Arti Konsisten

Arti Konsisten

Arti Konsisten

Konsisten merupakan sebuah kata yang sering di gunakan oleh motivator ketika memberikan motivasi kepada audiencenya. Karena kata konsisten erat kaitannya dengan kesuksesan di dalam hidup seseorang. Sehingga kata ini sangat pas untuk di gunakan dalam memberikan motivasi kepada orang-orang yang sedang dalam proses mengejar kesuksesan.

Pengertian konsisten secara bahasa, di ambil dari bahasa Inggris yaitu consistent yang memiliki arti kokoh atau berdiri tegak. Sedangkan arti konsisten dalam kamus besar bahasa Indonesia KBBI adalah tetap tidak berubah-ubah, ajek atau asas sesuai atau selaras.

Artikel Terkait: Arti Sensitif

Merujuk dari arti konsisten menurut bahasa di atas dapat di tarik pengertian konsisten adalah sebuah perilaku di mana seseorang tetap pada pendiriannya, tidak berubah-ubah atau selalu berperilaku atau selalu melakukan hal yang sama, khususnya hal-hal dalam arti positif.

Pada umumnya konsisten selalu dikaitkan dengan hal-hal kebiasaan yang dilakukan seseorang khususnya hal yang baik yang memiliki pengaruh penting dalam kehidupannya. Konsisten sering ditandai akan adanya peraturan dan kedisiplinan di dalam menjalankan kebiasaan yang dilakukan.

Arti Konsisten Menurut Beberapa Ahli

Setelah melihat arti konsisten secara bahasa dan pengertian konsisten secara umum di atas. Kamu juga dapat melihat pengertian konsisten menurut beberapa ahli berikut ini.

1. Reza M. Syarif

Menurut M. Syarif, arti kata konsisten adalah sebuah sikap fokus yang dilakukan seseorang dalam satu bidang, dan tidak akan pindah ke bidang lain sebelum menguasai bidang tersebut.

2. Cambrige Dictionary

Pengertian konsisten menurut Cambrige Dictionary adalah suatu yang tak berubah, atau selalu berbuat akan hal yang sama khususnya dalam hal positif.

Artikel Terkait: Arti Kata Agresif

Ciri-ciri Sikap Konsisten

Sikap konsisten yang dimiliki seseorang dapat dilihat dari kehidupan sehari-harinya. Sikap konsisten juga dapat dinilai dari cara dalam mengambil keputusan. Misalnya orang yang tidak tetap dengan pendiriannya merupakan salah satu ciri orang yang tidak memiliki sikap konsisten, namun hal tersebut tidak selalu menjadi faktor memiliki sikap konsisten. Nah untuk lebih jelasnya berikut ciri-ciri orang yang memiliki sikap konsisten.

1. Tidak mudah dalam mengubah keputusan

Orang yang memiliki sikap konsisten tidak akan mudah mengubah keputusan yang sudah di tetapkan walaupun orang lain berusaha untuk mengubah keputusannya tersebut, namun dia tetap pada keputusan yang sudah diambil dari awal.

2. Berhati-hati dalam Bekerja

Pada umumnya orang yang memiliki sikap konsisten akan selalu berhati-hati dalam melakukan suatu pekerjaan. Biasanya mereka akan lambat berkembang karena mereka sangat hati-hati dalam mengambil keputusan.

3. Pantang Menyerah

Sikap konsisten seseorang lainnya dapat dilihat dalam menghadapi suatu masalah, orang yang memiliki sikap konsisten tidak akan mudah menyerah dalam menghadapi masalah seberat apapun masalah yang dihadapi. Dia akan selalu mencari solusi dari masalah yang dihadapi.

4. Pendirian Yang Teguh

Ketika kamu melihat orang lain yang sangat sulit mengubah pendiriannya, fix dia adalah orang yang memiliki sifat konsisten dalam hidupnya. Dengan cara ini kamu juga dapat menguji untuk mengetahui apakah orang tersebut memiliki sikap konsisten dalam dirinya atau tidak. Ucapannya Dapat dipercaya Orang yang memiliki sikap konsisten juga dapat dilihat dari apa yang diucapkan dan apa yang diperbuat, nah ketika dia berucap maka yang diucapkan juga tidak jauh dari apa yang dilakukan sehari-hari.

Contoh sikap konsisten

Sikap konsisten seseorang dapat terlihat dari sikap kesehariannya. Ada beberapa faktor yang membuktikan jika seseorang memiliki sikap konsisten salah satunya adalah caranya dalam bertindak dan mengambil keputusan. Berikut ini contoh sikap konsisten yang dapat membuktikan seseorang memiliki sikap konsisten.

1. Konsisten Terhadap Keputusan

“Seorang pria melakukan joging setiap hari untuk menurunkan berat badanya, setelah 1 bulan akhirnya berat badanya turun, dia masih tetap melakukan joging setiap hari, untuk menjaga kesehatan dan ketahanan fisiknya”

2. Konsisten Terhadap Ucapannya

“Seorang Calon Kepala desa berjanji kepada masyarakat ingin mengadakan bus sekolah untuk anak-anak jika ia terpilih mejadi kepala desa, setelah dia terpilih menjadi kepala desa dia menepati janjinya untuk mengadakan bus sekolah kepada anak-anak”

Contoh sikap konsisten diatas membuktikan jika keputusan dan perkataan sesuai dengan perbuatan yang dilakukan, sehingga dia termasuk orang yang memiliki sikap konsisten.

Demikianlah Artikel tentang konsisten, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca.

Related Posts