Pengertian Sosiologi, Fungsi dan Manfaat Sosiologi

By | 21 September 2019

Pengertian Sosiologi – Apa itu sosiologi? Apa yang di maksud sosiologi? Apa pengertian sosiologi?. Kalimat tersebut merupakan kalimat yang sering di ucapkan ketika pertama kali mendengar kata sosiologi. Nah kali ini kita akan membahas mengenai materi sosiologi mulai dari definisi sosiologi, objek sosiologi, sifat dasar sosiologi, dan cirri-ciri sosiologi.

Ketika mendengar kata sosiologi mungkin yang terlintas di pikiran kamu adalah intraksi antar satu individu atau lebih dengan individu lainnya namun bukan hanya itu. Sosiologi juga memiliki pengertian yang sangat luas dan mulai dari pengertian secara umum hingga pengertian menurut para hali dan kita akan Membahas Keduanya Pada Artikel Ini.

Baca Juga: Pengertian Filsafat

Pengertian Sosiologi Secara Umum

Pengertian sosiologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mengenai manusia sebagai mahluk social yang sering berintraksi dengan manusia lain yang terjadi di dalam lingkunagan masyarakat.

Definisi lain mengenai pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku, sifat dan perkembangan di dalam masyarakat. Jadi pada intinya adalah sosiologi mempelajari tentang perilaku social antara individu dengan individu lainya, kelompok dengan kelompok lainnya dan individu dengan klompok.

Sedangkan secara bahasa kata sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu socius yang memiliki arti kawan sedangkan logo memiliki arti ilmu jadi pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia sebagai mahluk sosial.

Baca Juga: Proses Sosial Adalah

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian sosiologi menurt para ahli, nah untuk memperjelas dan memperkuat definisi sosiologi di atas kita juga dapat melihat definisi sosiologi menurut beberapa para ahli berikut ini.

1. Auguste Comte

pengertian sosiologi menurut auguste comte adalah suatu pembelajaran yang positif mengenai hukum-hukum yang menadasar dari berbagai gejala sosial yang dibedakan menjadi sosiologi statis dan sosiologi dinamis.

2. Pitirim Sorokin

Yang pertama Pitirim Sorokin, menurut Pitirim Sorokin definsi sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan dan pengaruh antara timbal balik dengan beragam gejala sosial.

3. Roucek dan Warren

Sedangkan menurut Roucek dan Warren pengertian sosiologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana hubungan antara manusia dengan kelompok-kelompok yang lain.

4. Allan Jhonson

Menurut Allan Jhonson pengertian sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana kehidupan dan perilaku manusia.

5. Mayor Polak

Pengertian sosiologi menurut Mayor Polak suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai bagaimana masyarakat secara keseluruhan. Yakni mulai dari hubungan antara manusia individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok.

6. Paul B Horton

Paul B Horton berpendapat tentang sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang banyak atau lebih menjurus pada pembahasan kehidupan kelompok serta juga pada produk kehidupan manusia dari kelompok itu sendiri.

Baca Juga: Dampak Pergaulan Bebas

Fungsi-Fungsi Yang Terdapat Di Dalam Sosiologi

selanjutnya kita akan membahas apa saja fungsi-fungsi yang terdapat di dalam sosiologi, nah untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa fungsi-fungsi yang terdapat di dalam sosiologi serta penjelasanya masing-masing.

1. Fungsi Perencanaan Sosial

apa itu perencanaan sosial? perencanaan sosial adalah sebuah usaha untuk suatu masa depan untuk mempersiapkan masa depan yang cerah di dalam masyarakat. Usaha ini perencanaan sosial ini merupakan salah satu usaha seseorang untuk mengatasi atau menetralkan risiko-risiko yang tidak di inginkan yang akan terjadi di dalam masyarakat.

2. Fungsi Penelitian

fungsi sosiologi selanjutnya adalah penelitian, fungsi sosiologi ini tujuanya adalah untuk memberikan suatu gambaran yang akan terjadi di dalam kehidupan masyarakat. Selain itu penelitian ini juga membahas hal-hal yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat misalnya adalah gejala-gejala yang akan terjadi didalam masyarakat.

Baca Juga: Tujuan muktamar

3. Fungsi Pembangunan

Fungsi sosologi selanjutnya adalah pembangunan, pembangunan tersebut dapat memberikan data-data atau informasi untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembangunan yang di lakukan di dalam lingkungan masyarakat. Untuk lebih tepatnya perencanaan merupakan faktor yang cukup penting dalam pembangunan masyarakat.

4. Pemecahan Masalah Yang Terdapat Di Dalam Lingkungan Masyarakat

Di dalam lingkungan sosial terdapat banyak dan beragam masalah, di mana masalah tersebut berbeda-beda maka dari itu fungsi sosial ini adalah untuk memecahkan masalah-masalah yang terdapat di dalam lingkungan masyarakat. Masalah-masalah yang muncul di dalam lingkungan masyarkat tentu berkaitan dengan lembaga-lembaga yang terdapat di dalam masyarakat.

Baca Juga: Pengertian Administrasi

Manfaat Sosiologi

Manfaat sosiologi adalah sebuah nilai (value) yang didapatkan dari sebuah hasil kontribusi sosiologi yang merupakan ilmu pengetahuan bagi siapa yang mempelajarinya serta bagi masyarakat pada umumnya. Nah Setiap ilmu pengetahuan tentu sangat perlu di dalamnya mengandung nilai guna. Dimana Nilai guna tersebut dapat dipahami sebagai manfaat yang di terima sebagai ilmu pengetahuan dan diamalkan oleh mereka pembelajarnya. Nah berikut ini manfaat sosiologi serta contoh dan penjelasanya.

1. Memahami keragaman budaya masyarakat

Di dalam lingkungan masyarakat tentun memiliki beragam budaya, di dalam kajian sosiologi budaya merupakan salah satu objek pembahasanya. Setiap masyarakat memiliki budayanya masing-masing ada yang masih tradisional dan ada pula yang sudah modern. Ketika membahas sosiologi tidak luput dari pembahasan beragam budaya. Ilmu tentang keragaman budaya ini dapat di gunakan untuk menumbuhkan sikap toleransi antara masyarakat yang memiliki budaya yang berbeda.

2. Menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi

Manfaat sosiologi lainnya adalah Menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi, dalam mempelajari sosiologi tentu akan mempelajari bagaimana cara menumbuhkan sifat-sifat kehidupan bersosial di dalam lingkungan masyarakat. Di dalam kehidupan bermasyarakat kehidupan sosial seseorang tentu berbeda-beda dari perbedaan tersebut ada banyak aspek. Nah di dalam mempelajari ilmu sosiologi kita akan di ajarkan bagai mana memakai pakaian orang lain maksudnya adalah bagaimana kita di ajarkan untuk merasakan apa yang di rasakan orang lain.

3. Meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis

Di dalam sosiologi kita di ajarkan untuk menyaring apa saja yang kita terima termasuk informasi-informasi yang kita dapatkan dengan melakukan penyelidikan terlebih dahulu. Kenyataan yang terjadi di sekitar kita atau lingkungan masyarakat tidak akan terjadi begitu saja, ada banyak sekali faktor-faktor penyebab terjadinya.

4. Mendorong terciptanya integrasi sosial

manfaat sosiologi yang terkahir adalah Mendorong terciptanya integrasi sosial, seperti yang di jelaskan di atas manfaat sosiologi yaitu memahami keragaman budaya di dalam mempelajari sosiologi juga kita di ajarkan untuk berintegrasi secara sosial di dalam keragaman budaya. Pengetahuan tentang keragaman budaya dapat menjadi acuan untuk kita agar dapat hidup berdampingan dengan bertoleransi dengan beragam perbedaan.

Baca Juga: Jasa Buat Tugas Kuliah

Demikianlah artikel mengenai materi sosiologi mulai dari definisi atau pengertian sosiologi, manfaat sosiologi hingga fungsi-gungsi yang terdapat di dalam sosiologi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *