Pengertian Manajemen Keuangan

Pegertian Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan adalah semua kegiatan aktivitas yang ada dalam perusahaan yang berkaitan dengan finansial perusahaan baik itu bagaimana cara mendapatkan uang, membelanjakan uang dan mengolola keuangan perusahaan demi perkembangan perusahaan.

Pendapat lain mengenai pengertian manajemen keuangan adalah suatu usaha yang di lakukan perusahaan untuk mendapatkan uang dan bagaimana perusahaan mengolola keungan sebagai asset untuk perusahaan yang dapat di manfaatkan perusahaan demi mencapai tujuan yang ingin di capai oleh perusahaan.

Baca Juga:

Definisi Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian manajemen keuangan menurut beberapa para ahli baik itu dari Indonesia maunpun luar negeri.

1. Bambang Riyanto

Pengertian Manajemen keungan menurtu ahli Bambang Riyanto adalah segala aktivitas dalam perusahaan yang berkaitan erat dengan usaha dalam mendapatkan pemasukan dan yang diperlukan oleh perusahaan dengan biaya minimal serta syarat-syarat yang menguntungkan untuk perusahaan.

2. J. L. Massie

Pengertian Manajemen keungan menurtu ahli J. L. Massie adalah segala aktivitas operasional dan bisnis yang bertanggung jawab dalam mendapatkan dan menggunakan setiap dana yang diperlukan untuk menunjang kegiatan operasional yang efektif dan efisien bagi perusahaan

3. Agus Sartono

Pengertian Manajemen keungan menurtu ahli Agus Sartono adalah segala kegitan yang berhubungan dengan pengalokasian dana untuk bermacam-macam bentuk investasi baik secara efektif maupun usaha dalam pengumpulan dana untuk pembiayaan setiap investasi atau untuk pembelanjaan perusahaan secara efisien.

4. J. F. Bradley

Pengertian Manajemen keungan menurtu ahli J. F. Bradley  adalah suatu bidang manajemen bisnis yang bertujuan untuk mengelola penggunaan modal perusahaan secara bijaksan, dan seksama dari sumber modal yang di dapatkan untuk memungkinkan pengeluaran dalam bergerak ke arah mencapai tujuan perusahaan

5. Sonny S.

Pengertian manajemen keuangan menurtu ahli Sonny S. adalah semua kegiatan dalam perusahaan yang berhubungan dengan cara bagaimana mendapatkan uang, menggunakan uang, dan mengelola asset perusahaan sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

6. Grestenberg

Pengertian manajemen keuangan menurtu ahli Grestenberg Adalah proses bagaimana bisnis diadakan dengan tujuan mendapatkan dana, cara mendapatkan dana, penggunaan dana, dan bagaimana bisnis didistribusikan oleh perusahaan

7. Sutrisno

Pengertian manajemen keuangan menurtu ahli sutrisno adalah segala tivitas dalam perusahaan dengan usaha untuk mendapatkan dana perusahaan dengan pengeluaran yang murah serta efisien dan usaha untuk memakai dan pengolokasian dana tersebut secara efisien dan efektif.

8. James Van Horne

Pengertian manajemen keuangan menurtu ahli James VanHorne adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan pendapatan dana dan pengelolaan dana, dan tujuan untuk pengelolaan aktiva dengan semua aktivitas dalam perusahaan.

9. Weston dan Copeland

Pengertian manajemen keuangan menurtu ahli Weston dan Copeland adalah sebuah fungsi serta tanggung jawab semua manajer keuangan. Fungsi utama manajemen keuangan adalah menyangkut keputusan mengenai penanaman modal, pembiayaan suatu kegiatan usaha, dan pembagian dividen pada perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Kepemimpinan

Fungsi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah komponen yang paling penting dalam sebuah bisnis maupun perusahaan. Untuk membantu kelangsungan bisnis atau perusahaan harus memiliki manajemen keuangan yang baik. Untuk mengolola finansial perushaan. Berikut ini fungsi manajemen keuangan baik dalam bisnis maupun perusahaan.

1. Perencanaan Finansial

Segala sesuatu yang menjadi agenda kegiatan dalam perusahaan memerilukan suatu perencanaan. Termasuk perencanaan mengenai finansial perusahaan. Anggaran dana perusahaan harus di kelola di rencanakan dengan baik untuk memperoleh keuntunmgan yang maksimal bagi perusahaan. Pengolokasian dana juga harus benar-benar baik untk mendapatkan profit yang besar untuk perusahaan.

2. Pengendalian Keuangan

Setelah melakukan kegiatan dan mendapatkan dana dari kegiatan tersebut di perlukan pengolahan atau pengontrolan dan agar dapa di maksimalkan untuk kegiatan perusahaan berikutnya. Dengan pengendalian keungan perusahaan dapat memaksimalkan penyimpanan dana dan pengeluaran dana pada kegiatan selanjutnya.

3. Pemerikasaan Keungan

Setiap keutungan dana yang di dapat kan dari kegiatan perusahaan harus di di lakukan auditing atau pemeriksaan untuk mengcek dan mengetahui jumlah budget yang di dapatkan dari kegiatan yang telah di lakukan perusahaan. Agar sesuai dengan kaidah standar akutansi.

3. Laporan Keungan

Dengan adanya komponen keungan dalam perusahaan tentu dalam setiap tiga bulan sekali dan satu tahun sekali aka nada laporan keungan guna untuk mengecek kondisi atau kesehatan finansial perusahaan. Laporan keungan berguna untuk menganalisis rasio laporan laba rugi perusahaan.

Tujuan dan Manfaat Manajemen Keuangan

Setelah kita membahas fungsi manajemen keungan tentu memiliki manfaat untuk perusahaan. Dan kali ini kita akan membahas manfaat manajemen fungsi keuangan dalam perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Manajemen produksi

1. Dapat mengontrol keungan

Perusahaan tentu memiliki laporan keungan untuk melihat secara detail pemasukan dan pengeluaran dana dalam perusahaan. Manajemen keungan memiliki manfaat dalam perusahaan salah satunnya adalah dapat mengontrol kesehatan keuangan perusahaan.

2. Sebagai pengingat Dalam membelanjakan Dana Perusahaan

Dengan adanya jumlah yang kongkrit pada laporan keungan yang telah di buat oleh manajemen keungan dapat mengingatkan kepada anda dalam mengeluarkan dana perushaan. Dengan bantuan manajemen kaungan anda menjadi tidak seenaknya dalam membelanjakan kas perusahaan.

3. Membantu Mencapai Tujuan

Ketika perusahaan ingin mengadakan kegiatan tentu perusahaan terlebih dahulu membuat perencanaan anggaran. Berapa dana yang akan di butuhkan dan melihat dana yang di miliki perusahaan. Dengan begitu anda dapat mengetahui dan menyesuaikan kas perusahaan dan dana yang dibutuhkan kegiatan yang ingin di lakukan.

4. Membantu menghadapi keadaan darurat

Dengan bantuan manajemen keungan dalam membuat laporan keungan tentu membuat anda tidak terkejut ketika memiliki masalah yang berhubungan dengan keungan secara mendadak. Bahkan kamu dapat membuat anggaran untuk mengatasi permasalahan yang mungkin akan menimpa perusahaan anda.

5. Membantu terbebas dari utang

Dengan adanya laporan keungan kamu dapat mengecek pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Dengan mengetahui pemasukan anda, anda dapat terhindar dari utang kredit yang mungkin tidak bisa anda bayar perbulannya. Selain itu anda juga terhindar dari membeli secara berlebihan. Karena dengan lapran keungan anda sadar jumlah kredit atau cicilan yang bisa anda bayar.

Ruang Lingkup Manajemen Keungan

Manajemen Keungan dapat membuat laporan keungan denga tujuan dapat mengolola asset yang di miliki perusahaan. Dengan adanya manajemen keungan ini para manajer dapat menegethaui ruang linkup manajemen keungan. Nah berikut ini ruang linkup manajemen keungan.

1. Keputusan pendanaan

Keputusan pendanaan berhubungan dengan bagaimana perusahaan memperoleh dana misalnya dengan kebijakan menerbitkan sejumlah obligasi dan kebijkan hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang. Dana perusahaan yang di maksud adalah dana yang peroleh internal maupun eksterna perusahaan itu sendiri.

2. Keputusan Investasi

Keputusan investasi adalah semua yang berkaitan dengan pentapan kebijakan penanaman modal missalnya aktiva tetap yang di dalamnya terdapat tanah, gedung, peralatan dan perusahaan yang dimiliki perusahaan. Dan aktiva finansial yang di dalamnya terdapat surat berharga perusahaan dan kebijakan obligasi.

3. Keputusan Pengelolaan Aset

Keputusan Pengelolaan Aset adalah kebijakan yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan yang mengolola asset perusahaan demi mencapai tujan utama dari perusahaan.

Prinsip Manajemen Keuangan

Ketika Membahas materi manajemen keungan akan memakan banyak waktu karena pembahasan manajemen keungan akan sangat luas. Berikut ini beberapa Prinsip Manajemen Keuangan antara lain.

1. Prinsip Konsistensi

Dalam mengolola manajemen keuangan harus di lakukan secara continue atau berkelanjutan dan harus bersifat konsisten serta tidak berubah-ubah. Ada pun ketika harus mengubah harus di sertai dengan alas an yang valid dan jelas yang tidak membuat bingung.

2. Prinsip Akuntabilitas

Prinsip Akuntabilitas adalah suatu kewajiban hokum dan moral dalam memberikan penjelasan tentang penggunaan dana yang telah diberikan. Setiap individu maupun perusahan harus mampu menjelaskan secara rinci tentang penggunaan dana perusahan dan hal-hal yang berkaitan dengan dana perusahaan

3. Prinsip Transparansi

Prinsip Transparansi adalah suatu Keterbukaan pihak-pihak manajemen untuk memberikan sebuah informasi tentang kegiatan yang berhubungan dengan keuangan, agar tidak terjadi suatu kesalah pahaman atau manipulasi di masa depan.

4. Prinsip Kelangsungan Hidup

Prinsip Kelangsungan Hidup adalah Salah satu usaha menjaga kesehatan finansial perusahaan atau organisasi dengan menyesuaikan antara biaya operasional dengan dana yang tersedia dalam perusahaan

5. Prinsip Integritas

Prinsip Integritas adalah Setiap individu wajib mempunyai integritas yang tinggi untuk menjalankan operasional perusahaan. Terbukti dengan adanya laporan keuangan yang tersaji lengkap dan akurat.

6. Prinsip Pengelolaan

Prinsip pengolaan adalah Manajemen kauangan yang harus dapat mengelola dana perusahaan yang ada dengan baik dan benar yang sesuai dengan karakter perusahaan atau organisasi.

Baca Juga: Pengertian Sumber daya manusia

Contoh manajemen keuangan

Sebenarnya, ada banyak sekali contoh dari manajemen keuangan yang dapat Anda pelajari.contoh yang dapat anda pelajari diantaranya adalah

  • Laporan Arus Kas
  • Laporan Laba Rugi
  • Neraca
  • Beban penjualan
  • Laba Bersih
  • Laba Kotor
  • Aktiva Lancar
  • Aktiva Tetap
  • Dan Masih Banyak Lagi

Demikianlah artikel tentang pengertian manajemen keungan, fungsi manajemen keungan, tujuan dan manfaat manajemen keungan, ruang lingkup manajemen keungan, prinsip manajemen keungan dan contoh laporan keungan. semoga dengan adanya artikel dapat membantu dan menambah wawan anda mengenai materi manajemen keungan.