Pengertian WIFI: Fungsi, Manfaat dan Cara kerja

Apa itu Wifi? Wifi adalah  teknologi yang dapat memanfaatkan peralatan elektronik dalam sebuahpertukaran data melalui nirkabel dengan menggunakan gelombang radio melalui sebuah jaringan komputer termasuk koneksi internet yang berkecepatan tinggi. Adapun beberapa peralatan diantaranya adalah tablet, komputer, smartphone yang dikoneksikan ke jaringan komputer internet melalui wifi.

Frekuensi wifi atas dasar Electrical and Electronics Engineers atau IEEE terbagi atas 4:

  • 802.11b 11 Mb/s 2.4 GHz B
  • 802.11g 54 Mb/s 2.4 GHz B,G
  • 802.11a 54 Mb/s 5 GHz A
  • 802.11n 100 Mb/s 2.4 GHz B, G, N

Manfaat Wifi

Adapun beberapa manfaat dari Wifi sebagai berikut:

1. Dapat menghubungkan dengan Internet

Wifi dapat saling berbagi internet dengan lebih mudah dan bisa terkoneksi dengan internet yang hanya melalui perangkat wifi yang disediakan pada perangkat.

2. Berbagi Data Antar Perangkat

Wifi dapat dimanfaatkan dalam hal lain, sehingga kabel data tak lagi dibutuhkan dan menyebabkan peekrjaan lebih praktis dan efisien.

3. Kecepatan Internet Lebih Pesat

Akses internet untuk kecepatannya lebih terjamin Salah satunya indikasinya dalam melakukan streaming video tanpa putus-putus, pengunduhan dokumen yang lebih cepat, akses yang tidak membutuhkan loading.

4. Mencetak pada Printer

Baca Juga: Jenis – Jneis Routing Lengkap

Dengan memakai jaringan Wifi kita bisa mencetak data dengan lebih mudah dari laptop ke printer yang sudah mempunyai jaringan wifi. Sehingga tidak perlu susah lagi untuk menancapkan USB dari printer hanya untuk sekedar mencetak dokumen.

5. Hemat Biaya

Wifi dapat menghemat biaya karena tidak perlu banyak membeli kabel. Hal itulah dimanfaatkan oleh beberapa perusahan serta orang-orang yang lebih memiliki untuk membangun wifi.

Fungsi Wifi

Adapun fungsi dari beberapa Wifi sebagai berikut:

1. Berbagi Folder dan File

Dalam memakai jaringan wifi, perangkat yang terhubung dapat dengan mudah saling bertukar data dan juga file yang secara aman.

2. Menghubungkan Handphone ke PC

Handphone sekarang masih canggih dan sudah mendukung Wifi, dengan tambahan aplikasi tertentu maka handphone dapat terhubung ke PC atau Laptop tanpa menggunakan USB cukup dengan Wifi saja.

3. Kecepatan yang baik

Dalam melakukan kecepatan dengan menggunakan Wifi lebih baik menggunakan jaringan seluler saat mengakses Internet. Banyak pengguna smartphone yang menggunakan Wifi dalam mengakses streaming video. Dan mendwonload file karena disetiap akses yang cepat dan mudah.

Cara Kerja Wifi

Cara kerja wifi yang pertama dengan memakai gelombang radio. Dengan menggunakan berbagi data yang dikirim atau diminta melalui pengguna sampai dengan menggunakan gelombang radio. Jadi setiap data atau dokumen yang sudah dikirim lewat gelombang radio dapat diterjemahkan, jadi sebuah komputer harus memiliki adapter wireless supaya bisa terkoneksi dengan wifi. Gelombang radio hanya berbentuk sinyal yang nantinya dapat dikirim didalam router sebagai decoder atau sebagai penerjemah kode.

Kemudian dapat diterjemahkan data yang akan dikirim ke jaringan memakai koneksi ethernet. Jaringan wifi bekerja dua arah disetiap masing-masing data yang diterima lewat dalam waktu bersamaan melalui router dan kemudian dapat dijadikan kode dalam setiap paket data.

Setelah itu data yang dikirim kembali ke dalam bentuk sinyal radio yang sudah diterima adaptor di komputer nirkabel.

Related Posts