Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen

Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen ~ Bercocok tanam merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi orang-orang yang memang hobi melakukannya. Mungkin kamu termasuk salah satu orang yang hobi dalam berkebun khususnya dengan cara hidroponik. Namun sebelum itu tahukah kamu apa itu hidroponik?

Apa yang dimaksud hidroponik? Hidroponik adalah sebuah cara membudidayakan sebuah tanaman tanpa menggunakan tanah, dan hanya menggunakan air dan berbagai pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.

Namun saat ini membudidayakan tanaman dengan cara hidroponik dapat menghasilkan uang lho, nah untuk menghasilkan uang melalui bercocok tanam dengan sistem hidroponik tidak susah namun tidak gampang pula, cukup dengan menanam tanaman yang cepat tumbuh atau dapat di tanam dengan cara hidroponik.

Ada beberapa kriteria tanaman yang dapat dibudidayakan dengan cara hidroponik, apa saja itu? Yang pertama tanaman memiliki pohon yang kecil, tanaman yang cepat tumbuh dalam 1 minggu, budidaya tanaman yang menguntungkan rumah, tanaman pangan atau yang dapat di makan, tanaman penghasil uang terbesar dan terakhir jenis tanaman hidroponik yang cepat panen

Baca Juga: Mengenali Penyakit Jagung Hidroponik

Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen

Berikut ini daftar tanaman hidroponik yang menguntungkan dan tanaman hidroponik yang cepat panen.

1. Selada

Tanaman selada merupakan jenis tanaman sayuran yang banyak digunakan sebagai bahan lalapan, sehingga tanaman ini dapat dimakan mentah dapat di olah sebelumnya. Tanaman selada dapat di tanam dengan cara hidroponik karena tanaman ini memiliki jangan waktu yang cepat untuk panen, memiliki batang yang kecil dan sangat mudah untuk dirawat. Jadi tanaman selada sangat cocok untuk dibudidayakan bagi seorang pemula.

2. Tomat

Tomat juga termasuk sayuran yang berbuah dan merupakan tanaman sayuran yang mudah untuk tumbuh baik di polybag ataupun lahan terbuka. Buah cabe juga termasuk salah satu buah yang banyak memiliki nutrisi sehingga tidak heran orang Indonesia sangat suka untuk mengonsumsi buah tomat sehingga buah ini termasuk tanaman yang cocok untuk dibudidayakan dengan cara hidroponik.

3. Lobak

Selanjutnya adalah lobak, berbeda dengan tomat tanaman lobak tidak berbuah melainkan memiliki umbi yang dapat dimakan. Lobak termasuk tanaman yang memiliki jangka panen yang cukup cepat yaitu sekitar 3-7 hari setelah panen dan mengolah nya dengan berbagai pelengkap makanan.

4. Kale

Mungkin kamu adalah orang yang belum terlalu familiar dengan nama sayuran yang satu ini, namun kale merupakan tanaman sayuran yang belakangan ini sangat populer khususnya bagi kalangan penggiat makanan dengan gaya hidup yang sehat. Tidak heran kale memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh yang menjadikan kale termasuk golongan superfood.

5. Timun

Berbeda dengan tanaman sebelumnya, timun merupakan tanaman yang sudah populer dari dulu. Tanaman timun memiliki manfaat yang banyak mulai dari garnish atau hiasan untuk hidangan spesial, pelengkap jus, dimakan tanpa diolah, hingga digunakan untuk perawatan kecantikan. Tanaman timun sangat mudah untuk dibudidayakan khususnya dengan sistem hidroponik.

6. Bayam

Sama dengan sayuran pada umumnya, tanaman bayang dapat tumbuh dengan baik jika di tanam menggunakan air, sehingga sayur bayak sangat cocok di tanam dengan cara hidroponik. Selain itu bayam memiliki banyak gizi dan mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Baca Juga: Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar

7. Kacang-kacangan

Sayuran kacang-kacang ada berbagai jenis yaitu kacang polong, kacang panjang, kacang hijau dan semua jenis kacang yang dapat kamu budidayakan dengan mudah, walaupun waktu panen kacang-kacangan yaitu 6-8 minggu namun dapat di panen kembali tanpa melakukan penanaman ulang, sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan.

8. Daun Bawang

Daun bawang merupakan tanaman yang membutuhkan bayak air sehingga sangat cocok di tanam dengan sistem hidroponik. Sama dengan kacang-kacangan daun bawang memiliki jangka waktu yang lama namun dapat dipanen kembali tanpa melakukan penanaman ulang.

Itulah 8 daftar tanaman yang mudah dibudidayakan dengan cara hidroponik baik untuk pemula atau yang sudah paham betul tentang hidroponik. Semoga dapat memberikan kepada kamu dalam memulai bisnis hidroponik.

Related Posts