Cara Menjadi Youtuber

By | 13 Agustus 2019

Cara Menjadi Youtuber – Sering kali kita menggunakan youtube untuk menonton sebuah tayangan edukasi, hiburan, entertainment dan sebagainya. Namun ada kalanya pengguna smartphone menginginkan dirinya menjadi seorang youtuber.

Beberapa kalangan artis sekarang sudah terjun ke dunia youtube. Mungkin anda masih mendapatkan kesempatan itu. Tetapi ada beberapa kendala yang menjadikan momok terbesar para youtuber.

Apa itu? Belum bisa meraih target audiens yang tepat. Anda harus menargetkan kepada siapa konten video anda di tonton. nantinya pelanggan saluran anda akan menjadi semakin bertambah.

Baca Juga: Aplikasi Edit Vidio Untuk Keperluan Youtuber

Cara Menjadi Youtube Pemula

Masih banyak youtuber pemula yang menginginkan kanal youtubenya dapat menghasilkan uang. Adapula yang bermodal hp namun sudah sukses meraup keuntungan dalam dunia youtube.

Beberapa tips dibawah ini akan memberikan anda sebuah peluang dalam menarik subscriber. Namun sebelumnya anda harus memilih kategori apa yang ingin anda buat konten.

Umumnya kategori tersebut adalah youtuber gaming, masak, tutorial, tips & trik, edukasi dan lain sebagainya. Berikut tips menjadi seorang youtuber terkenal.

1. Menargetkan Penonton

Penonton anda siapa? Penonton anda orang yang gemar apa?. Anda harus bisa memprediksi sekaligus memperhitungkan itu semua.

Agar penonton anda tertarik dengan karya yang anda unggah di kanal youtube.

Anda harus membuat jiwa emosi penonton membludak, jika anda sudah bisa mempengaruhi emosi penonton maka pelanggan akan berdatanggan setiap bulannya.

Namun dengan kata lain anda mengunggah konten yang positif, jangan menyebarkan hoax. Tetapi sekarang banyak yang menyebarkan hoax tapi mendapatkan untung lebih cepat.

Jika anda benar dalam menargetkan audiens maka nggak usah diragukan lagi dengan pelanggan akan menonton dan berlangganan atau tidak.

2. Membuat Konten Menarik

Seperti di instagram, kontan menarik di youtube pun sama. Anda harus menyajikan setidaknya dapat membuat penonton takjub dengan konten buatan anda.

Anda sebagai content creator youtube, harus mempunyai ide – ide cemerlang dalam membuat sebuah video.

Jika konten menarik, maka secara otomatis anda sudah dapat menambah subscriber youtube. Audiens akan memberikan support atas konten menarik anda dengan cara subsrcibe channel youtube.

3. Jangan Lupa Optimasi Judul

Judul dalam setiap konten itu dapat mengundah klik dari calon subscriber anda. Jika judul saja sudah menarik, pasti penonton akan mengeklik kontan tersebut untuk di tonton.

Dengan kata lain di dalam videonya harus relevan dengan judul ya, jangan sampai tidak relevan karena dapat mengundang orang malas menonton akhirnya menutup video anda yang belum habis di lihat.

5. Optimasi Thumbnail

Optimasi thumbnial ini dapat membuat orang tertarik juga. Sama seperti optimasi judul pada tips diatas. Anda harus membuat thumbnail yang dapat memikat seseorang untuk menonton.

Pembuatan gambar pada tiap unggahan video bisa anda buat di aplikasi manapun. Tapi lebih enak menggunakan photoshop ketika di pc dan menggunakan pixellab ketika di smartphone.

6. Balas Komentar

Setiap video yang berhasil anda unggah, pasti ada salah satu yang diberikan komentar oleh pengunjung. Anda harus menjawab komentar tersebut agar video anda semakin meningkat dalam posisinya.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di video – video orang lain juga apabila video anda ingin dikomentari.

7. Kolaborasi dengan Teman Youtuber

Kolaborasi ini sering dilakukan oleh youtuber sukses. Jadi anda dapat meniru seperti apa yang mereka lakukan.

Untuk meningkatkan viewer dan subscriber anda, anda dapat melakukan kolaborasi terhadap kanal youtube teman anda yang lebih banyak mempunyai viewer dan subscriber.

Nanti pelanggan dari kanal youtube teman akan melihat ke kanal youtube anda. Dan memastikan bahwa kanal youtube anda juga menarik untuk dijadikan langganan.

8. Menerima Feedback

Nah tips terakhir untuk menjadi seorang youtuber terkenal adalah anda harus berlapang dada dalam menerima tanggapan, kritikan sekaligus pujian dari orang lain.

Jika feedback itu buruk, mungkin anda perlu membenahi kualitas konten video anda. Jika feedback itu baik maka juga tetap tingkatkan kualitas video menjadi semakin baik lagi.

Jadi itulah cara menjadi youtuber buat pemula. Beberapa tips diatas perlu dimiliki oleh para perintis youtube. Jika anda sudah mampu dalam menerapkan tips diatas maka dikemudian hari kanal youtube anda akan dibanjiri dengan pelanggan – pelanggan baru. Terima kasih dan semoga ulasan diatas memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *