Pengertian Extranet

By | 15 Februari 2020

Pengertian Extranet

Pengertian Extranet

Apa itu Extranet? Apa Pengertian Extranet? Apa yang dimaksud dengan Pengertian Extranet? Pengertian Extranet adalah sebuah jaringan pribadi penggunanya menggunakan protocol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi beberapa informasi bisnis secara aman kepada penyalur(supplier), penjual(vendor), mitra (partner), pelanggan serta lain-lain.

Extranet dapat di katakan sebagai sebuah jaringan internet yang terdapat di dalam perusahaan dan kemudian diperluas agar pengguna yang berada di luar perusahaan dapat menggunakannya. Dengan Extranet ini, perusahaan dapat bertukar data yang volumenya besar dengan menggunakan bantuan Electronic Data Interchage (EDI).

Baca Juga: Pengertian Online

Extranet ini juga dapat dikatakan sebagai sebuah organisasi yang menggunakan jaringan Internet kemudian memperluas nya agar orang-orang di luar organisasi dapat tetap terhubung dengan perusahaan atau organisasi.

Fungsi Extranet

Merujuk pada pengertian Extranet dapat disimpulkan jika Fungsi Extranet adalah untuk mempermudah proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi. Extranet ini digunakan perusahaan sebagai alat yang mempermudah proses pertukaran data dengan orang di luar perusahaan dengan jumlah yang besar.

Kelemahan dan Kelebihan Extranet

Dibalik fungsi nya yang sangat bermanfaat, jelas Extranet ini memiliki kelemahan serta kelebihan tersendiri. Namun dibalik kelemahannya tersebut dapat ditutupi dengan kelebihan yang dari Extranet itu sendiri. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Extranet.

1. Kelebihan

Berikut ini kelebihan Extranet yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi.

  • Mempermudah proses bisnis
  • Mengurangi penggunaan kertas
  • Dapat melihat berkas proyek sebelumnya yang digunakan untuk melakukan perbandingan
  • Mempermudah dan mempercepat proses informasi
  • Mengurangi biaya transfortasi, administrasi dan komunikasi
  • Memunkinkan untuk mengakses draft sebagian dokumentasi serta dapat presentasi multimedia yang berguna untuk komentar dan persetujuan klien.

2. Kelemahan

  • Berikut ini kekurangan atau kelemahan dari Extranet.
  • Biaya operasional yang lumayan mahal
  • Untuk membuat Extranet, terlebih dahulu harus menjalin kontrak untuk beberapa waktu agar dapat merencanakan, mengembangkan, melakukan review dan menerapkannya
  • Melakukan pemeliharaan secara teratur

Komponen Extranet

Extranet memiliki komponen yang sangat penting yang harus terdapat di dalam Extranet untuk membantu Extranet berjalan dengan baik. Komponen apa sajakah itu? Berikut ini beberapa komponen penting yang harus ada di dalam Extranet

1. Protokol TCP/IP

Protokol TCP/IP merupakan komponen pertama di dalam Protokol TCP/IP. Protokol TCP/IP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol / Internet Protocol. TCP/ITP ini pada umum nya selalu disatukan, karena fungsinya yang saling terhubung dan bergandengan dengan satu sama lain di dalam komunikasi data.

Pengertian TCP/IP adalah seperangkat software yang tersedia di dalam jaringan satu komputer yang terdapat di dalam satu sistem. Untuk membantu dua komputer saling tersambung dan dapat melakukan transfer data dalam satu kelompok jaringan.

2. E-mail

Komponen yang kedua adalah email. Pengertian E-mail adalah singkatan dari elektronik main yang artinya surat dengan format digital. Email ini digunakan perusahaan untuk melakukan pertukaran data denga cepat dan aman. Perlu kamu ketahui Email banyak sekali digunakan oleh masyarakat karena email sangat mudah digunakan.

3. Web-Browser

Ketika berurusan dengan internet tentu membutuhkan web-browser. Pengertian browser adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi, mengambil dan menyajikan konten yang terdapat diberbagai sumber yang terdapat di dalam internet. Ada banyak sekali jenis browser salah satunya adalah Google Chrome.

4. Eksternal Mitra Bisnis

seperti yang telah kita jelaskan di atas yaitu Extranet digunakan sebagai penghubung dengan mitra bisnis yang berada di luar organisasi atau perusahaan. Sehingga untuk menjalankan extranet ini dibutuhkan mitra bisnis yang terdapat di luar perusahaan atau organisasi untuk melakukan kerja sama.

5. Tele-commuting

Komponen yang terakhir adalah Tele-commuting. Pengertian Tele-commuting adalah sebuah perjanjian kerja di mana karyawan dapat memesan tempat. Mengirim email dan mengecek status.

Demikianlah artikel tentang pengertian extranet, fungsi extranet, kompnen extranet , kelebihan dan kelemahan extranet. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan tentang teknologi kepada pembaca,