5 Manfaat Biologi Bidang Peternakan

By | 3 November 2019
Manfaat Biologi Bidang peternakan

Manfaat Biologi Bidang peternakan – Biologi atau ilmu biologi tentu memiliki peranan penting di dalam kehidupan sehari-hari manusia, misal dalam bidang peternakan, bidang kedokteran, Bidang farmasi dan lain sebagainya. Nah pada artikel kali ini kita kan membahas apa manfaat ilmu biologi dalam bidang peternakan.

Dalam bidang peternakan ada banyak sekali yang dapat di lakukan oleh biologi misal membuat pupuk kandang atau organik, menemukan penemuan baru dengan ilmu biologi, menghasilkan varietas ayam yang dapat menghasilkan telur yang banyak dan lain sebagainya. Berikut ini Beberapa manfaat Biologi bidang peternakan.

Baca Juga: Pengertian Biologi

Manfaat Biologi Bidang Peternakan

1. Menghasilkan Varietas Yang Unggul

Penelitian ini dilakukan dengan cara hibridisasi atau biasa di sebut dengan penyilangan dan seleksi pada varietas yang telah ada sebelumnya. Dengan melakukan perkawinan atau perkembangan biakan varietas satu dengan varietas lainnya dapat menghasilkan varietas baru. Perkembangan biakan hewan ternak dapat memakan waktu yang cukup lama dan dapat menghasilkan keturunan yang beragam.

2. Mengobati Hewan Ternak

Dengan Ilmu biologi di bidang peternakan dapat membantu dalam menangani berbagai penyakit yang dapat menyerang ternak, misal flu burung, brucellosis, anthrax dan lain sebagainya. Dengan adanya ilmu biologi para dokter hewan dalam menangani berbagai penyakit yang dapat menimpa hewan ternak.

Baca Juga: Pengertian Biosfer

3. Memperbanyak Ternak

Manfaat lain biologi di bidang peternakan adalah memperbanyak hewan ternak melalui ensiminasi buatan. Ensiminasi sendiri adalah sebuah teknik atau metode dalam dunia medis untuk membantu reproduksi dengan cara mengambil sperma dan memasukkan ke dalam rahim dengan menggunakan kateter. Hal tersebut bertujuan untuk dapat membantu sperma melakukan perjalanan menuju ovulasi atau telur yang sudah matang sehingga dapat terjadi pembuahan.

Baca Juga: Alat dan Bahan Laboratorium Biologi

4. Menciptakan Ayam Petelur dan Ayam Pedaging

Mungkin kamu sering mendengar kata ayam petelur dan ayam Pedaging, ayam petelur dan ayam Pedaging dapat di di buat dengan adanya bantuan ilmu biologi. Dengan bantuan biologi kita dapat mendengar ayam Pedaging dan dan ayam petelur seperti yang sering kita temukan di pasaran.

Baca Juga: Manfaat Biologi dibidang Kedokteran

5. Dapat Dihasilkan Obat Untuk Hewan

Manfaat Yang selanjutnya adalah dengan di temukan nya berbagai obat-obatan yang di gunakan untuk menyembuhkan hewan ternak dari penyakit, selain untuk menyembuhkan penyakit hewan dapat digunakan juga untuk penggemuk hewan ternak sehingga daging lebih banyak.

Nah itulah 5 Manfaat biologi bidang peternakan, sebenarnya bukan hanya 5 saja masih banyak lagi manfaat ilmu biologi di bidang peternakan namun penaindo di sini hanya membahas 5 saja, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah anda dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *