Pengertian Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli – Apa yang itu pengertian pasar monopoli, apa itu pasar monopoli, Nah di dalam kehidupan sehari-hari tak jarang beberapa orang telah mendengar kata pasar monopoli. Sehingga untuk membahasnya kali ini serasa tidak asing lagi. Penting untuk kita membahas pasar monopoli guna lebih mengetahui jenis pasar dan sistematika pergerakannya.

Baca Juga: Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis

Di dalam bidang keilmuan ekonomi dapat dikatakan bahwa ada yang namanya monopoli apabila semua hasil industri diproduksi dan juga dijual oleh satu perusahaan saja. Oleh karena itu, perusahaan tersebut bisa disebut dengan monopoli atau perusahaan monopoli.

Kalian pasti ada yang penasaran apa yang sebenarnya disebut dengan pasar monopoli itu? Serta bagaimana ciri-ciri dari pasar monopoli itu sendiri disertai dengan contohnya. Kalian tidak perlu bingung karena pada kesempatan kali ini, semua itu akan diulas beserta kelebihan dan juga kekurangannya.

Jadi, untuk mengulas lebih jauh mengenai pasar monopoli, sebelumnya alangkah baiknya jika dipahami secara jelas dan mendalam tentang pengertiannya. Pengertian pasar monopoli Secara etimologis atau secara bahasa, monopoli berasal dari kata mono yang berarti satu. Dan kata polist yang artinya adalah penjual. Kata ini asalnya adalah dari bahasa Yunani.

Pengertian Pasar monopoli adalah salah satu bentuk interaksi antara permintaan serta penawaran yang cirinya hanya ada satu produsen atau produsen tunggal yang menghadapi banyak sekali pembeli/ konsumen. Misalnya, perusahaan Tv kabel lokal yang berada di kawasan kota besar disebut sebagai monopoli.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Manajerial

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Setelah kita telah mengetahui mengenai definisi dari pasar monopoli, selanjutnya akan diulas mengenai ciri-ciri dari pasar monopoli itu sendiri. Suatu pasar tersebut bisa disebut sebagai pasar monopoli jika memenuhi karakteristik berikut ini:

1. Hanya terdapat satu penjual

Kita perlu menggaris bawahi bahwa di dalam sebuah pasar monopoli itu hanya ada satu produsen saja. Sehingga harga akan terbentuk langsung oleh produsen tanpa adanya pengaruh dari para pembeli atau konsumen. Sehingga, fungsi penjual di sini yaitu sebagai penentu untuk harga (Price maker).

2. Banyak pembeli, produk tidak mempunyai substitusi terdekat

Untuk bisa memasuki pasar adalah kekuatan utama dari monopoli, nah ini salah satu penghambat utama. Adanya suatu hambatan yang dipicu oleh suatu hambatan alami ataupun hambatan buatan. Hambatan tersebut bisa menyebabkan kondisi dari persaingan menjadi kurang menghasilkan keuntungan. Sehingga pendatang baru akan menjadi pihak yang dirugikan.Adapun salah satu contoh dari hambatan yang dimaksud tersebut adalah:

Produsen yang mempunyai hak paten untuk barang produksi yang diciptakan (output). Misalnya saja yaitu merk dagang dan adanya hak cipta. Produsen mempunyai sumber daya yang sangat penting dan unik sehingga itu menjadi sebuah modal yang sangat dirahasiakan oleh perusahaan tertentu kepada perusahaan yang lainnya.

Contohnya saja adalah pengetahuan yang lebih mengenai teknik produksi dan lain sebagainya. Adanya skala ekonomi yang akan mungkin sebuah pasar hanya bisa dilayani oleh satu perusahaan saja karena amat besar sehingga menjadi lebih efisien.

Misalnya saja perusahaan di bidang listrik, transportasi, air dan komunikasi. Produsen sangat menguasai di dalam menetapkan suatu kebijakan pembatasan untuk harga. Kebijakan pembatasan harga tersebut mulai dari harga yang tinggi hingga yang amat rendah tujuannya supaya perusahaan yang baru menjadi sulit dan gagal memasuki pasar.

Jenis-Jenis Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli

Pertama yaitu, Pasar Monopoli Murni atau Pure Monopoly yang merupakan sebuah bentuk pasar yang sangat ekstrim seperti PLN, PT Kereta Api dan PAM. Kedua yaitu, Pasar Near Monopoly atau pasar yang mendekati monopoli, merupakan sebuah pasar yang di dalamnya terdiri dari satu orang pengusaha atau single producer. Misalnya saja yaitu penjual rujak di sebuah daerah disebut sebagai monopoli murni untuk kawasan tersebut. Namun, juga akan menjadi near monopoly apabila ia di kawasan yang lain menjajakan rujak yang serupa.

Pasar monopoli kerap kali dianggap sebagai sebuah pasar yang bisa mengeksploitasi para pekerja. Selain itu juga dapat merusak sumber daya yang menyebabkan masyarakat memberikan tanggapan negatif akan hal tersebut dan kehadiran dari perusahaan tersebut.

Baca Juga: Pengertian Pasar Monopoli

Faktor Penyebab Timbulnya Pasar Monopoli

Pasar monopoli juga memiliki faktor yang menjadikannya eksis di dunia ini sehingga tak jarang di setiap sendi kehidupan, di setiap negara, kota, ataupun distrik-distrik tertentu kita dapati pasar monopoli. Nah, Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya monopoli.

1. Mempunyai sumber daya yang unik

Adanya perusahaan monopoli tentu saja tidak bisa dilepaskan dari sumber penting, yakni kepemilikan sumber daya yang istimewa dan unik yang tidak dimiliki oleh perusahaan yang lain. Di dalam kasus-kasus perekonomian, monopoli juga dapat dipicu oleh adanya suatu perusahaan yang menguasai baik itu sebagian besar atau semua bahan mentah yang ada.

2. Perusahaan menikmati skala ekonomis

Skala ekonomis yang ada dalam tingkat maksimum bisa dinikmati oleh perusahaan jika tingkat produksi yang ada di dalam jumlah yang besar. Di saat perusahaan mencapai keadaan biaya produksinya sedang minimum, maka dari itu jumlah produksi hampir sama dengan permintaan yang ada di pasaran.

Sifat perusahaan tersebut bisa menimbulkan menurunnya harga barang apabila produksinya semakin tinggi dan ada pada tingkatan produksi yang tinggi pula. Kemudian harganya dibuat serendah mungkin dari sebelumnya sehingga perusahaan yang baru tidak akan bisa masuk serta bersaing dengan perusahaan yang berkembang dahulu. Inilah yang membuat munculnya pasar monopoli.

2. Pendapatan hak monopoli dari pemerintah

Peraturan yang dibuat oleh pemerintah ternyata juga bisa mewujudkan kekuatan monopoli. Misalnya yaitu tentang peraturan hak cipta dan hak paten. Hak cipta dan juga hak paten yaitu jaminan hukum yang manfaatnya ialah untuk menghindari adanya penjiplakan.

Kelebihan Dan Kelemahan Pasar Monopoli

Pasar monopoli juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini kelebihan dan kelemahan pasar monopoli.

Kelebihan Pasar Monopoli

Seperti yang kita ketahui, sebagaimana bentuk pasar secara umum, pasar monopoli sesungguhnya juga memiliki beberapa kebaikan. Yaitu:

1. Efisiensi serta pertumbuhan ekonomi

Keutamaan yang pertama dari perusahaan monopoli yakni kemampuan untuk mengakumulasi keuntungan yang super normal di dalam jangka panjang. Dampak akan beralih pada riset pengetahuan dan teknologi yang bisa terdanai dengan kemampuan perusahaan tersebut. Adanya peningkatan efisiensi ini bisa meningkatkan output yang lebih tinggi dan itu bisa mendorong tumbuhnya ekonomi yang jauh lebih luas.

2. Menghindari adanya produk imitasi dan persaingan yang merugikan

Perusahaan yang lebih mementingkan keuntungan mereka yang lebih besar dibandingkan dengan perusahan pesaing akan menimbulkan banyaknya perusahaan pesaing dan tentu saja akan muncul pemborosan atau inefisiensi. Sehingga itu akan menurunkan kualitas produknya.

3. Membentuk skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi

Perusahaan monopoli secara umum mereka yaitu para perusahaan besar akan dapat menikmati skala ekonomi yang mampu menurunkan biaya produksi. Hal tersebut bisa dimaklumi lantaran di dalam pasar monopoli perusahaan tidak mesti mengeluarkan biaya penjualan misalnya biaya untuk promosi, iklan yang digunakan oleh pasar-pasar dengan persaingan sempurna.

Kelemahan Pasar Monopoli

Disamping kebaikan yang telah dipaparkan mengenai pasar monopoli, segala elemen hidup ini tak sempurna jika tanpa keburukan. Maka dari itu dibawah ini keburukan dari pasar monopoli:

1. Adanya eksploitasi terhadap pekerja dan konsumen

Eksploitasi dapat terjadi dan timbul dari perusahaan monopoli yang senantiasa melakukan suatu produksi baik itu di dalam kondisi mendapatkan keuntungan atau kerugian pada harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan biaya marginal nya. Jadi, konsumen akan dirugikan dengan harga yang dilayangkan karena berbeda dengan harga produsen. Di lain sisi, gaji pekerja juga akan dibayar dengan harga yang lebih rendah dari harga jual yang diterima oleh perusahaan monopoli.

2. Mengurangi kesejahteraan dari konsumen

Ketika terjadi peningkatan biaya dari monopolis, dampaknya akan terpengaruh kepada konsumen yang membayarkan pembelian produk atas biaya guna produksi komoditas dan itu bisa menurunkan kesejahteraan konsumen.

Adanya ketidakadilan atau kesenjangan di dalam pembagian pendapatan
Kekuatan yang dimiliki oleh monopoli bisa dimanfaatkan untuk mempengaruhi harga yang ada sehingga ia bisa mendapatkan keuntungan yang ada di atas normal baik itu dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang.

3. Adanya penyimpangan dari alokasi sumber daya

Pasar monopoli memiliki kekuatan yang bisa memicu munculnya penyalahgunaan alokasi sumber daya. Perusahaan monopoli dapat membatasi produksi dengan sengaja atau yang tingkat output nya untuk dapat memaksimalkan keuntungan. Dikarenakan hal ini dilakukan dengan cara menetapkan harga yang sangat tinggi saat permintaan barang meningkat namun tidak ditambah dengan persediaan barang sehingga kenaikan harga akan menjadi naik.

4. Situasi perekonomian dunia menjadi memburuk

Perdagangan bebas dapat meningkatkan efisiensi, namun adanya berbagai perusahaan multinasional tersebut, sudah menjadi perusahaan monopoli dengan cara alamiah. Saham yang dimiliki oleh pihak swasta menjadikan perusahaan tersebut mempunyai tujuan untuk memaksimalkan keuntungannya. Apabila hal tersebut terus dibiarkan, maka dapat menggilas perusahaan yang ada di dalam sebuah Negara berkembang.

5. Situasi makroekonomi tingkat nasional menjadi memburuk

Dikarenakan tidak ada persaingan perusahaan yang bisa memicu adanya penurunan kualitas dan juga kuantitas barang produksi, sehingga keseimbangan pasar monopoli berada di bawah keseimbangan dari perekonomian itu sendiri karena tidak seluruhnya terpakai sejalan dengan kapasitas produksi yang menyebabkan adanya pengangguran.

Keadaan tersebut membuat lemahnya daya beli dan itu memaksa perusahaan memproduksi barang dalam jumlah yang sangat sedikit. Akibatnya jika dibiarkan dan terus berlanjut, maka kondisi dan situasi ekonomi keseluruhan bisa menjadi semakin buruk dan itu menyebabkan kemandekan di dalam pertumbuhan ekonomi dan juga inflasi.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pasar monopoli yang bisa dijadikan sebagai bahan pengetahuan Anda dan membuat kita sedikit lebih sadar bahwa pasar monopoli juga dapat merugikan dan menguntungkan bagi orang lain, tinggal bagaimana cara kita menghadapi segala permasalahan yang ada berkaitan dengan pasar monopoli.

demikianlah artikel tentang pengertian pasar monopoli, ciri-ciri, faktor penyebab munculnya pasar monopoli, kelebihan dan kelemahan pasar monopoli. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts