Jenis-Jenis Harddisk

Jenis-Jenis Harddisk ~ Harddisk atau biasa dikenal dengan hard drive (HDD). Harddisk sudah tidak asing lagi didengar karena perangkat ini sudah sering ditemukan di berbagai jenis perangkat komputer dan server. Harddisk memiliki peran penting dalam komputer, fungsi Harddisk untuk komputer adalah sebagai penyimpanan atau storage.

Namun pada artikel ini kita tidak akan membahas secara lengkap fungsi dari Harddisk, mungkin kita di lain artikel kita akan membahasnya. Namun ada artikel ini kita akan membahas jenis-jenis Harddisk. Jenis harddisk ini sangat penting untuk di ketahui karena termasuk salah satu perangkat yang penting dan setiap jenis harddisk ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Baca Juga: Jenis-jenis Routng Lengkap denga kelebihan dan kekuanganya

Apa Saja Jenis-jenis Harddisk?

  1. Harddisk ATA
  2. Harddisk SCSI
  3. Harddisk RAID
  4. Harddisk SATA
  5. Harddisk SSD
  6. Harddisk Konvensional
  7. Harddisk SSD
  8. Harddisk 3.5”
  9. Harddisk 2.5”
  10. Harddisk IDE

Jenis-Jenis Harddisk

Jenis-jenis harddisk terbagi menjadi 3 bagian yaitu jenis harddisk berdasarkan jenisnya, jenis harddisk berdasarkan ukuran dan jenis harddisk berdasarkan port yang digunakan. Berikut ini jenis-jenis harddisk beserta pengelasan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jenis harddisk berdasarkan Jenisnya

Yang pertama adalah jenis harddisk berdasarkan jenisnya terbagi menjadi dua yaitu harddisk Konvensional dan harddisk SSD. Berikut penjelasannya keduanya.

1. Harddisk Konvensional

Apa itu harddisk konvensional? Harddisk konvensional adalah salah satu jenis harddisk yang umumnya digunakan pada komputer atau Laptop. Ukuran harddisk konvensional adalah 3,5 inci dan 2,5 inci serta masih terdapat cakram piringan besi di dalamnya yang dilapisi magnetis sebagai penyimpanan.

Karena terdapat piringan yang memiliki putaran kurang lebih 5400 rpm, harddisk konvensional rentan terhadap kerusakan, namun terdapat beberapa kelebihan dari salah satunya adalah harganya yang terbilang murah, mudah didapatkan, terdapat banyak pilihan kapasitas dan terdapat banyak pilihan merek.

2. Harddisk SSD

Pada umumnya harddisk menggunakan komponen mekanik di dalamnya, namun berbeda dengan SSD yang sudah menggunakan memory komputer atau USB Drive. Dengan kata lain jenis harddisk ini sudah tidak menggunakan komponen mekanik lagi. Sehingga jenis harddisk ini sudah memiliki kecepatan yang terbilang sangat cepat.

Baca Juga: Pengetian RAM, sejarah fungsi dan cara kerjanya

Jenis Harddisk Berdasarkan Portnya

1. Harddisk SCSI

Harddisk SCSI atau kepanjangan dari Small Computer System Interface merupakan jenis harddisk yang dapat membaca data dengan sangat cepat. Dengan kecepatan dalam membaca data jenis harddisk SCSI juga memiliki penyimpanan yang cukup tinggi sekitar 5 TB.

Dengan kemampuan nya dalam membaca data yang sangat tinggi, jenis harddisk SCSI dapat digunakan untuk komputer server dan komputer penyedia data alias data base. Sehingga sulit untuk ditemukan komputer atau pc yang menggunakan jenis harddisk ini.

Kapasitas hard disk SCSI bebera pilihan yaitu 160 GB, 250 GB, 320 GB, 500 GB, 1 tera byte, 2 tera byte dan 5 tera byte.

2. Harddisk RAID

Jenis harddisk RAID sangat terkenal dengan performa yang sangat handal dan kuat dalam hal menampung semua file-file besar. Bahkan harddisk RAID dapat bekerja dengan maksimal walaupun komputer harus dipaksa ekstra           untuk meningkatkan performa yang tinggi. Dan saat ini jenis harddisk ini memiliki harga yang mulai menurut jadi sangat cocok untuk di gunakan pada komputer personal.

3. Harddisk SATA

Serial Advanced Technology Attachment atau di singkat dengan SATA, merupakan jenis harddisk jenis terbaru dari ATA. Jenis harddisk ini mempunyai kelebihan yaitu menggunakan dua pertiga bagian dari ATA. Selain itu jenis harddisk ini memiliki kecepatan yang tinggi karena memiliki kemampuan untuk mengurang delay.

Dalam proses transfer data harddisk ini mengurutkan data secara pararel tanpa menggunakan master. Sehingga kabel dari SATA hanya dapat menggunakan satu harddisk saja. Sehingga harddisk ini hanya digunakan sebagai harddisk internal saja dengan kata lain harddisk ini kuat terpasang di dalam CPU.

Kapasitas Hard disk SATA memiliki beberapa varians lebih sedikit dari pada hard disk jenis IDE yakni 80 GB, 120 GB, 160 GB, 250 GB, 320 GB, 500 GB, 1 Tera byte dan 2 tera byte.

4. Harddisk IDE

AIDE atau kepanjangan dari Integrated Drive Electronics merupakan harddisk port yang berteknologi lama, bahkan jenis harddisk ini digunakan pada komputer pantium. Harddisk IDE dibuat dengan arsitektur IBM PC yang memiliki PIN yang berjumlah 40 pin yang digunakan sebagai jalur transmisi dan juga memilik 4 buah pin sebagai tambahan yang berfungsi untuk power supply.

Kapasitas Hard Disk IDE ini di antaranya 10 GB, 20 GB, 40 GB, 80 GB, 120 GB, 160 GB, 250 GB dan paling besar kapasitasnya adalah 320 GB.

5. Harddisk ATA

Jenis harddisk ATA merupakan jenis harddisk yang berdasar kan konektor yang hampir mirip dengan jenis harddisk IDE. Kepanjangan dari harddisk ATA adalah Advanced Technology attachment yang merupakan jenis harddisk yang tergolong cepat pada zamannya, bahkan lebih cepat dari harddisk IDE. Jenis harddisk ini juga banyak digunakan pada komputer pantium pada zaman dulu.

Baca Juga: Fungsi Bagian Motherboard Lengkap Penjelasannya

Jenis Harddisk Berdasarkan Ukuran

1. Harddisk 2,5

Jenis harddisk selanjutnya adalah harddisk yang merupakan jenis harddisk yang dapat dilihat dari ukurannya. Sesuai dengan namanya jenis harddisk ini memiliki ukuran yaitu 2,5inch yang banyak digunakan pada laptop jaman sekarang dan juga digunakan sebagai harddisk eksternal maupun harddisk internal tanpa menggunakan tambahan listrik lagi.

2. Harddisk 3,5

Jenis selanjutnya adalah jenis harddisk yang dapat dilihat dari ukurannya, berbeda dari sebelumnya jenis harddisk ini lebih besar yaitu dengan ukuran 3,5inci. Jenis harddisk ini umumnya digunakan di pada PC Desktop.

Related Posts