Cara Kerja Bluetooth

Bluetooth yaitu teknologi komunikasi wireless atau nirkabel yang dapat beroperasi pada frekuensi antara 2.402 GHz sampai 2.480 GHz dengan menggunakan sebuah freuquency hopping transceiver. Fitur yang terdapat pada smartphone, tablet dan laptop yang digunakan untuk sharing file antar satu dan yang lainnya tanpa menggunakan media kabel.

Cara Kerja Bluetooth

Adapun cara kerja bluetooth agar berjalan dengan baik kita dapat membutuhkan beberapa komponen sebagai berikut:

Baca Juga: Pengertian bluetooth: Fungsi, Teknologi, Kelebihan dan Kekurangan Bluetooth

1. Radio Transciever

Dimana berfungsi sebagai pengirim serta penerima sinyal dalam wujud gelombang radio

2. Baseband Link Controller

Dimana berfungsi sebagai penghubung antara radio hardware dan baseband processing dan layer protokol fisik

3. Link Manager

Dimana berfungsi sebagai autentifikator dan konfigurator pada perangkat bluetooth yang dapat terhubung.

4. Voice Codec

Secara umum cara kerja bluetooth yaitu dengan mengirim dan menerima gelombang radio yang terdapat pada suatu band dengan jumlah 79 frekuensi yang berbeda antara 2.402 GHz hingga 2.480 GHz.

5. Flash

Peralatan Elektronik dapat berkoneksi dengan peralatan lainnya

  • Komponen Kabel
  • Kabel Listrik
  • Kabel Ethernet
  • WiFi
  • Sinyal Infra Merah

Sistem terdiri dari sebuah radio transceiver, baseband link Management dan Control, Baseband (processor core, SRAM , AURT, PCM USB Interface), flash dan voice codec. Baseband link controller menghubungkan perangkat keras radio (hardware) didalam baseband processing layer protokol fisik.

Jadi secara garis besar, bluetooth dapat bekerja dengan cara mengirim dan menerima gelombang radio pada suatu band dengan 79 saluran (frekuensi) yang berbeda antara 2.402 GHz sampai 2480 GHz.

Kemudian daya pemancar sinyal bluetooth cukup kecil, jadi perangkat lain tidak akan terganggu kinerjanya, secara teoritis bluetooth dapat lebih aman dibanding jaringan nirkabel lain seperti Wifi.

Dimana perangkat bluetooth otomatis dapat mendeteksi dan saling terhubung satu dengan lainnya hingga mencapai delapan perangkat dalam waktu bersamaan.

Jadi ketika dua perangkat dapat saling terhubung mereka akan memilih saluran secara acak dan menggantinya dengan saluran yang secara terus menerus.

Demikian Cara Kerja Bluetooth, semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum

Related Posts