Kelebihan dan kekurangan WIFI
Kelebihan dan kekurangan WIFI

Kelebihan dan kekurangan WIFI

Wifi merupakan salah satu bagian dari wireless yang tidak perlu kabel dalam menghubungkan antara device antara yang satu dengan lainnya. Banyak pengguna mulai beralih dari jaringan kabel ke jaringan WIFI.

Kelebihan WIFI

Adapun kelebihan WIFI sebagai berikut:

1. Penggunanya dapat berpindah-pindah tempat

Jaringan kabel yang mengharuskan selalu terhubung via kabel, sehingga terkesan membatasi gerak pengguna. Pada jaringan wireless Wifi tidak perlu dikhwatirkan terhadap kabel. Dalam penggunaan jaringan Wifi lebih aktif dalam bergerak dan tidak terpaku disatu tempat. Kebutuhan akan mobilitas perangkat tanpa dibatasi kabelnya semakin tinggi.

2. Instalasi yang sangat mudah

Proses instalasinya yang sangat mudah karena tidak perlu membeli alat dan bahan karena dalam instalasi jaringan kabel hanya membutuhkan kabel UTP sebagai media transfernya. Dalam pemasangan konektor RJ-45 secara manual ke kabel UTP. Jaringan WIFI cukup dengan memasang hardware seperti Access Point ataupun MiFi(Mobile Wifi) dan lebih murah, lebih mudah dan lebih simple memakai jaringan WIFI.

3. Jangkauan Luas

Jaringan Wifi mempunyai cakupan luas walaupun mempunyai batasan, tetapi selama tersambung dengan hotspotnya, tidak ada terdapat masalah.

4. Penggunaan Listrik lebih kecil

Perangkat yang digunakan lebih cenderung lebih kecil ukurannya, penggunaan listriknya bisa dibilang kecil. Satu perangkat WIFI Access point rata-rata hanya membutuhkan tengangan DC 9V dan 0.85A.

5. Menghemat Tempat

Dalam meletakkan 1 modem dan router Wifi dalam satu lokasi dan koneksi internet yang dinikmati oleh banyak orang yang berada di area tersebut.

Baca Juga: Pengertian WIFI lengkap dengan cara kerjanya

Kekurangan WIFI

Adapun kekurangan WIFI sebagai berikut:

1. Batasan Jarak

Sinyal jika berada jauh dari sumber koneksinya itu dapat mengakibatkan pergerakan untuk sampai dengan sumbernya susah. Maka itu dipertimbangkan jarak yang sesuai akan mempengeruhi koneksi internet.

2. Keamanan yang kurang

Jaringan WIFI bersifat public,  bahayanya dimasuki oleh pengguna yang tidak berkepentingan. Seperti jaringan kabel yang terlindung jaringannya dengan koneksi khusus menggunakan kabel. Jadi meskipun jaringan Wifi dapat diperkuat dengan password tetapi tidak menutup kemungkinan adanya orang atau oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membeberkan password.

3. Kelemahan saat transfer data besar

Jaringan Wifi tidak cocok digunakan untuk transfer data yang berukuran besar. Berbeda dengan jaringan kabel yang support terhadap data besar dengan kecepatan.  Kecepatannya dapat mencapai 1 Gbps lebih.

Demikian penjelasan dari Kelebihan dan kekurangan WIFI semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum.

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri