Kelebihan dan kekurangan Kotlin

Pengertian Kotlin

Apa itu Kotlin? Kotlin merupakan Bahasa pemrograman dalam hal pengetikan statis yang berjalan dengan mesin virtual java ataupun menggunakan kompiler LLVM yang dengan mudah dikompinasikan didalam bentuk kode java.

Dalam pengertian lain kotlin yaitu salah satu bahasa pemrograman yang dapat diandalkan untuk bisa membangun aplikasi smartphone terutama di Android. Atau bahasa pemrograman untuk Java Virutal Machine (JVM) yang dapat digunakan (kompatibel) yang dipakai untuk server,web dan android development.

Penggunaan kotlin

Kotlin dapat digunakan dari segala pemrograman yang menggunakan bahasa Java yang saat ini mendominasi dalam pengembangan aplikasi berbasis android yang dapat mendukung atau official support dari google. Perusahaan yang menggunakan kotlin yaitu: Basecamp, Coursera dan KlikDirektori.

Tujuan Kotlin

Kotlin mempunyai tujuan yaitu untuk mengembangkan diberbagai aplikasi server-side, aplikasi mobile, aplikasi desktop. Adapun tools kotlin yang yang dimiliki major yang dapat didukung sebagai berikut:

  • Intellij IDEA, Android Studio dan Eclipse
  • Spring Boot(dukungan terbaru pada rilis)
  • Github, Slack dan Minecaft
  • Mave, Grandle dan Ant

Kelebihan dari Kotlin

Adapun kelebihan dari kotlin sebagai berikut:

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Java Lengkap

1. Lebih ringkas

Dalam penggunaan coding lebih ringkas saat menggunakan Kotlin. Jadi lebih menghemat tenaga dan wkatu dalam para usernya. Fitur yang digunakan type inference, smart casts, data classes and properties yang dapat membantu mencapai keringkasan.

2. Kode yang digunakan Kotlin lebih aman

Maksudnya kode yang digunakan kotlin secara inheren lebih aman daripada kode java karena dari mencegah kesalahan pemrograman umum dengan desain, menghasilkan kegagalan sistem yang lebih sedikit dan crash aplikasi. Kotlin mendorong pengembang untuk berpikir dalam hal potensi yang memungkin kode mereka secara eksplisit, sehingga dapat membantu dalam hal menulis kode yang akurat.

3. Dapat dipertukarkan dengan Java

Maksudnya salah satu kekuatan terbesar kotlin yaitu dengan tingkat kompatibilitasnya Java dan Kotlin, dimana kode java dan kotlin dalam proyek yang sama dan semuanya akan ter-compile dengan benar. Bahkan setelah proyek campuran kotlin dan java di-compile, user tidak dapat membedakan bagian mana sebenarnya proyek yang dibuat dengan java dan bagian mana dengan kotlin.

4. Membantu mengurangi kesalahan dan bug dalam kode

Maksudnya pada compiler agar dapat mencegah kegagalan dengan cepat yang memungkinkan dan sangat memudahkan dalam mencari bug dan bahkan dapat mencegahnya sejak awal. Kotlin compiler juga melakukan banyak dalam pemeriksaan, untuk dapat menghindar kesalahan rutime dan mengurangi cost and upaya fixes.

5. Dukungan utama Android Studio

Kotlin yang dikembangkan oleh JetBrains, perusahaan dibalik Intelli J, IDE yang menjadi dasar Android Studio Untuk dukungan kotlin yang sangat bagus. Kemudian setelah menginstall plugin kotlin, Android Studio membuat pengaturan kotlin untuk proyek semudah membuka beberapa menu.

6. Komunikasi kotlin yang mendukung dalam pengembangan

Kotlin yang menyatukan komunitas untuk berkembang dan memberikan dukungan yang responsif dan terbuka dalam hal pengembangan yang terhubung di berbagai keahlian untuk mendapatkan pertanyaan yang bisa dijawab.

7. Engineer dapat meningkatkan keterampilan ke tingkat berikutnya

Dalam keahlian pengembangan untuk mempelajari kotlin. Pengembang Java akan dapat mudah mempelajari kotlin karena sama-sama belajar tentang compiler dan desain bahasa yang baik, tantangan dan solusi pemrograman yang tidak sinkron.

8. Mampu meminimalisir kesalahan yang ada

Makdunya kotlin jenis bahasa yang diketik statis, jadi pengguna bisa mengetahui jika terjadi kesalahan pada saat kompilasi. Ketika diketik secara statis memang akan melakukan type checking.

Kekurangan dari Kotlin

Adapun kekurangan dari kotlin sebagai berikut:

1. Kecepatan kompilasi yang berfluktuasi

Maksudnya kotlin melakukan kompilasi dengan waktu yang cepat dan tidak semua pengguna kotlin merasa bahwa kompilasi yang dilakukan selalu bisa berjalan dengan cepat.

2. Tidak memiliki ternary operator

Jadi dalam koltin tidak mempunyai operator biasanya diganti dengan if else yang dapat memberikan nilai balik.

3. Dalam pengembangan kotlin memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Baca juga: Emulator Android Terbaik

Hubungan Kotlin dan Android

Apa hubungan hubungan Kotlin dan Android? Karena Android menggunakan bahasa pemrograman java, dalam malware android dibuat pertama kali menggunakan bahasa kotlin. Sehingga malware ditemukan di aplikasi android yang menyamar sebagai aplikasi pemberish utilitas telepon.

Sehingga kotlin digunakan untuk membuat aplikasi android, tetapi sebelumnya terlebih dahulu menginstall sebuah plugin dari android studio dengan membuka Android studio, setelah itu pilih menu cofigure->plugins. Lalu klik install setelah itu restart android studionya.

Demikian penjelasan mulai dari pengertian, tujuan, kelebihan dan kekurangan sampai dengan hubungan kotlin dan android. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum.

Related Posts