Pengertian sastra
Pengertian sastra

Fungsi Sastra

Apa itu sastra? Satra merupakan kata yang serapan yang bersumber dari bahasa sansekerta yang artinya teks yang berisi tentang intruksi, pedoman dan tuntunan. Adapun kata dasar sastra yang berasal sas yang artinya intruksi atau ajaran.

Fungsi Sastra

Adapun fungsi sastra dalam kehidupan manusia sebagai berikut:

Baca juga: Pengertian Sastra Secara Lengkap

1. Fungsi Rekreatif

Fungsi sastra yaitu sebuah kreatif yang harus dapat memberikan hiburan ataupun media yang menghibur kepada para pembacanya.

2. Fungsi Didaktif

Fungsi sastra yaitu harus dapat memberikan pengetahuan dan juga wawasan kepada pembacanya mengenai seluk beluk yang ada pada kehidupan manusia.

3. Fungsi Moralitas

Fungsi sastra yaitu sebagai media yang memberitahukan ataupun menggambarkan berbagai hal yang dapat mencerminkan moral yang baik dan buruk.

4. Fungsi Religius

Fungsi sastra yaitu sebuah karya yang mengandung berbagai macam ajaran agama yang dapat dicontoh dan diteladani oleh setiap pembacanya.

5. Fungsi Estetis

Fungsi sastra yaitu yang mampu menunjukkan ataupun menghadirkan keindahan melalui dunia seni untuk setiap pembacanya.

Manfaat Sastra

Baca juga: Pengertian Sastra Menurut Para Ahli

Adapun manfaat sastra sebagai berikut:

  • Karya sastra secara lebih membawa pembaca terhibur melalui berbagai kisahan yang disajikan pengarang mengenai kehidupan yang ditampilkan. Adapun untuk memperoleh pengalaman batin dari berbagai tafsiran terhadap kisah yang telah disajikan.
  • Karya sastra dapat memperkaya jiwa pada pembaca melalui pengalaman hidup para tokoh dalam karyanya.
  • Karya sastra dapat memperkaya pengetahuan intelektual pembaca mulai dari gagasan, pemikiran, cita-cita serta kehidupan masyarakat yang digambarkan dalam karyanya.
  • Karya sastra dapat dijadikan sebagai bahan dalam perbandingan pembaca yang berbeda dengan pembaca lainnya. Sehingga beberapa pembaca dapat lebih menikmati buku yang sama dan menjadi memperoleh pengalaman puitik yang lebih berbeda.

Batasan Sastra

Adapun batasan sastra sebagai berikut:

  • Unsur isinya berupa pikiran, perasaaan, pengalaman, ide-ide dan kepercayaan dll.
  • Unsur ekspresi atau ungkapannya lebih mengeluarkan sesuatu dari dalam diri manusia.
  • Unsur bentuk yaitu sebuah wujud pengekspresian terhadap unsur isi, contoh dalam bentuk bahasa, gerak, warna, suara dll.
  • Unsur bahasa yaitu sebuah ciri khas yang dapat mengungkapkan bentuk dalam sastra yang berperan sebagai bahan utama dalam mewujudkan ungkapan pribadi dalam suatu bentuk yang lebih indah.

Ruang Lingkup Sastra

Ruang lingkup sastra yaitu sebuah penciptaan yang berada pada ruang lingkup studi sastra yang berupa ilmu dengan sebagai objek. Sastra lebih berfokus pada ilmu, dimana dapat bertanggung jawab pada studi sastra logika ilmiah. Adapun ruang lingkup sastra yaitu  puisi, drama, novel dan cerpen.

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *