Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dan Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android atau blooatware merupakan bukan perkara yang mudah untuk di lakukan. Khususnya bagi mereka yang tidak terlalu mengenal  atau awam  dalam hal teknologi.

Kenapa aplikasi bawaan android di hapus? aplikasi bawaan android dihapus walaupun tidak mengalami eror tujuan nya adalah untuk mengosongkan atau mengurangi pemakaian penyimpanan pada android. Karena aplikasi bawaan juga dapat menggunakan penyimpanan pada memori internal smartphone kamu.

Sedangkah ketika memori internal full akan banyak masalah pada android kamu. Salah satunya adalah android atau smartphone kamu akan lemot. Itulah salah satu alasan kenapa di sarankan untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak di perlukan pada android. Nah gimana cara menghapus aplikasi bawaan pada smartphone? berikut caranya.

Baca Juga: Cara mematikan update otomatis pada aplikasi google play store

Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan CClearner

Dalam menghapus aplikasi bawaan pada android kamu memerlukan aplikasi pihak ketiga. Kamu dapat menggunakan aplikasi yang bernama CCleaner Yang dapat kamu download pada playstore. Silahkan ikuti cara menghapus aplikasi bawaan pada android lewat aplikasi CCleaner berikut ini.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android
  1. Setelah kamu mendownload aplikasi CCleaner silahkan kamu buka aplikasinya.
  2. Setelah aplikasi CCleaner terbuka silahkan kamu klik pada icon garis tiga pada pojok kiri atas di layar hp android kamu.
  3. Pilih App manager kemudian klik sistem. Kemudian klik pada aplikasi bawaan.
  4. Setelah kamu benar-benar yakin ingin menghapus aplikasi bawaan langkah terakhir adalah klik uninstall untuk menghapus aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus.

Dalam menghapus aplikasi bawaan kamu harus hati-hati dalam mengahpus aplikasi. Karena apabila kamu menghapus aplikasi yang salah akan dapat memberikan berbagai masalah atau eror pada hp android kamu.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Android Secara Manual

Selain dapat menghapus aplikasi bawaan pada android kamu juga dapat menonaktifkan aplikasi bawaan untuk mengurangi penyimpanan pada smartphone kamu. Bagaimana cara Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Android? Berikut ini caranya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android
  • Pertama masuk ke pengaturan/setelan android kamu
  • Setelah itu pilih aplikasi
  • Setelah masuk ke semua daftar aplikasi pada android kamu silahkan kamu cari dan pilih aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan
  • Setelah masuk ke info aplikasi kamu tinggal cari dan klik nonaktifkan
  • Selesai. Dengan begitu aplikasi yang kamu telah kamu nonaktifkan akan otomatis terhapus dari daftar aplikasi kamu.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan PC Secara Permanen Tanpa Root

Cara ini membutuhkan sebuah Komputer/PC dengan bantuan ADB atau android debug bridge yang berfungsi untuk men debug ponsel android tools ini juga dapat digunakan untuk menghapus installan paket aplikasi secara permanen. Berikut ini cara menghapus android secara permanen menggunakan Laptop/pc.

  1. Pertama Install ADB (Android Debug Bridge), kamu bisa mendownload file aplikasi ini melalui link ini
  2. Install aplikasi ADB seperti menginstall aplikasi pada umum nya
  3. Sebelum menghubungkan android dengan pc kamu harus mengaktifkan developer mode di android kamu untuk mengizinkan pc mengakses smartphone kamu. Bagaimana mengaktifkan developer mode? Caranya adalah masuk pengaturan/setting – about phone/tentang ponsel – klik Build Number/Nomor Versi secara berulang hingga keterangan opsi developer mode aktif
  4. Setelah opsi developer mode aktif kamu dapat masuk ke developer mode dan mengaktifkan USB debugging.
  5. Langkah selanjutnya adalah menginstall software debloater seperti menginstall aplikasi biasanya di PC (Download Debloater) untuk menghapus bloatware
  6. Hubungakan Smartphone dengan PC menggunakan kabel USB/TIPE C
  7. Berikutnya buka aplikasi debloater tampilannya hampir mirip dengan CMD, perhatikan di sudut kiri bawah dan pastikan terdapat tulisan Device Connected dan Sync untuk memastikan jika android benar-benar sudah terhubung ke PC
  8. Untuk menghapus aplikasi kamu bisa klik Read Device Packages (tepat di bawah Status Activity) nantinya akan muncul daftar aplikasi yang terinstall di android kamu.
  9. Kamu tinggal memilih apk yang akan kamu hapus dan klik APPLY.
  10. Selesai

dengan cara di atas kamu dapat menghapus aplikasi android yang tidak bisa dihapus (bloodware), semoga dengan cara tersebut dapat word/berhasil di smartphone kamu.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Root Explorer

Cara menghapus aplikasi bawaan menggunakan aplikasi root explorer yang aman, cara ini mebutuhkan akses root pada android. Setiap ponsel memiliki cara root yang berbeda-beda untuk cara yang lebih jelasnya silahkan cari di google atau youtube. Okeh jika android kamu sudah root silahkan melangkah ke langkah selanjutnya.

  1. Download Aplikasi Root Explorer di playstore
  2. Setelah berhasil, buka instalan root explorer dan masuk pada menu Root > System > App
  3. Selanjutnya pilih aplikasi yang kamu ingin hapus dengan memberikan tanda centang, kemudian kilik icon sampah untuk menghapus aplikasi
  4. Selesai

Bagaimana mudah kan, cara ini dapat berfungsi di hampir semua merek android seperti samsung,vivo, oppo, xiaomi dan lain sebagainya, cara uninstall dan menonaktifkan aplikasi bawaan pada Hp Android . demikianlah artikel tentang cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root. Selamat Mencobaa!! Semoga bermanfaat

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *