Ciri-Ciri Paper: Pengertian, Format dan Ketentuan Paper

Ciri-Ciri Paper ~ Berbicara tentang paper. Mungkin kamu bertanya tentang apa itu paper? Apa pengertian paper? Namun untun pembahasan lengkap tentang paper anda dapa membaca pada artikel dalam website ini yang berjudul Pengertian PAPER: Struktur, Jenis, dan Langkah2 Pembuatannya.

Disana sudah di jelaskan pembahasan tentang paper. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri paper, ketentuan format paper, ciri paper yang baik dan benar dan contoh kata pengantar paper. Namun sebelum itu kita harus mengetahui apa itu paper?

Apa pengertian paper? Paper merupakan karya tulis non research article atau bukan penelitian, namun paper dapat dikatakan sebagai hasil ringkasan dari penelitian yang telah di lakukan. Paper di tulis berdasarkan data, argumen serta menggunakan data yang valid.

Ciri-ciri Paper

Berbicara tentang ciri-ciri paper. Sebenarnya ciri-ciri paper ini hampir sama dengan makalah namun bedanya paper dengan makalah terletak pada sistematika nya dan cara pembahasan ya saja. Jadi ciri-ciri paper terdapat juga pada ciri-ciri makalah. Nah Jadi apa ciri-ciri paper? Ciri-ciri paper adalah:

1. Logis

Ciri paper yang pertam adalah logis, Pembahasan paper harus bersifat logis atau dapat diterima oleh akan sehat manusia. Di dalam isi paper harus sesuai dengan pandangan, uraian hingga keterangannya yang terdapat di dalam paper dapat dikaji dan dibuktikan. Sehingga pembahasan di dalam paper sudah pernah di bahas di dalam karya tulis lainnya.

2. Objektif

Ciri-ciri paper yang kedua adalah bersifat objektif. Objektif maksudnya adalah paper di tulis berdasarkan fakta dan data yang tersedia. Seperti yang telah di jelaskan di atas paper dituliskan dari penelitian sebelumnya sehingga dalam membuat paper penulis memasukkan isi dari penelitian sesuai dengan data dan fakta yang terdapat di dalam penelitian.

3. Sistematis

Ciri-ciri paper yang selanjutnya adalah bersifat sistematis. Sistematis disini dapat di artikan berurutan. Sehingga dalam penulisan dan penyampaian paper harus berurutan, berkesinambungan, tuntut dan jelas. Sehingga dengan cara ini dapat memudahkan pembaca dalam memahami alur dan skema pembahasan di dalam paper.

4. Jelas

Jelas di dalam paper yang di maksud adalah memiliki keterangan sumber referensi dari penulisan paper. Sumber berupa pendapat para ahli atau sumber rujukan yang dapat diambil dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, website dan sumber lainnya. Sumber-sumber yang telah di dapat kan akan di tuliskan di dalam daftar pustaka dan di letakkan pada halaman terakhir.

Baca Juga: Pengertian daftar pustaka dan cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar

5. Kebenarannya Dapat Diuji

Seperti yang di jelaskan pada paragraf awal, paper merupakan ringkasan dari hasil pembuatan penelitian sehingga paper dapat diuji kebenarannya. Jadi sepantasnya kebenaran isi di dalam paper dapat diuji kebenaran nya, jika isi pembahasan peper tidak dapat diuji, bisa di pastikan paper tersebut diragukan keaslian nya atau dapa di katakan sebagai paper yang buruk. Hal ini juga termasuk salah satu bentuk yang objektif.

Paper Yang Baik Dan Benar

Paper Yang Baik Dan Benar

Hampir setiap mahasiswa pernah menerima tugas paper dari dosen, sehingga ditekankan untuk membuat paper yang baik dan benar. Namun sebagian peper dibuat asal-asalan karena tidak mengetahui bagaimana ciri paper yang baik dan benar. Berikut ini adalah ciri paper yang baik dan benar:

1. Tema Paper Yang Menarik

Pada umumnya sebelum membaca atau mengecek isi paper hal yang pertama di lihat adalah tema dari paper. Sehingga sebelum membuat paper hal yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema, dalam menentukan tema sebaiknya mencari tema yang menarik yang disukai oleh dosen atau orang lain.

2. Terdapat Pendahuluan Paper

Seperti karya ilmiah pada umumnya, paper juga memiliki pendahuluan. Pendahuluan paper berisi garis besar atau sebagian pembahasan inti yang terdapat di dalam paper. Isi dari pendahuluan paper adalah misal latar belakan pengambilan tema, rumusan masalah, dan tujuan pembuatan atau pemilihan tema paper.

3. Terdapat Rumusan Masalah

Dalam membuat paper hal yang tidak boleh di lupakan adalah rumusan masalah, karena pada intinya dalam membuat paper adalah untuk menuliskan hasil pembahasan dalam proses pemecahan atau mencari solusi dari permasalahan yang telah di tentukan. Rumusan masalah nantinya juga digunakan untuk menyimpulkan hasil dari pembahasan paper.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Jurnal dan Peper yang perlu kamu ketahui

4. Paper Sesuai dengan Keinginan kamu

Sebenarnya bagian paper ini sudah harus kamu tentukan sebelum ingin membuat paper, sehingga kamu harus memiliki gambaran sendiri tentang paper yang kamu ingin buat apakah paper tersebut dapat berupa penelitian lapangan atau library riset. Jadi sebaiknya kamu membuat paper sesuai keinginan kamu agar karena dapat mempengaruhi isi dari pembahasan paper.

5. Format Paper

Pada umumnya format paper yang sering digunakan adalah sebagai adalah diketik, memiliki spasi 1,5, memiliki nomor halaman, font yang digunakan times new roman dan terdapat daftar pustaka.

6. Susunan Paper Yang Lengkap

Berikut ini susunan peper yang lengkap adalah sebagai berikut:

  1. Judul
  2. Bab 1 pendahuluan
  3. Bab 2 Kajian teori dan landasan teori
  4. Bab 3 Pembahasan
  5. Penutup (kesimpulan dan saran)
  6. Daftar Pustaka

7. Periksa Kembali Paper

Sebelum mengumpulkan paper sebaiknya kamu memeriksa kembali paper agar dapat mengurangi kesalahan di dalam paper. Kesalahan-kesalahan yang biasanya terjadi dalam paper adalah typo atau kesalahan tulisan sebuah kata, salah dalam susunan dan lain sebagiannya.

Baca Juga: Ciri Ciri Proposal Yang Baik Dan Benar

Ketentuan Format Penulisan Paper

Pada umumnya tugas paper yang di berikan memiliki ketentuan yang selalu sama. Apa saja ketentuan dalamap penulisan paper? Berikut ini ketentuan penulisan paper adalah:

  1. Paper di tulis dengan cara di ketik
  2. Memiliki Spasi 1,5
  3. Jenis Font Times New Roman
  4. Margin 4433
  5. Memiliki Nomor Halaman

Kata Pengantar Paper

Di dalam susuan paper terdapat juga kata pengantar paper sebelum daftar isi paper. Berikut ini contoh kata pengantar paper yang dapat kamu jadikan sebagai rujukan.

Kata Pengantar

Puji Syukur Kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha ESA, Atas berkat rahmat-Nya dan anugerah nya pembuatan paper dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dan tidak lupa juga kamu ucapkan kepada pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan paper ini.

Paper ini disusun dari berbagai pengetahuan yang telah di dapatkan dari berbagai sumber, dengan harapan paper ini dapat di terima dan mudah di pahami oleh pembaca tentang (tema paper yang kamu bahas).

Dan kamu menyadari jika penulisan paper ini masih jauh dari kata sempurna, oleh Karna itu kami juga meminta kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca, agar ke depannya kami dapat membuat paper yang lebih baik lagi.

Kota, Bulan, Tahun

Penulis

Related Posts