Tips Menjadi Pengusaha Muda Sukses Mulai Dari Nol

By | 23 Juni 2019

Tips Menjadi Pengusaha – Sebagian besar orang ingin menjadi seoorang pengusaha sukses, ya… karena menjadi seoorang sukses dapat memperbaiki perekonimian kita, dan menjamin hidup kita dari segi finansial, menjadi seoorang pengusha sukses juga dapat membeskan tekanan-tekanan dari aturan kerja, kare kita bekerja bukan dalam wawasan bos yang ada dikantor, atau di tempat kerja lainnya.

Menjadi seoorang pengusaha kita juga bebas dalam bekerja tampa terikat dengan peraturan-peraturan, bahkan kita sendiri yang menjadi bos dan mengatur para pekerja kita, bisa bebas kemana saja dengan keluarga dengan hasil usaha kita tampa harus terbebani aturan kerja yang selalu membayangi fikiran kita.

Baca Juga: Peluang Bisnis Terbaru Dan Terlaris Di Tahun 2019

Namun untuk menjadi seoorang pengusaha yang sukses, tidak begitu saja langsung sukses, banyak tangtangan-tangan yang harus di lewati dan dihadapi, banyak persiapan-persiapan yang harus di siapkan, serta mental yang harus kuat, karena dalam dunia usaha kita harus siap mengambil resiko. Sesuatu yang besar harus pelu pengorbanan yang besar pula.

Hampir semua para pengusaha yang sukses meliki cerita mengharukan dan derita yang ia hadapi serta jatuh bangun dalam mencapai impiannya. Namun setelah usaha kita berhasil semua cerita menyedihkan dan jatuh bangun dalam merintis usaha akan terbayarkan dengan kesuksesan kita.

Coba liat seluruh orang kaya di dunia ini, mereka adalah para pengusaha, bukan sesoorang prisiden, bukan pegai kantoran, bukan doter dan profesi-profesi lainnya, namum pekerjaan mereka adalah sesoorang pengusaha.bahkan ada slogan seprti ini “jika ingin kaya raya maka jangan jadi seoorang pengawai tapi jadilah seootang pengusaha, (Taskia Tunnafsih)

Baca Juga: Bisnis Terbaru Yang Dapat Kamu Coba Di Tahun 2019

Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Berikut Ini adalah beberapa tips menjadi pengusaha sukses mulai dari nol.

Tips #1 Menentukan produk

Langkah awal untuk menjadi pengusaha / pebisnis sukses adalah menentukan produk atau jamak disebut dengan riset produk. Produk disini tidak selamanya harus berbentuk barang fisik, namun juga bisa berupa barang digital seperti ebook, ecourse atau semacamnya, bahkan bisa juga berbentuk layanan / jasa, misalnya jasa writrer, di internet dan jasa-jasa lainnya baik yang tidak berhubugan dengan dikital.

Untuk menentukan produk yang tepat, tentu kita harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari riset konsumen sampai riset persaingan. Produk yang baik adalah produk yang memiliki jumlah peminat (konsumen) yang besar namun memiliki tingkat persaingan kecil.

Salah satu cara paling mudah untuk melakukan kedua riset tersebut adalah dengan menggunakan tool dari Google. Ya, tool yang saya maksud adalah Google AdWords Keyword Planner, tool online gratis dari Google ini bisa kita gunakan untuk mencari tahu berapa banyak peminat suatu produk. Jadi misal kita mengetikkan produk ‘baju korea’ maka nanti akan muncul jumlah pencarian produk tersebut tiap bulannya.

Baca Juga: 22 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

Tips #2 Mencari Target Pasar

Pengusaha sukses adalah mereka yang bukan hanya pandai memilih produk namun juga pandai menganalisa siapa yang menjadi target pasar. Jadi, disini kita dituntut untuk mengetaui siapa target pasar atas produk yang akan kita jual, karena jika dalam pengapliasiannya salah, maka bisa dipastikan akan sulit untuk memperoleh penjualan.

Target pasar secara garis besar dibedakan menjadi 4 bagian atau lebih dikenal dengan segmentasi yang meliputi :

  • Target produk
  • Target lokasi
  • Target demografi
  • Target psikografi

Untuk mempermudah memahami maksud dari keempat poin target pasar diatas, akan saya berikan contoh, semisal Anda ingin menjual baju korea :

  • Target produk : Remaja belasan tahun
  • Target lokasi : Kota besar di indonesia
  • Target demografi : Anak orang kaya, uang jajan jutaan per bulan
  • Target psikografi : Remaja yang aktif di sosialmedia

Dengan menentukan dan mengetahui target, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan media dan cara promosi produk seperti apa yang akan digunakan. Pastinya akan meningkatkan persentase untuk terjadi penjualan.

Tips #3 Memilih media promosi yang efektif

Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk promosi, seperti media cetak, internet, radio atau tv. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua media tersebut efektif untuk meningkatkan penjualan. Karena kembali lagi pada siapa target Anda, jika target produk Anda adalah anak muda, maka gunakan internet sebagai media promosi, sebaliknya jika target Anda adalah orang tua yang notabenya tidak terlalu paham akan internet, maka gunakan media tv atau radio.

Salah satu cara menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil bisa dengan cara memanfaatkan situs media promosi gratis di internet, seperti media sosial Facebook, Twitter atau Google+, karena dari media sosial itulah kita bisa mendapatkan banyak pelanggan, mengingat masyarakat modern saat ini lebih memilih untuk bersosialisasi melalui media sosial dibanding bertemu langsung di dunia nyata.

Memanfaatkan toko online sebaagi media promosi di internet juga bisa jadi alternatif untuk Anda yang memiliki cukup modal, pasalnya untuk buat 1 toko online membutuhkan biaya antara 100 – 200 ribu (per bulan) dengan rincian :

  • 1 Domain : Rp. 100.000 per tahun
  • 1 Hosting : Rp. 50.000 per bulan

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena kini telah tersedia domain dan hosting gratisan dari penyedia hostinger indonesia seperti IDHostinger, 000Webhost dan masih banyak lagi lainnya. Jadi sekarang kita bisa buat toko online gratis menggunakan layanan dari hostinger tersebut.

Tips #4 Menggunakan strategi promosi kreatif

mengerti bagaimana cara menjalankan strategi berbisnis yang baik dan benar.

Penjelasan mengenai strategi atau metode marketing ini sangat panjang jika saya jelaskan secara rinci, untuk itu disini akan saya jelaskan singkatnya saja, dan mungkin jika ada waktu akan saya sambung di artikel selanjutnya.

Berikut gambaran atau garis besar tentang strategi promosi kreatif untuk mendapatkan banyak pelanggan :

  • Berikan harga murah diawal
  • Diskon untuk pembelian lebih dari satu
  • Sarankan produk lain
  • Jangan lupakan layanan after sales
  • Dapatkan kepercayaan pelanggan

Intinya, diawal penjualan kita harus membina hubungan yang baik dengan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

Tips #5 Membuat pembukuan untuk menghitung margin

Akan jauh lebih baik jika pengusaha / pebisnis memiliki pembukuan yang jelas, karena dari pembukuan tersebut nantinya bisa menghitung untung dan rugi, jadi kita bisa mengetahui berapa keuntungan yang didapat setelah dikurangi dengan modal yang dikeluarkan.

Intinya pembukuan itu penting untuk membantu kita menjadi pengusaha sukses. Pembukuan juga akan membantu kita dalam merencanakan bisnis kita ke depan.

Intinya disni saya ingin mengatakan bahwa, tidak ada batasan usia dalam berbisnis, dengan kata lain jika kita ingin belajar cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa pun juga bisa asalkan kita mau untuk berusaha, sebagai contoh adalah Mark Zukerberg yang sukses berbisnis di usia muda, dan tentunya tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis, contoh nyatanya adalah Harland Sanders yang mendirikan KFC pada usia 65 tahun.

Semoga cara menjadi pengusaha muda sukses yang saya berikan diatas bisa memberikan inspirasi untuk teman-teman semua untuk memulai berbisnis dari sekarang.

Demikianlah artikel mengenai tips menjadi pengusaha sukses pada usia muda dengan modal usaha dan kegigihan menjadi seorang pebisnis muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *