investasi reksa dana pasar uang

Tips Siapkan Dana Darurat Anda dengan Investasi Reksadana Pasar Uang

Penaindo – Anda tidak pernah tahu kapan akan mengalami kesulitan dalam hal ekonomi, di saat inilah dana darurat bisa menjadi solusi. Mobil kecelakaan dan perlu masuk ke bengkel, anggota keluarga tiba-tiba sakit dan harus berobat, serta kondisi kondisi darurat lain yang mungkin saja terjadi dan bisa berpengaruh pada kondisi finansial Anda. Salah satu cara untuk mempersiapkan dana ini adalah dengan investasi Reksadana Pasar Uang yang tergolong cukup aman.

Mengapa? Investasi yang tergolong jangka pendek ini bisa membantu Anda mengumpulkan dana dengan lebih cepat. Selain itu risiko yang dimiliki paling rendah dan Anda bisa mencairkannya kapan saja. Simak bagaimana Anda bisa memanfaatkan investasi ini demi mengumpulkan dana darurat.

Tips Memanfaatkan Reksadana Pasar Uang untuk Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat memberikan begitu banyak manfaat untuk kehidupan seseorang, seperti demi mencegah bertambahnya hutang. Demi memperoleh dana darurat yang cukup Anda bisa menempuh berbagai cara seperti dengan mencari penghasilan tambahan. Di zaman modern ini investasi bisa menjadi penghasilan yang menjanjikan.

Ada begitu banyak pilihan investasi, tapi yang menawarkan keuntungan beragam adalah Reksadana Pasar Uang. Bagaimana tidak, investasi ini memiliki jangka waktu pendek karena instrumen pasar uang yang dipilih adalah surat berharga seperti obligasi yang jatuh temponya kurang dari satu tahun.

Potensi return Reksadana Pasar Uang juga cukup tinggi sehingga Anda bisa lebih cepat memiliki dana darurat. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebagai berikut:

1. Menetapkan Besarnya Dana Darurat

Anda sudah tahu tujuan investasi adalah untuk mengumpulkan dana darurat. Namun supaya lebih terukur sebaiknya tetapkan berapa dana darurat yang ingin dikumpulkan. Jumlah inilah yang akan jadi target utama Anda sehingga tidak salah memilih produk di pasar uang nantinya.

Meskipun potensi return Reksadana Pasar Uang cukup tinggi dan aman namun tidak semua produknya memiliki nilai yang sama. Jumlah dana darurat yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan gaya hidup atau keperluan yang harus dipenuhi setiap bulannya.

2. Mencermati Prospektus Reksadana

Prospektus adalah informasi yang berhubungan dengan produk Reksadana, Anda bisa mengenali kinerja dari beberapa tahun sebelumnya, legalitas, biaya sampai dengan pengelolaannya. Prospektus layaknya buku manual para investor yang wajib dicermati sebelum membeli.

Membaca dengan baik dari setiap poin prospektus ini bisa mengantarkan Anda pada investasi Reksadana Pasar Uang yang menguntungkan. Jadi jangan asal beli produk saja.

3. Jangan Menunda Investasi

Usai membaca prospektus tidak sedikit juga yang masih ragu untuk memulai. Selama investasi dan Anda tahu apa tujuannya jangan pernah menunda lagi. Anda akan kehilangan banyak waktu yang bernilai uang. Anda bisa mendapatkan manfaatnya jika memulai sedini mungkin.

Apalagi mengingat nilai investasi semakin besar dari hari ke hari, Anda tentu tidak boleh melewatkan kesempatan memperoleh keuntungan dari peningkatan ini. Jadi setelah membaca prospektus dan menemukan produk yang tepat segeralah membeli, jangan berpikir terlalu panjang.

4. Mencegah Risiko dengan Diversifikasi

Satu lagi yang harus Anda ingat adalah jangan terpaku pada satu produk Reksadana Pasar Uang saja. Anda harus membagi investasi ke produk pasar uang lainnya yang dirasa akan menguntungkan dalam jangka waktu satu tahun ke depan. Membagi investasi atau yang disebut dengan aktivitas diversifikasi ini bisa menghindari kerugian.

Ketika nilai satu produk turun Anda tidak akan merasa rugi karena masih bisa mendapat keuntungan dari produk lainnya. Trik inilah yang akan membuat dana darurat Anda bisa terkumpul bahkan sebelum satu tahun.

Investasi Reksadana Pasar Uang Hanya di DBS Treasures

Selain keempat tips di atas, penting juga untuk memilih mitra penyedia Reksadana. Salah satu penyedia yang tepat dan bisa dipilih adalah perbankan prioritas DBS Treasures. Selama Anda berinvestasi dengan DBS Treasures maka beberapa keuntungan berikut akan didapatkan.

1. Investasi Dikelola Langsung oleh Profesional

Sudah yakin untuk memilih produk Reksadana Pasar Uang? Semua investasi Anda nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional. DBS Treasures telah bermitra dengan Manajer Investasi untuk mengoptimalkan produk yang telah Anda pilih.

2. Memperoleh Wawasan tentang Investasi

Tidak memiliki cukup waktu untuk memonitoring dan menganalisis peluang terkini? Tidak perlu khawatir karena semua analisanya akan Anda dapatkan langsung dari DBS Treasures. Tim ahli finansial nantinya akan proaktif dalam mengkomunikasikan analisa pasar dan memberikan peluang terkini sesuai aspirasi Anda.

3. Mengatasi Risiko dengan Diversifikasi

Membagi investasi Anda ke beberapa jenis aset yang disebut dengan diversifikasi adalah langkah tepat. Langkah inilah yang akan diterapkan oleh DBS Treasures demi mengurangi risiko yang dihadapi oleh investor.

Semua jenis investasi Reksadana bisa dilakukan secara mudah memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS. Anda bisa mendapatkan analisa Reksadana berdasarkan data dari Infovesta. Selain itu aktivitas seperti jual, beli serta switching bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Anda yang merupakan investor baru bisa mendaftarkan diri untuk memiliki Single Investor Identity dari Kustodian Sentral Efek Indonesia. Cara mendaftarnya pun mudah hanya melalui satu aplikasi ini saja.

Mempersiapkan dana darurat tidak boleh ditunda karena Anda tidak pernah tahu kapan kesulitan ekonomi akan melanda. Untungnya dengan Reksadana Pasar Uang Anda bisa mempersiapkan dana darurat lebih cepat.

Apalagi dengan memilih DBS Treasures sebagai mitra selama investasi Anda berlangsung. Dapat dipastikan bahwa tujuan mengumpulkan dana darurat Anda bisa terwujud dalam waktu yang diinginkan. Belum lagi sederet keuntungan yang ditawarkan DBS Treasures ini jarang bisa diperoleh.

Segeralah untuk bergabung menjadi nasabah prioritas DBS Treasures dan pilih Reksadana yang Anda perlukan.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.