Ekonomi Manajerial, Pengertian dan Ruang Lingkupnya.

By | 4 September 2019

Pengertian Ekonomi manajerial

Apa yang di maksud ekonomi manajerial? Apa itu ekonomi manajerial? Dan apa pengertian ekonomi manajerial? Itu adalah pertanyaan yang sering terlintas dipikiran mahasiswa ketika menerima mata kuliah ekonomi manajerial. Pengertian ekonomi manajerial adalah sebuah penerapan teori ekonomi serta seperangkat analisis ilmu keputusan.

Ilmu tersebut membahas bagaimana suatu organisasi/perusahaan atau bisnis mampu mencapai tujuannya melalui dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Secara garis besarnya eknomi manajerial ingin menggabungkan ilmu ekonomi dengan dengan langkah-langkah dalam pengambilan keputusan.

Untuk membahas lebih jauh mengenai ekonomi. Muali dari pengertian, fungsi ekonomi, jenis-jenis ekonomi di bahas dalam artikel pengertian eknomi.

Pengertian Ekonomi Manajerial menurut para ahli

Di bawah ini sebagian pengertian ekonomi manajerial menurut beberapa para ahli dalam midangnya masing-masing.

1. Hirschey (2003)

Pengertian ekonomi manajerial menurut Hirschey adalah Pengaplikasian teori ekonomi dalam metode untuk pengambilan keputusan menajerial serta administratif.

2. Dominic Salavatore (1996)

Definisi pengertian ekonomi manajerial menurut salvatore adalah ilmu atau pengetahuan wawasan yang menunjukan terdapat teori ekonomi serta analisis terhadap tindakan pengambilan keputusan yang berdasarkan teori ekonomi untuk menelaah bagaimana bisnis mampu mencapai tujuan secara efisien.

3. Ket (2000)

Menurut ket pengertian ekonomi manajerial adalah ilmu serta seni mengenai bagaimana cara mengorganisir dan mengalokasikan sumber daya dari perusahaan yang terbatas dalam mencapai tujuan yang tertentu

4. Mc. Connel (1993)

Menurut Connel pengertian ekonomi manajerial adalah suatu alat analisis yang di gunakan oleh manajer dalam mengambil keputusan bisnis. Yang hamper mirip dengan namanya konomi manajerial adalah gabungan dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.

5. Evan J. Douglas (1995)

Ekonomi manajerial adalah suatu bagian ilmu pengetahuan yang yang saling berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip dalam metodologi ekonomi serta dalam proses pengambilan keputusan sebuah perusahaan/organisasi.

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Berikut ini beberapa ruang lingkup ekonomi manajerial yang mengacu pada pengertian ekonomi manajerial di atas.

Baca Juga: Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalisme

1. Teori Ekonomi

Dengan adanya teori ekonomi dapat di gunakan dan di manfaat kan oleh parah manajer dalam proses pengambilan keputusan. Dari teori ekonomi ini sendiri dapat terbagi menjadi dua yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Ekonomi makro membahas bagaimana system pengambilan keputusan yang berdasarkan investasi output, konsumsi, serta agregat ekonomi. Sedangkan ekonomi mikro membahas bagaimana cara pengambilan keputusan mengenai tingkah laku ekonomis misalnya pemiliki sumber daya, konsumen individu serta perdagangan bebas.

2. Pengambilan Keputusan

Berkaitan dengan Ilmu keputusan yang mempergunakan perangkat matematika ekonomi serta juga ekonometrik yang di gunakan untuk membentuk dan menestimasi model yang telah ditujukan untuk perilaku optimal dalam suatu perusahaan.

Matematika ekonomi tersebut di pakai dalam menformulasi model ekonomi yang t dipostulatkan oleh teori ekonomi ekonometrik yang mengimplementasikan peralatan statistik pada setiap perangkat dunia nyata untuk mengestimasi model yang lah t dipostulatkan oleh teori ekonomi sebagai peramalan.

3. Ilmu Keputusan

Ilmu keputusan ini mempergunakan perangkat matematika ekonomi dan juga ekonometrik guna untuk membentuk serta menestimasi model yang ditujukan dalam perilaku optimal suatu perusahaan. Matematika ekonomi tersebut dapat dipakai dalam menformulasikan model ekonomi yang dipostulatkan dalam teori ekonomi ekonometrik yang menerapkan peralatan statistik di perangkat dunia nyata dalam mengestimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi adalah untuk peramalan.

4. Ilmu Administrasi Bisnis

Hubungan antara ekonomi manajerial dan area fungsional ilmu administrasi bisnis menjadi latar belakang dalam pengambilan keputusan. Area fungsi administrasi bisnis ini meliputi: akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen SDM serta produksi.

Nah Jadi ekonomi manajerial ini merupakan pelajaran yang dapat menggabungkan antara teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, hingga juga juga area fungsional ilmu administrasi Bisnis, yang dapat membahas bagaimana hal tersebut saling berinteraksi antara satu dan lainnya pada organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan secara efisien.

Itulah sedikit artikel mengenai materi ekonomi manjaerial mulai pengertian ekonomi manajerial secara umum hingga ruang linkup ekonomi manajerial. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *