Pengertian Software: Fungsi, Jenis-Jenis dan ContohNya

Software adalah nama lain dari prangkat lunak. Dari nama prangkat lunak ini menjadikanya sifatnya berbeda yaitu software atau prangkat lunak dan hardware atau preangkat keras.pengertian software menurut sifatnya adalah sebuah sebuah bagian komputer yang tidak dapat di lihat dengan bentuk fisik. Sedangkan hardware adalah bagian komputer yang dapat di lihat denga bentuk fisik.

Apa Pengertian Software? Pengertian software adalah sekumpulan data-data elekronik yang di simpan dan atur oleh komputer, software yang di simpan dapat berupa perintah atau program yang menjalankan sebuah komputer. dengan begitu komputer melalui software dapat menerima dan menjalankan sebuah perintah.

Software ini sangat penting bagi komputer karena software sangat berperang penting dalam pengoprasian sebuah komputer. karena software bertindak sebagai jembatan penghubung antara pengguna komputer denga hardware sehingga komputer dapat melakukan perintah tertentu. Maka dari itu apa bila software tidak ada maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak dapat digunakan.

Baca Juga:

Pengertian Software Menurut Para ahli

Ada banyak sekali pendapat mengenai pengertian software bahkan para ahli juga ikut mengeluarkan pendapat namun pendapat mereka tidak sama tapi memiliki makna yang sama. berikut pendapat para ahli mengenai pengertian para ahli.

1. Wiwit Siswoutomo

Menurut Wiwit Siswoutomo pengertian software adalah software bertindak sebagai nyawa dari hardware atau prangkat keras. Karena jika tidak ada software maka komputer hanya sebuah perangkat keras yang mati dan tidak dapat di gunakan atau di jalanka.

2. Roger S. Pressman

Menurut Roger S. Pressman pengertian perangkat lunak adaalah sebuah perintah program yang ada dalam sebuah komputer yang apa bila di oprasikan oleh penggunanya berdasarkan fungsinya dan komputer akan bertindak sesuai dengan perintah penggunanya. Dengan artian prangkat lunak memberikan perintah kepada komputer agar bisa berfugnsi dengan optimal sesuai di inginkan oleh penggunanya.

3. Melwin Syafrizal Daulay

Menurut Melwin Syafrizal Daulay pengertian software adalah sebuah prangkat yang berfungsi sebagai setiap aktivitas kerja kemputer serta seluruh perintah yang mengarah pada system komputer dan menjadi penghubung antar komputer dan pengguna komputer.

4. Imam Prayogo Pujiono

Menurut Imam Prayogo Pujiono pengertian prangkat lunak adalah sebuah prangkat lunak yang berda di dalam komputer yang telah di atur sedemikan rupa yang apa bila di jalankan akan memberikan sebuah perintah ke pada komputer dalam rangka menyelesaikan sebuah perintah yang di berikan oleh pengguna komputer.

5. Wilman dan Riyan

pada untuk menjalankan berbagai perintah perangkata keras yang bersifat maya (tidak terliha.) sesui yang di inginkan penggunanya.

6. Fauziah

Menurut Fauziah pengertian prangkat lunak adalah suatu program yang berfungsi mengimput data, mengecek data, memperoleh data, memanipulasi data dan dan memperoleh data dari hasil data tersebut. Yang di lakukan oleh perangkat hardware.

Baca Juga: Pengertain Komputer

Fungsi Software Secara Umum

Sesui dengan pengertian software yang berkaitan dengan fungsi software. Secara umum fungsi software perangkat lunak adalah sebuah program menerima perintah dari pengguna komputer dan menerskan perintah untuk di jalankan oleh komputer. adapun fungsi secara umum dari software sebagai berikut.

  • Menyediakan fungsi dasar dari komputer sehingga dapat di oprasikan, maksudnya adalah ketersediaan system pendukung dan system oprasi.
  • Mengatur seluruh hardware atau perangkat keras yang terdapat pada komputer agar software teratur dan sempurna.
  • Menjadi jembatan untuk menghubungkan beberapa software perangkat lunak denga hardware yang terdapat pada pada komputer.
  • Fungsi selanjutnya adalah penerjemah pada suatu perintah software kedalam bahasa mesin agar dapat di pahami oleh hardware.
  • Software juga berfungsi untuk mengidentifikasi program yang terdapat dalam sebuah komputer.

Jenis-Jenis Software Pada Komputer

Seiring dengan berkembangnya teknologi jenis-jenis perangkat lunak akan terus bertamabh. Terbukti dengan bertambahnya software-software yang telah di ciptakan oleh manusia. Baik itu software berlisensi maupun yang berbayar. Nah berikut ini beberapa software yang ada pada komputer.

1. Freeware

Freeware adalah sebuah software yang bersifat gratis yang dapat di gunakan tanpa batasan waktu yang telah di tentukan. Pada dasarnya freeware di sumbangkan atau di berikan kepada sebuah komunitas. Namun perangkat lunak freeware juga memiliki hak cipta dan pengontrol dalam pengembangan aplikasi yang selanjutnya.

2. Shareware

Shareware adalah sebuah prangkat lunak yang ujico banyak di berikan secara Cuma-Cuma namun fitur yang di berikan juga terbatas misalnya ketersediaan, fungsi dan kenyamanan tidak bisa di rasakan secara maksimal. Pemberian secara gratis berguna untuk memperkenalkan kepada pengguna sebagai strategi dati proses marketing dalam pengembangan prangkat lunak itu sendiri.

3. Firmware

Firmware adalah sebuah software atau prangkat lunak yang terletap dalam Rom (Read Only Memory). Firmware ini tidak dapat di berubah walaupun sudah di alirkan tenaga listrik. Penyimpanan juga tidak dapat di ubah namun dapat dimodifikasi yang sesuai dengan romnya sendiri.

4. Commercial software

Commercial software adalah perangkat lunak yang digunakan untuk bertujuan sebagai komersil dan dapat di beli dari si pengembang software. Tapi pembelian ini dengan syarat tidak boleh di sebar luaskan kepada siapa pun secara gratis tanpa izin pembuatnya. Contoh Commercial software adalah Photoshop,corel draw dan lain – lain karena software ini sudah di lindungi hak cipta.

5. Free software

Free software adalah sebuah prangkat lunak yang disebarkan secara gratis dan dapat di modifikasi yang bertujuan untuk penggunaan selanjutnya. Semua orang yang menggunakan prangkat lunak Free software dapat mengambil keuntungan dari software ini. Dan di sebarluaskan oleh semua orang secara gratis.

6. Open source software

Open source software adalah sebuah perangkat lunak yang kode sumbernya dapat di ubah dan di sebarluaskan. Karena software ini bersifat terbuka. Sehingga pengembang prangkat lunak ini yang dilakukan oleh suatu komunitas.

7. Malware

Malware adalah sebuah perangkat lunak yang di ciptakan untuk merusak system pada komputer atau jejaring komputer tanpa izin oleh pemiliknya. Dengan kata lain prangkat lunak ini adalah sebuah virus yang di sebarkan ke system Komputer dan dapat merusak komputer. contoh malware adalah kuda troya, cacing komputer, prangkat lain, rootkit serta prangkat lunak jenis lainnya.

Contoh Software

  • Google chrome
  • Mozila firefox
  • Microsoft office word (
  • Microsoft office powerpoint
  • Microsoft excell
  • Format factory
  • VCL media player
  • AIMP3
  • Faststone capture
  • Recyle bin
  • Coreldraw
  • Photoshop
  • Opera mini
  • Java
  • Ccleaner

Demikianlah Artikel mengenai pengertian software, jenis-jenis software, contoh software dan fungsi software secara umum. semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan bagi pembaca.