Cara Memotong Lidah Buaya

Cara Memotong Lidah Buaya ~ Lidah buaya ketika dalam keadaan sehat maka tanaman lidah buaya akan tumbuh dengan subur. Ketika tanaman lidah buaya tumbuh dengan subur, makan tanaman akan memunculkan bunga, memunculkan daun baru hingga tanaman baru yang dapat memperbanyak anakan lidah buaya. Sehingga tanaman lidah buaya membutuhkan perawatan yang cukup.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya Yang Baik dan Benar

Salah satu bagian perawatan bagi tanaman lidah buaya adalah adanya proses pemangkasan. Daun yang terkena penyakit membutuhkan pemotongan karena dapat menyebarkan penyakit ke daun yang lain. Dalam proses pemotongan dibutuhkan kehati-hatian karena dapat merusak daun yang lainnya.

Nah pada artikel ini kita akan membahas cara memotong atau memangkas bagian yang rusak pada lidah buaya. Dengan memotong bagian yang rusak pada lidah buaya dapat menambah kesehatan dan kesuburan pada tanaman nantinya. Berikut ini cara memotong lidah buaya.

Apa Yang Dipotong Pada Tanaman Lidah Baya?

Bagian lidah buaya yang dapat merusak bagian lainnya antara lain:

  • Daun Luar, bagian daun luar yang di potong adalah bagian yan keluar dari pot, jadi pastikan tidak ada yang lewat dari pot
  • Daun mati, usahakan memotong daun mati atau daun yang rusak agar tidak mengganggu daun yang lainnya
  • Daun kering
  • Daun yang berubah menjadi berwarna coklat
  • Bunga yang telah selesai mekar
  • Anakan lidah buaya

Alat Yang Digunakan Untuk Memotong Lidah Buaya

Ada beberapa alat yang digunakan untuk memotong tanaman lidah buaya, namun syaratnya adalah harus sudah benar-benar bersih dan tajam.

  • Gunting
  • Pisau

Cara Memotong Lidah Buaya Yang Baik dan Benar

Berikut ini cara memotong daun lidah buaya.

1. Menyiapkan Pisau Atau Gunting

Gunting atau pisau yang anda siapkan harus benar-benar tajam. Dan jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu, agar pisau atau gunting benar-benar steril. Karena jika kotor akan menyebabkan tanaman terkena penyakit.

2. Potong Bagian Daun Yang Rusak

Potong daun yang rusak terlebih dahulu menggunakan pisau atau gunting yang sudah disterilkan, anda dapat mencari di antar daun lidah buaya yang baik. Lakukan pemotongan daun dengan hati-hati agar tidak merusak daun yang sehat. Penyebabnya adalah kurangnya pencahayaan, kelebihan air, kekurangan air dan penyakit lainnya.

3. Potong Daun Yang Lewat dari Pot

Potong daun lidah buaya yang keluar dari pot, potong dengan hati-hati agar tidak merusak daun yang ada di dalam. Potong pada pangkal daun dan simpan dalam kulkas. Daun yang keluar merupakan daun yang tertua sehingga mengandung banyak gel anda dapat langsung memanfaatkan daun tersebut.

Baca Juga: Cara Memperbanyak Lidah Buaya Dengan Dua Cara

4. Potong Batang Dan Bunga

Potong batang yang sudah tua, anda dapat menggunakan gunting atau pisau yang bersih. Bungan dan batang setelah mekar dan mati tetap akan mengambil nutrisi yang harusnya untuk daun lidah buaya yang lainnya. Sehingga batang dan bunga ini harus di potong. Bungan pada lidah buya jika terjatuh di dalam pot dapat mengotori pot dan menyerap air.

Nah itulah bagian-bagian yang harus dipotong pada lidah buaya dan cara memotong lidah buaya, agar tanaman lidah buaya sehat dan tumbuh dengan subur. Silahkan dicobat, semoga bermanfaat.

Referensi

  • aloeplant.info/trim-an-aloe-plant/
  • id.wikihow.com/Memangkas-Tanaman-Lidah-Buaya
  • Gambar: id.wikihow.com

Related Posts