Kelebihan dan Kekurangan Java
Kelebihan dan Kekurangan Java

Kelebihan dan Kekurangan Java

Pengertian Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograma yang multiplatform dan multi device. Pada umumnya digunakan oleh para pengembang untuk membuat dan mendevelop suatu aplikasi diberbagai macam paltform. Dari berbagai macam-macam bahasa pemrograman yang ada tentu sudah tentu dalam aplikasi dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Pengertian lainnya yaitu Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang beriorentasi pada object dan program java yang tersusun dari bagian yang disebut dengan Class.

Kelebihan Java

Dalam sebuah bahasa pemrograman sering digunakana dan diaplikasikan pada berbagai macam software jadi bahasa pemrograman Java memiliki keunggulan dibandingan dengan bahasa pemrograman lainnya. Berikut kelebihan dari Java:

1. Bersifat Dinamis

Java dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berkembangn pada tahap dinamis pada tahapan lingking.  Sifat dinamis dalam bahasa pemrograman Java berkaitan erat dengan kemampuan dari bahasa pemrograman Java yang mudah dikembangkan. Struktur kodenya lebih dimodifikasi dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan user.

2. Lebih mudah dikembangkan

Setiap aplikasi ataupun program yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java mempunyai kemampuan yang lebih baik untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.  Jadi sangat membantu para programmer-programmer dan developer dalam mengembangkan satu aplikasi yang berbasis Java.

3. Kemudahan dalam menyusun script

Jadi dengan bahasa pemrograman Java selain mudah Java juga bersifat universal dengan bahasa pemrograman Java yang salah satunya bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Para programmer dan developer menyusun sebuah program menggunakan script. Script juga lebih mudah untuk dibuat dan dipelajari sehingga beberapa programmer pemula sudah dapat mengembangkan sebuah aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman Java.

4. Sifatnya Multiplatform

Jadi dalam bahasa Java yang sering diminati yaitu para developer dan programmer karena salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform. Sehingga membuat banyak orang tertarik dengan pengembanan aplikasi yang berbasis pemrograman Java.

5. Bahasa pemrograman yang beriorentasi terhadap objek

Setiap aplikasi yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman java yang disesuaikan dengan objek dengan tampilan dan interface dari aplikasi tersebut. Jadi bahasa pemrograman yang beriorentasi terhadap objek pada pemrograman bahasa c, dapat dilihat dari script java atau bahasa c yang memiliki kesamaan pada konteksnya masing-masing. Segala data yang disebut objek dapat memudahkan pemrogram untuk membuat, mendesain serta mengembangkan mengalokasi kesalahan program yang berbasis java dengan cepat dan teratur.

Baca juga: Pengertian Coding Secara Lengkap

Kekurangan Java

Terdapat beberapa kelebihan dari Java dan terdapat beberapa kekurangan dari Java karena tidak ada yang sempurna. Berikut beberapa kekurangan dari Java:

1. Penggunaan memory kapasitas tinggi

Bahasa pemrograman Java hal ini mempunyai fitur yang bagus, mudah dalam script, hingga ke fitur object oriented, tetapi dengan kelebihan tersebut membutuhkan memory yang cukup tinggi. Hal tersebut menyebabkan beberapa aplikasi Java membutuhkan resource memory yang cukup besar untuk bisa dijalankan dengan baik. Seorang developer juga membutuhkan memory yang tinggi dalam mengembangkan aplikasi tersebut dengan membutuhkan komputer yang dipakai harus juga memiliki kapasitas RAM (Random Access Memory) yang tinggi guna melancarkan develop lebih optimal dalam pekerjaannya.

2. Mudah didekompilasi

Maksudnya dalam pengambilan source code dalam Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah mengalami dekompilasi.  Jadi source code dan juga scriptnya yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java lebih mudah dibajak oleh orang lain, sehingga memunculkan banyak hack dan pecopyan dari aplikasi yag menggunakan bahasa pemrograman Java.

Demikian pengertian, kelebihan dan kekurangan Java semoga bermanfaat bagi penulis dan pembaca Wassalamu’alaikum

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri