Pengertian RAM: Sejarah, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian RAM (Random Access Memory)

Apa Itu Ram? RAM (Random Access Memory) yaitu sebuah hardware yang terdapat dalam komputer dimana sebagai tempat penyimpanan yang sifatnya sementara tetapi dapat diakses dalam waktu yang tetap, dan dapat diakses secara cepat dan tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

Sejarah RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory) atau dulunya disebut dengan DRAM yaitu mulai dikenal pada tahun 1960 –an dimana disitu masih sangat mahal. Dan kemudian RAM (Random Access Memory) diciptakan oleh perusahaan intel. Dimana RAM itu bisa ditulis dan dibaca dan sebagai penyimpanan sementara. Pada tahun 1968 RAM ditemukan oleh Rebort Denard dan diperoduksi secara massal oleh intel pada waktu itu. Kemudian RAM membutuhkan tegangan daya sebesar 5,0 volt dan berjalan pada kecepatan 4,77 MHz.

Baca Juga: Sejarah Komputer, Fungsi dan Komponen Komputer

Fungsi RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai mempercepat data pada komputer, jadi semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat untuk memproses data. Berikut fungsi RAM secara umum :

1. Membaca Data

Kecepatan loading pada saat membuka file atau program saat pertama kali diakses dengan dibuka sebelumnya. Maka data dibaca dan disimpan dalam RAM sehingga lebih cepat dibuka kembali ketika komputer belum di shutdown.

2. Penyimpanan Sementara

Maksudnya disini RAM berfungsi sebagai media penyimpanan sementara dimana ketika kita melakukan pekerjaan di dalam komputer contoh membuat ringkasan materi RAM . Jadi ringkasan tersebut bisa kita edit atau tambah lagi.

Jenis – jenis RAM (Random Access Memory)

Adapun jenis – jenis RAM (Random Access Memory) adalah :Dynamic RAM (D RAM)
Dynamic RAM adalah jenis RAM yang dapat disegarkan/refresh oleh CPU (Central Processing Unit) secara berkala agar data tersebut terdapat didalamnya tidak hilang.

1. SD RAM

SDRAM (sychronous dynamic random access memory) ialah lanjutan dari DRAM tetapi telah mengalami snkronisasi oleh clock sistem dimana SDRAM lebih cepat ketimbang DRAM

2. DDR RAM

DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) yaitu jenis RAM dengan teknologi lanjut dari SD RAM. DDR RAM juga memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3 dan kemunkinan akan terus berlanjut.

3. RDR RAM

RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory) jenis RAM yang prosesnya lebih cepat dan umumnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis SD RAM digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4.

4. S RAM

S RAM (Static Random Access Memory) jenis RAM yang dapat menyimpan data di dalamnya tanpa harus ada penyegaran/ refresh dari CPU. Jenis RAM ini proses kerjanya lebih cepat dari D RAM dan SD RAM.

5. EDO RAM

EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory) jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan OS Pentium. Jenis memori ini dapat melakukan proses penyimpanan serta mengambil data dalam waktu bersamaan.

Baca Juga: Inilah Perbedaan SSD dan HDD Yang Perlu Kamu Ketahui

Cara kerja RAM (Random Access Memory)\

Untuk user yang ingin menjalankan sebuah program aplikasi adapun data file yang dibutuhkan dalam menjalankan program tersebut akan diambil melalui penyimpanan hardisk. Nah dimana sistem mentransfer data ke dalam memori RAM untuk selanjutkan akan diproses oleh processor. Kemudian setelah pemrosesan selesai, prosessor akan menampilkan hasilnya ke dalam output atau bisa mengembalikan ke perangkat penyimpanannya.

Tapi jika jumlah data yang akan ditampung sudah melampaui kapasitas memori RAM, maka SO atau sistem operasi akan menjalankan prosedur SWAP atau pemindahan sementara. Kemudian data tersebut akan dipindah untuk ke sebuah ruang yang penyimpanan sekunder yang biasa disebut dengan SWAP file atau virtual memori.

Pada umumnya data yang dipindahkan ke memori virtual itu data yang aktif dengan prioritas rendah contoh aplikasi atau service yang berjalan secara background. Jadi proses SWAP ini dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi tidak optimal atau sistem berjalan dengan lambat. Nah untuk mencegah hal tersebut bisa menggunakan memori RAM dengan kapasitas sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan SO atau program aplikasinya.

Demikianlah artikel tentang pengertian RAM, Sejarah, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja RAM. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca.

Related Posts