Flip chart adalah

Assalamu’alaikum pada kali ini kita akan membahas tentang flip chart atau biasa disebut dengan bagan balik yang merupakan kumpulan ringkasan, skema, gambar, tabel yang dibuka secara berurutan berdasarkan topik yang materinya tentang pembelajaran. Untuk lebih lanjutnya mari kita simak penjelasannya.

Apa Itu Flip Chart ?

Flip Chart adalah sebuah lembaran kertas yang berisi pesan atau bahan yang tersusun rapi dan baik. Serta sangat praktis dan menghemat ruang yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar atau dengan kegiatan kegiatan lainnya.

Baca Juga : CIri – ciri Paper

Kelebihan menggunakan Flip Chart

  1.  Dapat digunakan dalam metode pembelajaran inovatif apapun
  2. Dapat lebih praktis
  3. Dapat menjadikan pembelajaran dialam terbuka yang jauh dari aliran listrik.
  4. Dapat dibawah kemana mana saja bergantung tempat presentasi
  5. Dapat menghemat media pengajaran
  6. Agar siswa tidak bosan sehingga siswa lebih berimajinasi dalam mengembangkan ide – idenya
  7. Dapat mempermudah mengingat suatu materi pelajaran yang telah diajarkan
  8. Dapat lebih felksibilitas, pengajar/pembaca dapat memutuskan kapan harus menulis
  9. Biaya nya yang murah

Kelemahan Menggunakan Flip Chart

  1. Sukar dibaca karena keterbatasan yang berupa tulisan
  2. Kertas flip chart hanya digunakan sekali saja
  3. Peserta yang kadang banyak kadang sedikit

Pesan Penyajian dalam flip chart yaitu :

  1. Diagram
  2. Gambar
  3. Huruf
  4. Angka

Bagaimana cara menggunakan flip chart dengan lebih efektif sebagai alat presentasi ?

Berikut tips sederhana yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan filip chart yaitu :

1. Persiapan jumlah kertas untuk kebutuhan presentasi Anda

Maksudnya disini pastikan dulu bahwa jumlah kertas yang cukup untuk menggambarkan pesan yang Anda sampaikan. Jangan sampai ditengah presentasi yang dilakukan itu kehabisan kertas. Jadi lakukan persiapan demi kelancaran presentasi. Pahami apa apa saja yang akan ditulis dan digambar pada saat Anda melakukan presentasi

2. Mempersiapkan sebagian atau keseluruhan tulisan sebelum presentasi dilakukan

Maksudnya disini Anda mempersiapkan semua atau sebagian konten, diagram, gambar atau grafik sebelum melakukan presentasi. Jadi ketika Anda melakukan presentasi tinggal membalik kertas dan menjelaskan apa yang sudah tertera di flip chart untuk bisa disampaikan.

3. Gunakan pensil sebagai penanda

Maksudnya disini jika Anda takut lupa dengan apa yang akan dituliskan di Flip chart karena materi yang Anda sampaikan cukup banyak jadi Anda bisa menggunakan pensil sebagai penanda. Mencatat konten yang akan Anda tampilkan menggunakan pensil tipis dibagian pojok kanan atau kiri di Flip chart .

4. Tetap gunakan warna kontras dalam menulis atau menggambar yang akan Anda tulis

Maksudnya disini dalam memastikan apa yang Anda tulis bisa dilihat dengan baik oleh semua orang, tetap berpengang pada warna kontras yang baik, misal hitam, merah dan biru. Pastikan Anda menjaga konsisten warna supaya dampak yang dihasilkan lebih menarik atau menjadi lebih baik

5. Pastikan tulisan Anda baik dan bisa terbaca oleh audiens

Maksudnya disini jangan sampai Anda menuliskan kata yang tidak bisa terbaca oleh audiens. Mungkin Anda bisa beralasan tulisan saya sudah bisa dibaca ? ya itu benar pertanyaan bagi Anda yang sebagai penulis.

6. Jangan menulis sambil berbicara

Maksudnya disini ada satu kecenderungan dalam menulis sambil berbicara. Hal ini biasanya tidak disadari. Untuk itu sadari agar kecenderungan ini tidak terjadi. Jika Anda menulis sambil berbicara maka Anda akan kehilangan kontak dengan audiens, padahal dalam presentasi menjaga kontak dengan audiens merupakan hal yang penting.

7. Hindari berdiri didepan Flip chart

Maksudnya disini pastikan setelah menulis Anda tidak berdiri didepan Flip chart. Posisi yang paling baik saat Anda menyampaikan presentasi yaitu berada disamping Flip chart.

8. Jangan menggunakan Flip chart untuk menuliskan kalimat yang panjang

Maksudnya disini layaknya presentasi powerpoint penggunaan Flip chart  juga harus mengedepankan poin poin utama bukan kalimat yang panjang . Supaya audiens fokus pada kata – kata atau frase singkat untuk tiap pesan yang Anda tampilkan pada Flip chart.

9. Bawalah alat tulis (spidol) cadangan

Maksudnya disini tentu sautu hal yang tidak menyenangkan jika ditengah – tengah presentasi ala tulis yang digunakan tidak berfungsi atau kehabisan. Untuk itu Anda harus menyiapkan alat tulis cadangan untuk memastikan bahwa presentasi Anda lancar tidak terganggu.

10. Belajarlah untuk membalik kertas dengan baik

Maksudnya disini mesikpun ini sepele, tapi perlu juga diperhatikan. Jika kita tidak bisa menggunakan Flip chart bisa jadi kita akan mengalami sedikit kesulitan. Untuk itu lakukan latihan kertas, supaya Anda lebih terbiasa saat akan membalik kertas.

Itulah penjelasan dari pengertian Flip chart, kelebihan dan kekurangan, pesan penyajian dan bagaimana cara menggunakan Flip chart . Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis , Wassalmu’alaikum

Related Posts