Pengertian Komputer: Jenis,fungsi, Komponen Komputer

Pengertian Komputer ~ Apa sebenarnya yang di maksud dengan komputer? komputer adalah alat yang di pakai untuk untuk mengolah data menurut prosedur yang telah di rumuskan, kata komputer pada awalnya di pergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan Aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi kini arti dari komputer lebih identik dengan alat elektronik.

Pengertian Komputer Secara Umum

Definisi dari komputer adalah alat elektoronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga membentuk suatu sistem kerja. Sistem di dalam komputer ini dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang di perintahkan kepadanya sehingga mampu menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang ada.

Sedangkan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) komputer adalah alat elektonik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang di Instuksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan lain sebagainya), biasanya terdiri dari unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Secara etimologis, kata komputer berasal dari bahasa Latin (computare) yang artinya menghitung. Sehingga secara sederhana pengertian komputer adalah alat untuk menghitung aritmatika.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer Secara Umum

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Ada banyak sekali para ahli yang mengeluarkan pendapat mengenai pengertian komputer. Nah Berikut ini adalah beberapa pengertian dan juga definisi dari komputer, menurut para ahli, tokoh, dan juga orang-orang yang berperan dalam bidang ilmu komputer dan teknologi, yaitu.

1. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memprosesnya, menyimpan perintah dan mennyediakan output dalam bentuk informasi.

2. Donald H. Sanders

Menurut Donald H. Sanders, pengertian komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan tepat dan cepat serta dirancang dan di organisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instuksi program (sistem operasi) yang tersimpan didalam penyimpanannya (strored program).

3. V.C Hamacher ZG

Menurut V.C Hamacher ZG, pengertian komputer adalah sebuah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat menerima informasi input digital lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi.

4. Larry Long & Nancy Long

Menurut Larry Long & Nancy Long, pengertian komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu mengimpresentasikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi Logis.

5. June Persons

Menurut June Parsons, pengertian komputer adalah perangkat serba guna yang menerima input, proses data, penyimpanan data, dan menghasilkan output, semua menurut serangkaian instruksi disimpan.

6. Jhon J. Longkutoy

Menurut Jhon J. Longkutoy, komputer adalah suatu alat atau mesin pemecah persoalan atau sebuah mesin dan alat pengolah data yang mana dapat menghasilkan suatu informasi yang di perlukan dan juga berguna bagi penggunanya.

7. Willian M. Fuori

Menurut Willian M. Fuori, pengertian komputer adalah suatu alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika serta operasi logika, dan tidak ada campur tangan manusia.

8. Arif Susanto

Menurut Arif Susanto, komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri dari atas perintah input, alat yang mengolah input dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.

9. Elias M Awad

Menurut Elias M Awad, komputer adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog).

10. Gordon B. Davis

Menurut Gordon B. Davis, pengertian komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Baca Juga: Pengertian Teknologi dan Dampak Positif dan Negatif

Fungsi Komputer Secara Umum

Fungsi Komputer Secara Umum

Komputer memiliki fungsi yang beragam. Setiap orang yang di tanyakan mengenai fungsi komputer tentu memiliki jawaban yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan komputer untuk sebagai media untuk berkomunikasi, ada yang menggunakan media komputer untuk bekerja, ada yang menggunakan untuk belajar, dan ada juga yang menggunakan sebagai sarana hiburan. Namun sebenarnya komputer memiliki 5 fungsi yang utama, yaitu:

1. Data Imput (Pemasukan Data)

Fungsi komputer pada input adalah menerima data atau informasi dari sumber luar. Contoh paling mudah dari fungsi ini adalah informasi dari ketikan keyboard. Komputer juga bisa mendapatkan informasi dari peralatan lain atau komputer lain.

2. Data processing (Pengolahan data)

Fungsi komputer pada processing adalah mengolah data sehingga dapat menghasilkan output berupa suatu informasi. Data yang diolah umumnya data berupa dokumen, teks, suara, kata, objek, video, gambar dan grafik.

3. Data output (hasil pengolahan data)

Fungsi komputer pada output adalah menghasilkan informasi setelah melalui proses pengolahan data. Informasi tersebut dapat ditampilkan melalui monitor, alat printer, proyektor, speaker dan lain sebagainya.

4. Data storage (penyimpanan data)

Fungsi komputer pada storage adalah sebagai tempat untuk menyimpan data sehingga dapat di temukan dengan mudah dan di gunakan kembali nantinya. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori extrernal komputer.

5. Data movement (perpindahan data)

Fungsi komputer pada movement ini adalah memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau berbagai alat output lainnya.

Baca Juga: Inilah Perbedaan SSD dan HDD Yang Perlu Kamu Ketahui

Komponen Komputer Secara Umum

Komponen Komputer

Setiap bagian atau komponen pada komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda, berikut ini beberapa kelompok komponen komputer berdasarkan fungsinya, yaitu input, procces, dan output.

1. Komponen Input

Komponen input adalah komponen yang digunakan untuk memberi perintah atau tugas pada komputer. Beberapa komponen dari input diantaranya:

  • Keyboard, sebagai alat untuk menginputkan data yang berupa huruf, angka, atau symbol yang kemudian di sampaikan ke CPU (Central Processing Unit) untuk di ubah menjadi sinyal-sinyal digital yang di pahami oleh processor.
  • Mouse, berfungsi menggerakkan cursor dan juga berfungsi sebagai penghubung antara pengguna komputer dengan layar monitor.
  • Pen, fungsinya sama dengan mouse tapi Pen digunakan pada komputer layar sentuh.
  • microphone, yaitu alat input data dalam bentuk audio

2. Komponen Proses

Komponen ini berfungsi untuk mengolah data dan memposes perintah yang di berikan oleh pengguna komputer dengan data yang telah input dan kemudian akan di tampilkan pada output melalui komponen output. Beberapa komponen proses diantaranya:

  • Processor, yaitu komponen yang mengatur segala aktivitas dan jalannya program yang terdapat dalam komputer dan merupakan komponen utama dalam proses.
  • Motherboard, yaitu komponen penghubung berbagai komponen yang ada dalam komputer.

3. Komponen output

Komponen output adalah komponen yang berfungsi menampilkan atau menyajikan informasi dari data yang telah diolah melalui komponen input dan komponen proses. Berikut ini beberapa komponen output yaitu:

  • Monitor, yaitu komponen yang berfungsi menampilkan proses dan hasil pengolahan data atau informasi.
  • Printer, yaitu komponen yang dapat mencetak informasi ke dalam bentuk hard copy.
  • Speaker, yaitu komponen yang dapat menghasilkan output berupa audio atau suara.

4. Komponen Storage

Komponen storage atau penyimpanan adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data atau informasi. Baik itu sifatnya sementara atau permanen.

  • Hardisk, yaitu komponen yang berfungsi untuk menyimpan data atau informasi secara permanen.
  • RAM, yaitu komponen yang berfungsi untuk menyimpan data atau informasi secara sementara.

Baca Juga: Pengertian Prosesor, Jenis dan Manfaatnya Secara Umum

Jenis-Jenis Komputer

Jenis-jenis komputer berdasarkan Ukuran dan bentuknya terbagi menjadi 7 bagian. ada pun jenis-jenis komputer berdasarkan bentuk dan ukuranya sebagai berikut.

1. Komputer Desktop

Komputer desktop adalah komputer yang terletak di atas meja dan berukuran yang cukup besar. komputer desktop memiliki CPU yang tepisah dengan monitor keyboard. sehingga komputer ini tidak dapat di bawa kemana-mana sehingga harus di letakan di atas meja.

2. Komputer Portabel

Berbeda dengan komputer desktop. komputer portabel ini memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga mudah di bawah kemana-mana. komputer ini sering di gunakan oleh peneliti untuk membantu proses penelitian mereka. Jenis komputer portabel ini kurang populer karena ukuranya yang sangat kecil.

3. Komputer Tower

Komputer tower adalah komputer yang ukuranya sangat besar dan lebih besar dari komputer desktop. komputer ini dapat di letakkan di atas meja maupun di samping meja dan komputer ini dapat di berikan atau di tambah prangkat pendukung karena memiliki expansionslot.

4. Komputer Plamptop

Komputer Plamptop adalah komputer yang ukuranya sangat kecil sehingga dapat di genggam hapir mirip dengan smartphone. komputer ini sudah sangat jarang di gunakan bahkan mungkin sudah langkah sejak munculnya smarthpone.

5. Handbook (Sub-Subnotebook)

sesuai dengan namanya handbook atau subhandbook lebih kecil dari notebook yang pada umumnya. handbook ini memiliki spesfikasi yang sangat rendah.

6. Komputer Notebook

Notebook adalah salah satu jenis laptop namun memiliki ukuran dan spesfikasi di bawah laptop. ukuranya juga lebih tipis dari laptop dan beratnya lebih ringan. notebook ini sering di gunakan oleh pelajar dan pengajar yang mudah di bawa kemana-mana.

7. Laptop

Laptop adalah jenis komputer yang sedikit lebih besar dari notebook dan memiliki spesifikasi yan lebih tinggi. prangkat laptop sudah di lengkapi dengan CPU, Keyboard dan moniotor yang sudah menyatu dan mudah untuk di bawah kemana-mana.

Itulah penjelasan mengenai pengertian komputer, fungsi komputer, komponen komputer dan jenis-jenis komputer. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan teman-teman semua.

Related Posts