Pengertian Biologi, Sejarah, Manfaat dan 30 Cabang Biologi

By | 29 Oktober 2019
pengertian biologi

Pengertian Biologi

Apa itu biologi? Apa yang di maksud dengan biologi? Apa pengertian biologi?. Pengertian Biologi adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup, tentang kehidupan makhluk hidup dan organisme yang hidup yang di antaranya fungsi, struktur, evolusi, pertumbuhan dan perkembangan serta taksonominya.

Pengertian biologi menurut bahasa, biologi berasal dari bahasa yunani yaitu bios yang artinya hidup, dan logos yang artinya ilmu. Sehingga Pengertian Biologi Yang Benar Adalah ilmu yang mengkaji tentang kehidupan di antaranya hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Baca Juga: Pengertian Fotosintesis

Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

Untuk memperkuat pengertian biologi di atas kamu juga dapat melihat pengertian biologi menurut para ahli di bawah ini.

1. Nugroho dan Sumardi

Nugroho dan sumardi berpendapat bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup mulai dari jutaan tahun yang lalu hingga pada saat ini. Dengan begitu biologi merupakan ilmu pengetahuna yang memiliki kajian yang sangatlah luas.

2. R. Firmansyah

Menurt Firmansyah, Pengertian Biologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai semua kehidupan yang terdapat di bumi, mulai dari yang terkecil hingga terbesar.

3. Fiktor Ferdinand P dan Moekti Ariwibowo

Fiktor Ferdinand P dan Moekti Ariwibowo berpendapat bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup serta mempunyai banyak jenis cabang-cabang biologi.

4. J. Juniati

Pengertian biologi menurut juniati adalah studi yang mempelajari makhluk hidup yang terdapat di alam di anatarnya manusia, tumbuhan dan hewan.

5. Bagod Sudjudi dan Laila

Menurut Laila dan Bagod, Biologi adalah Sebuah cabang ilmu sains yang mempelajari tentang makhluk hidup yang di dalam nya terdapat proses dengan kajian ilmuah.

Baca Juga: Alat dan Bahan Laboratorium Biologi

Sejarah Biologi

Sejarah Biologi dan peradaban dunia memberikan gambaran tentang makin pesatnya perkembangan ilmu ini.Petunjuk tentang sejarah perkembangan biologi dapat diperoleh dari situs Assyria dan Babilonia (tahun 3500  SM). Dari sisa-sisa peninggalan sejarah menunjukkan bahwa penduduk Assyria dan Babilonia telah melakukan aktivitas bercocok tanam dan menerapkan ilmu pengobatan. Juga telah mengenal tentang reproduksi tanaman palem dan dapat menjelaskan bahwa pollen berasal dari tanaman jantan yang digunakan untuk menyerbuki tanaman betina. Mereka juga mulai mempelajari anatomi untuk tujuan pengobatan. Bangsa Mesir mulai mempraktikkan biologi dan ilmu pengobatan sejak tahun 2000 SM yaitu kebudayaan dan kebiasaan bangsa ini mengawetkan mayat (mumi) dengan ramuan sejenis balsam yang dibuat dari tumbuhtumbuhan. Bagaimana mungkin mereka dapat melakukannya tanpa pengetahuan yang baik mengenai tumbuhtumbuhan. Bangsa Cina kuno juga telah mengenal berbagai tanaman obat sejak 2800 tahun SM. Selain telah membudidayakan ulat sutra untuk menghasilkan kain sutra, mereka juga telah mengenal berbagai jenis serangga, termasuk perkembangbiakan dan cara-cara memberantas serangga. Sejarah perkembangan Biologi sebagaimana diuraikan di atas memberikan gambaran perjalanan ilmu yang sangat ditopang oleh pengetahuan. Dalam tahap awal, semua ilmuwan mengembangkan ilmu berdasarkan pengamatan. Dan pengamatan yang paling mudah adalah dengan melihat hal yang tampak, maka berkembanglah cabang Biologi yang disebut Morfologi. Selanjutnya makin detail pengamatan berkembanglah Anatomi, Fisiologi sampai pada kajian seluler (Biologi Sel dan Molekular). Pemfokusan (reduksionis) ini sangat penting dalam rangka pengembangan ilmu.

Baca Juga: Manfaat Biologi dalam bidang Kedokteran

Contoh Biologi

Ada beberapa contoh biologi yang kadang kita temukan di kehidupan kita sehari-hari, nah berikut ini penaindo akan merangkum beberapa contoh biologi di dalam kehidupan kita sehari-hari tanpa kita sadari.

1. Fotosintesis

Fotosintesisi merupakan contoh biologi yang ada di kehidupan kita, fohotosintesisi adalah sebuah proses pembuatan makanan yang di lakukan oleh tumbuhan dengan bantuan cahaya mata hari, air dan zat-zat lainnya.

2. Pembuatan Pupuk Kandang

Pembuatan pupuk kandang di dalamnya terdapat penguraian bakteri-bakter yang berperan dalam pembuatan pupuk yang terdapat di dalam kotoran hewan yang nantinya akan bermanfaat pada tumbuhan

Konsep Biologi

Didalam Biologi juga terdapat peta konsesp biologi, berikut ini gambar peta konsesp biologi.

Konsep Biologi

Cabang Biologi

Di dalam mempelajari ada beberapa cabang-cabang biologi yang perlu kamu ketahui, mulai dari genetika, sitologi, histologi, anatomi, morfologi, fisiologi, ekologi, taksonomi dan cabang-cabang biologi lainnya. Nah berikut ini beberapa ulasan tentang cabang-cabang biologi.

1AerologiMempelajari tentang partikel organik yang dapa di angkut oleh udara
2Agroforestrimempelajari tentang bentuk-bentuk pengolahan sumber daya yang menggabungkan kegiatan pengolahan hutan
3AgronomiMempelajari tentang tanaman yang di budi dayakan
4AlgologiMempelajari tentang alga
5AnatomiMempelajari tentang bagian-bagian tubuh
6Anatomi perbandinganMempelajari tentang persamaan dan berbedaan anatomi makhluk hidup
7AndrologiMempelajari tentang macam-macam hormon dan kelainan pada alat reproduksi pria
8Anestesiologimempelajari tentang penggunaan anestesi
9Angiologimempelajari tentang penyakit pada sistem peredaran darah
10Antropologimempelajari tentang hewan antropoda
11Antropologi biologimempelajari tentang penelitian biologi dan budaya mengenai macam-macam keanekaragaman manusia, mulai dari perliku, sejarah, evolusi manusia dan perbandngan anatomi
12apiologimempelajari tentang lebah dan cara membudidayakan lebah
13Archnologimempelajari tentang sendi atau penyakit yang terdapat di dalam sendi
14artrologimempelajari tentang evolusi, distribusi dan masa depan kehidupan yang akan terjadi di masa depan
15astrobiologimempelajari tentang evolusi, distribusi dan masa depan kehidupan yang akan terjadi di masa depan
16BatrakologiMempelajari tentang amphibian
17Bakteriologimempelajari tentang bakteri dan strukturnya
18Biofarmakamempelajari tentang budidaya tomat
19Biofisikamempelajari tentang aplikasi aneka perangkat dan hukum fisika dalam menjelaskan fenomena hayati dan biologi
20biogeneringmempelajari tentang penelitian ilmiah yang menggunakan prinsip-prinsip biologi dan teknik rekayasa untuk dapat menghasilkan produk yang bermanfaat
21Biogiografimempelajari tentaung keanekaragaman hayati yang berdasarkan ruang dan wakt
22bioinformatikamempelajari tentang penerapan teknik komputasional yang di gunakan untuk mengolola dan menganalisis tentang informasi biologis
23Biokimiamempelajari tentang kimia makhluk hidup
24bioklimatologimempelajari tentang pengaruh adanya iklim disuluruh dunia pada seluruh makhluk hidup di dunia
25biologi air tawarmempelajari tentang kehidupan ekosistem habitat air tawar
26Biologi evolusionermempelajari tentang asal usul spesies yang memiliki nenek moyang yang sama
27Biologi interaktifmempelajari tentang organisme secara keseluruhan dengan cara fokus antara muka di antara biologi dan fisika, kimia, pencitraan, teknik dan informatika
28Biologi kelautanmempelajari tentang pelestarian, perlindungan dan restorasi lingkungan alam, vegetasi, ekosiste alami, dan satwa liar
29Biologi konservasiilmu yang mempelajari tentang pelestarian, restorasi lingkungan alam, vegetasi dan ekosistem alami serta satwa liar
30biologi kuantummempelajari tentang kuantum tentang objek biologi dan permasalahannya.

Manfaat Biologi

Baca Juga: Manfaat Biologi di Bidang Peternakan

Biologi memilki beberapa manfaat sebagai berikut

1. Sebagai ilmu murni

Maksud dari ilmu murni, adalah dengan adanya biologi ini dapat di jadikan sebagai bahan pembelajaran dalam pendidikan untuk keperluan pada bidang tertentu. Misalanya biologi seniri menjadi dasar dalam ilmu pertania dalam pembuatan pupuk kadang

2. Pertanaian

Seperti pada bagian satu di jelaskan jika pertanian menjadi dasar dalam ilmu pertanian, itu sudah jelas dengan adanya biologi ini dapat mempermudah pekerjaan dalam masalah pertanian misalnya dalam pengembangan bibit unggul, ilmu hewan dan masih banyak lagi.

3. Proteksi tanaman pertanian

Manfaat lain biologi dalam pertanian adalah menlindungi tanaman dari hama yang dapat membahayakan tanaman itu sendiri, dengan adanya biologi ini dapat menjadi alternatif pengusir hama bagi tumbuhan di bandingkan menggunakan pestisida yang memiliki efek samping yang cukup berbahaya baik bagi tanaman dan manusia.

4. Kesehatan

Dalam ilmu kesehatan sangat memerlukan ilmu biologi, ilmu biologi ini banyak di gunakan dalam dunia kesehatan misalnya anatomi tubuh dan penemuan antibiotik dan vaksin dalam mengatasi berbagai penyakit.

5. Farmasi

Farmasi sendiri berkaitan dengan dunia kesehatan, namun berbeda dengan kesehatan ilmu biologi di gunakan untuk mercik obat-obatan dengan adanya ilmu biologi ini para peracik obat lebih memahami reaksi kimia yang terdapat di dalam obat-obatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *