu di berbagai aspek termasuk semua kegiatan di mana organisasi itu terlibat.

3. Tugas Pekerjaan Yang Menantang

Semua orang yang terlibat di dalam sebuah perusahaan harus siap menerima berbagai pekerjaan yang menantang. Namun setiap karyawan akan puas dengan pekerjaan yang ringan dan akan puas jika dapat menyelesaikan pekerjaan yang diberikan tepat waktu. Namun tidak jarang juga karywan yang ingin mendapatkan pekerjaan yang menantang yang dapat meningkatkan skill karyawan tersebut.

4. Kondisi Fisik Tempat Bekerja

Seperti yang kita ketahui bersama para pakar dan praktisi manajemen telah sepakat jika kondisi fisik dan lingkungan kerja sangat mempengaruhi produktivitas kerja di dalam perusahaan, sehingga untuk meningkatkan produktivitas kerja dibutuhkan lingkungan kerja yang nyaman dan memiliki fasilitas yang dibutuhkan di dalam pekerjaan.

Baca Juga: Perubahan Organisasi: Pengertian, Faktor, Tujuan, dan Manfaatnya

Pengukuran Produktivitas Kerja

Faktor dasar yang menjadi pengukuran produktivitas kerja menurut simamora adalah sebagai berikut:

1. Kuantitas Kerja

Kuantitas kerja yang dimaksud di dalam perusahaan adalah hasil yang dicapai dalam jumlah tertentu yang telah di tentukan oleh perusahaan. Dengan adanya kuantitas kerja ini pimpinan perusahaan dapat mengukur produktivitas kerja karyawan

2. Kualitas Kerja

Kualitas kerja juga termasuk dalam faktor dasar pengukuran produktivitas karyawan. Output dengan mutu yang berkualitas dapat di jadikan standar bagi seorang karyawan memiliki produktivitas yang baik oleh perusahaan.

3. Ketepatan Waktu

Ketepatan waktu merupakan faktor yang paling penting dalam mengukur produktivitas kerja karena seorang karyawan harus memiliki sikap disiplin dalam bekerja sehingga dituntut untuk mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai yang telah di tentukan perusahaan.

Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Berikut ini faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja menurut Sulistiyani dan Rosidah:

  • Ketrampilan (skills)
  • Kemampuan (abilities)
  • Sikap (attitude)
  • Perilaku (behaviors)

Demikianlah artikel tentang pengertian produktivias kerja, indikator produktvitas kerja, aspek produktivitas kerja, dan contoh nya. Semoga dapa memberikan manfaat bagi pembaca.

Related Posts