4 Manfaat Biologi Dalam Bidang Kedokteran

By | 8 November 2019
Manfaat Biologi Dalam Bidang Kedokteran

Manfaat Biologi Dalam Bidang Kedokteran – Setelah kita membahas artikel tentang manfaat biologi di bidang peternakan, kali ini kita akan membahas manfaat biologi di bidang kedokteran. Seperti yang sama-sama kita ketahui biologi adalah ilmu yang sangat luasa dan memiliki banyak sekali cabang cabang biologi yang membahas banyak hal.

Biologi memiliki banyak sekali manfaat di dalam kehidupan sehari-hari manusia di antaranya manfaat dalam pertanian, manfaat dalam peternakan, manfaat pada bidang farmasi, manfaat dalam bidang kedokteran yang akan kita bahas pada artikel ini dan masih banyak lagi manfaat dari mempelajari ilmu biologi.

Di dalam dunia kedokteran ada banyak sekali istilah-istilah yang mungkin anda belum Pernah dengar misalnya vaksin, patogen, virus dan lain sebagainya. Semua istilah tersebut memiliki hubungan yang sangat erat dengan biologi.

Pada awalnya ilmu biologi masih jarang atau kurang orang yang mempelajari ilmu biologi, namun seiring berjalannya waktu ilmu biologi berkembang menjadi ilmu yang cukup populer karena ilmu biologi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal itulah yang menyebabkan ilmu biologi sangat erat kaitannya dengan kedokteran.

Salah satu contoh ilmu biologi berkaitan dengan ilmu biologi adalah seorang dokter yang mampu memperbaiki keretakan tulang pada pasien nya. Nah langsung saja berikut ini manfaat biologi dalam kedokteran.

Manfaat Biologi Dalam Bidang Kedokteran

1. Transplantasi Organ

Pada bidang kedokteran mungkin kamu pernah dengar kata pencakokan, kata pencakokan sering di dengar pada bidang pertanian, misalnya pencakokan tumbuhan. Ternyata pencakokan bukan hanya pada pertanian, pencakokan juga terdapat pada kedokteran yaitu pencakokan organ tubuh manusia. Pengertian transplantasi organ adalah pemindahan alat tubuh atau jaringan dari tubuh individu yang satu ke individu yang lainnya.

2. Bayi Tabung

Bayi tabung adalah penemuan yang sudah sangat lama yang di temukan oleh seorang ahli fisiologi yang bernama Robert Geoffrey Edwards dan Patrick Steptoe. Mereka sukses menemukan Bayi tabung untuk membantu wanita yang tidak subur dan tidak dapat memiliki anak. Bayi tabung adalah proses pertumbuhan sel telur dan sel sperma di luar tubuh seorang wanita, atau lebih tepatnya terdapat pada sebuah tabung pembuahan.

3. Pembuatan Vaksin

Virus merupakan suatu parasit yang sangat menggangu di dalam tubuh makhluk hidup khususnya pada manusia. Namun siapa sangka yang awalnya virus yang menggangu itu dapat di jadikan sebagai obat atau vaksin untuk suatu penyakit. Seiring berkembangnya pemikiran manusia para ahli mampu mengubah virus yang menggangu tadi menjadi vaksin yang dapat mengobati suatu penyakit. Seperti yang kita ketahui kebanyakan virus yang merugikan namun ada juga yang menguntungkan yang di buat vaksin. Berikut ini vaksin yang dapat di gunakan untuk mengatasi penyakit yaitu.

  • Vaksin OVP, Di gunakan untuk pencegahan penyakit polio
  • Vaksin HBV, di gunakan untuk terhindar dari penyakit kuning
  • Vaksin MMR, Di gunakan untuk penyakit cacar air, campak dan gondong
  • Vaksin DPT, di gunakan untuk mencegah penyakit tetanus
  • Vaksin Hepatitis, digunakan untuk mencegah serangan Hepatitis B yang dapat menyebabkan pengurutan hati.

4. Pembuatan Obat

Manfaat Biologi Dalam Bidang Kedokteran yang terakhir adalah pembuatan obat-obatan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Obat di olah dari mikroba yang beberapa mikroba memiliki manfaat. Misal bakteri E-coli yang dapat di manfaatkan sebagai insulin yang bermanfaat untuk penderita diabetes melitus.

Nah itulah peranan biologi dalam bidang kedokteran dan contoh biologi di bidang kedokteran, semoga dengan ada artinya ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah dan menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *