Arti Kata Agresif

By | 14 Desember 2019

Arti Kata Agresif

Apa pengertian agresif (Aggressive), secara umum arti kata agresif adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan oleh makhluk hidup baik itu hewan atau manusia yang sengaja menyakiti atau melukai secara fisik.

Secara umum tindakan agresif sering dikaitkan dengan tindakan kriminal, negatif atau tindakan yang buruk di mata orang-orang yang melihat atau mendengar tindakan tersebut. Ketika seseorang memiliki sifat agresif akan tidak sering diam dan cenderung melakukan sesuatu secara bertindak.

arti kata agresif

Sifat agresif umum dikaitkan kepada anak – anak yang masih dalam perkembangan yang selalu melakukan apa pun yang mereka inginkan termasuk untuk melukai atau menyakiti hati (mengejek) teman-temannya.

Baca Juga: Pengertian Sensitif

Menurut pandangan psikologi agresif sering dipandang sebagai perilaku yang bertujuan untuk menyerang dan menyakiti makhluk lain. Dengan kata lain agresif adalah tindakan yang buruk dan tidak terpuji

Arti Kata Agresif Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami arti kata agresif di atas, terdapat beberapa pendapat tentang pengertian agresif menurut para ahli berikut ini.

1. David G. Myers

Menurut David G. Myers arti agresif adalah sebuah perilaku secara fisik untuk melukai dan menyakiti objek yang menjadi tujuan agresif.

2. Linda L. Davidoff

Pengertian agresif menurut Linda L. Davidoff adalah suatu perbuatan makhluk hidup untuk menyakiti makhluk lainnya baik secara verbal maupun non verbal.

3. Robert Baron

Arti agresif menurut Robert Baron adalah sebuah tingkah laku individu untuk melukai individu lainnya yang tidak menginginkan tindakan tersebut.

4. Wikipedia

Arti Kata agresif menurut Wikipedia adalah bersifat atau bernafsu menyerang dan cenderung (ingin) menyerang sesuatu yang ia pandang sebagai suatu hal atau situasi yang mengecewakan, menghambat atau menghalangi.

Baca Juga: Dampak Negatif Pergaulan Bebas

Ciri-Ciri Seseorang Yang Memiliki Sifat Perilaku Agresif

Menurut Bower & Bower dalam Psychemate tindakan agresif dapat dikenali cara memperhatikan semua tindakan yang dilakukan seseorang dalam keseharian nya. Berikut ini ciri-ciri perilaku agresif.

  • Cenderung lebih mudah mengekspresikan perasaannya, termasuk hal-hal yang dapat menyinggung perasaan orang lain.
  • Orang yang memiliki sifat agresif terkadang sangat mudah melotot, memalingkan pandangan ketika berbicara dengan orang lain.
  • Lebih nyaman membicarakan dirinya sendiri
  • Memiliki nada tinggi ketika berbicara
  • Selalu ingin melakukan penyerangan, mengintimidasi dan menginterogasi tanpa memikirkan perasaan orang lain.
  • Cenderung mengungkapkan keluhannya ke orang lain tanpa dapat mengontrol nya.
  • Cenderung mempertahankan pendapatnya tanpa memikirkan pendapat orang lain.
  • Lebih sering memotong, menyangkal dan menyalahkan perkataan orang lain jika tidak sesuai pendapatnya.

Jenis Perilaku Agresif

Menurut para pakar psikologi terdapat dua jenis agresif yaitu agresif rasa benci dan agresif untuk mencapai tujuan. Nah berikut ini penjelasan kedua agresif tersebut.

1. Agresif Rasa Benci

Agresif rasa benci sering ditandai dengan perilaku seseorang yang memiliki tingkat emosi yang sangat tinggi. Jenis agresif ini cenderung membuat seseorang sulit untuk mengontrol emosinya dan hanya bisa melampiaskan emosinya kepada orang lain.

Seseorang yang memiliki sifat jenis agresif rasa benci akan sering menimbulkan kerugian terhadap orang lain dan tidak peduli jika ia sering menimbulkan kerugian dibandingkan manfaat kepada orang lain.

2. Agresif dalam mencapai tujuan

Jenis agresif ini hampir memiliki kemiripan dengan jenis agresif rasa benci yang ditandai dengan perilaku sering emosi. Namun perbedaannya adalah jenis agresif ini emosinya lebih dapat di kontrol. Agresif ini hanya ditunjukkan ketika dia ingin mencapai tujuannya.

Kesimpulan Arti Kata Agresif

Menurut pengertian agresif di atas, seseorang yang memiliki perilaku agresif akan dipandang tidak baik di tambah lagi jika sifatnya tersebut di lampiaskan kepada orang lain. Tentu mereka akan di benci orang-orang di sekitarnya.

Pada intinya sikap agresif adalah perilaku yang negatif dan harus di hindari dan di kendalikan. Sehingga kita dapat di senangi oleh orang -orang sekitar. Semoga kita tidak termasuk orang – orang yang memiliki sikap ini.

Nah itulah artikel tentang arti kata agresif, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kepada kita semua. Sehingga kita tahu jika sifat agresif tidak baik dan patut untuk di hindari. Sekian dan terima kasih.

Sumber Referensi

  • https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/arti-agresif.html
  • https://jagad.id/pengertian-agresif/
  • https://id.wiktionary.org/wiki/agresif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *