Pengertian Bangsa

Pengertian Bangsa

Pengertian bangsa

Apa itu bangsa? Apa yang dimaksud dengan bangsa? Apa pengertian bangsa? Pengertian bangsa secara umum adalah suatu kelompok manusia yang memiliki identitas yang dianggap nasional dan memiliki kesamaan baik itu dari segi agama, kepercayaan, budaya dan kebiasaan. Pada umumnya bangsa dianggap memiliki asal usul dan nenek moyang yang sama.

Pengertian bangsa secara politis adalah suatu masyarakat yang hidup secara berkelompok pada suatu daerah yang sama dan mereka tunduk pada kedaulatan pemerintahan negara yang merupakan kekuasaan tertinggi. Dengan kata lain bangsa dalam artian politik yaitu diikat oleh suatu politik atau kekuasaan yang dinamakan negara.

Baca Juga: Pengertian Liberalisme

Pengertian Bangsa menurut Para ahli

Untuk memperkuat teori tau pengertian di atas, kamu dapat melihat pengertian bangsa menurut beberapa ahli berikut ini.

1. Ernest Renan

Menurut Ernest Renan bangsa adalah sebuah kelompok manusia yang memiliki perbedaan di dalam sebuah ikatan batin kemudian dipersatukan karena memiliki persamaan dari segi cita-cita, dan sejarah yang sama.

2. Otto Bauer

Bangsa adalah kelompok manusia yang memiliki persamaan mulai dari karakter, persamaan, nasib, dan pengalaman budaya yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tumbuh dan berkembangnya bangsa mereka.

3. Ben Anderson

Ben Anderson, bangsa adalah suatu komunitas politik hidup dalam sebuah wilayah yang batasannya memiliki kejelasan.

4. Hans Kohn

Menurut Hans Kohn, bangsa tercipta karena adanya sebuah persamaan dalam hal ras, agama dan adat istiadat yang menjadikan perbedaan dari bangsa lainnya.

Baca Juga: Pengertian Kolonialisme

Faktor Pembentuk Bangsa

Pembentukan sebuah bangsa pasti didasari oleh suatu faktor, nah berikut ini beberapa faktor yang menjadi pembentuk bangsa.

1. Primordial

Primordia ini dapat dikatakan sebagai ideologi. Primordial adalah pandangan yang dimiliki oleh bangsa yang dibawah sejak kecil baik itu dari segi, adat istiadat, kepercayaan, hingga semua yang berkaitan dengan linkungannya sejak kecil yang dibawah hingga dewasa.

2. Sakral

Sakral adalah suatu sebutan pada benda-benda, acara atau hal-hal lain nya yang dianggap suci atau keramat oleh sebagian masyarakat. Dalam hal ini sakral dapat disamakan dengan kepercayaan atau agama yang dianut oleh masyarakat. Kemudian agama tersebut membentuk menjadi sebuah ideologi.

3. Tokoh

Tokoh adalah suatu individu manusia yang memiliki pengaruh besar di dalam sebuah kelompok masyarakat. Dengan kata lain tokoh merupakan salah satu faktor pembentuk dari sebuah bangsa. Pada umumnya tokoh adalah orang yang dijadikan sebagai panutan dari masyarakat.

4. Sejarah

Sejarah adalah kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Sejarah termasuk faktor pembentuk bangsa karena pengalaman masa lalu untuk membentuk solidaritas akan menumbuhkan sebuah tekad untuk menjaga dan mengejar tujuan.

5. Perkembangan Ekonomi

Perkembangan ekonomi ini berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Ekonomi tidak bisa dilupakan dalam hal faktor pembentuk bangsa, karena setiap orang pasti melakukan kegiatan perekonomian di manapun ia berada.

Baca Juga: Pengertian Imperialisme

Faktor Pembentuk Bangsa Indonesia

Kita telah membahas faktor pembentuk bangsa secara umum, namun harus kita tahun jika kita sendiri memiliki bangsa yaitu bangsa indonesia, sehingga kita harus tahu faktor pembentuk bangsa Indonesia.

  • Persamaan asal keturunan etnis.
  • Persamaan pola kebudayaan.
  • Persamaan tempat tinggal yang disebut dengan khas tanah air.
  • Persamaan sejarah.
  • Persamaan cita-cita.

Pemersatu Bangsa Indonesia

Berikut ini faktor pemersatu bangsa Indonesia.

  • Pancasila.
  • UUD 1945.
  • Bendera kebangsaan merah putih.
  • Lagu kebangsaan Indonesia Raya.
  • Bahasa Indonesia.
  • Satu wilayah Indonesia.
  • Satu pemerintahan Negara.

Unsur-Unsur Bangsa

Seperti yang telah disebutkan dan dijelaskan di atas tentang beberapa faktor pembentuk bangsa. Selain itu bangsa juga memiliki unsur-unsur pembentuk bangsa itu sendiri. Berikut ini unsur unsur pembentuk bangsa.

  • Terdapat kelompok manusia yang hidup pada sebuah wilayah
  • Terdapat keinginan untuk bersatu di dalam sebuah kelompok manusia
  • Kelompok manusia tersebut memiliki keinginan untuk membentuk pemerintahan sendiri
  • Adanya cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai
  • Terdapat kesamaan di dalam kelompok manusia baik itu dari segi budaya, bahasa, dan kepercayaan yang dapat membedakan dari budaya lain.

Demikianlah artikel tentang pengertian bangsa, unsur-unsur pembentuk bangsa, pengertian bangsa menurut para ahli dan faktor pembentuk bangsa. semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan.