Pengertian INTERNET

By | 24 Agustus 2019

Istilah internet untuk zaman ini merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi setiap individu. Saat ini internet sudah menjadi bagian kehidupan yang penting bagi setiap orang. Hal tentunya tidak terlepas dari peran internet yang memang penting bagi semua orang. Lalu apa yang dimaksud dengan Internet (Interconnected Networking)? Internet secara sederhana dapat didefinisikan sebagai sebuah komunikasi jaringan global yang menjadi penghubung bagi miliyaran jaringan komputer secara terbuka dengan menggunakan sistem standar global transmission control protocol/internet protocol suite (TCP/IP).

Beberapa pengertian lainnya menjelaskan bahwa definisi internet adalah International Network yang mana semua jenis komputer di seluruh dunia dapat dihubungkan melalui tipe komunikasi seperti telepon, satelit, dan lain-lain. Alamat IP yang sering kita dengar dalam internet berasal dari komputer (Baca Juga: Pengertian Komputer) yang memiliki keunikan dimana berbentuk kombinasi angka yang menunjukkan identitas sebuah komputer pada jaringan internet.

Pengertian Internet Menurut Beberapa Ahli

Dalam memahami definisi internet yang lebih luas, berikut ini beberapa referensi dari ahli yang ikut mengemukakan pendapatnya tentang internet.

1. Sibero

Sibero mengemukakan pendapatnya tentang Definisi internet yaitu sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer yang ada di seluruh dunia secara bersamaan. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu sebuah jaringan yang sangat luas.

2. Sarwono

Menurut pendapat Sarwono, Internet dapat diartikan sebagai suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala yang luas (global), dimana tidak seorangpun dapat bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri.

3. Berners Lee

Definisi dari internet menurut Berners Lee adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Hal ini jelas merujuk pada konsep dimana sebuah jaringan komputer tertentu atau dalam jaringan lokal juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

4. Ned Snell

Ned Snell mendefinisikan internet yaitu merupakan suatu koridor bagi bermacam-macam jenis sumber daya yang ada di dalamnya, dan setiap sumber daya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda.

5. Onno Purbo

Menurut Purbo, pengertian internet yaitu suatu media yang digunakan untuk mengefisiensikan sebuah proses komunikasi yang terhubung dengan berbagai macam aplikasi, seperti website, e-mail, dan lain-lain.

6. Lani Sidartha

Lani Sidharta memngajukan pendapatnya tentang pengertian internet yaitu sebuah bentuk inter-koneksi dari suatu jaringan komputer, dimana koneksi ini dapat memberikan bentuk layanan informasi secara lengkap dan detail. Lebih lanjut Lani memandang bahwa internet juga merupakan rekan maya atau semu atau virtual yang ampuh, yang biasa digunakan dalam media bisnis, politik, dan bahkan untuk hiburan semata.

Baca Juga: Keunggulan Media Online

7. O Brien

Dalam sudut pandang O’Brien, internet dapat didefinisikan sebagai sebuah jaringan komputer yang berkembang pesat dan bermanfaat bagi berbagai jenis kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu sama lain.

Fungsi Internet Secara Umum

Pengertian INTERNET

1. Sebagai Media Komunikasi

Berdasarkan refernsi dari pengertian internet itu sendiri, maka internet dapat berfungsi sebagai media komunikasi bagi individu di berbagai belahan dunia. Penggunaan internet sebagai media komunikasi sudah sangat beragam digunakan saat ini. Hal tersebur dapat kita lihat dengan munculnya berbagai konten dari situs atau website media sosial dan aplikasi pesan (chatting) yang memudahkan setiap orang dalam berkomunikasi.

2. Sebagai Media Akses Informasi

Ada yang menyebut bahwa zaman intenet ini disamakan dengan zaman keterbukaan. Maksudnya, dengan adanya interne, makan individu akan lebih mudah mengakses berbagai macam informasi penting yang beredar. Jika dibandingkan dengan dulu dimana manusia harus membca buku untuk memperoleh informasi, maka sekarang hal itu dapat dilakukan melalui internet, bahkan keberadaan buku digital atai e-book memungkinkan manusia untuk membaca buku secara online.

Keterbukaan, Maksudnya, dengan adanya interne, makan individu akan lebih mudah mengakses berbagai macam informasi penting yang beredar. Jika dibandingkan dengan dulu dimana manusia harus membca buku untuk memperoleh informasi, maka sekarang hal itu dapat dilakukan melalui internet, bahkan keberadaan buku digital atai e-book memungkinkan manusia untuk membaca buku secara online.

3. Sebagai Media Akses Informasi

Ada yang menyebut bahwa zaman intenet ini disamakan dengan zaman keterbukaan. Maksudnya, dengan adanya interne, makan individu akan lebih mudah mengakses berbagai macam informasi penting yang beredar. Jika dibandingkan dengan dulu dimana manusia harus membca buku untuk memperoleh informasi, maka sekarang hal itu dapat dilakukan melalui internet, bahkan keberadaan buku digital atai e-book memungkinkan manusia untuk membaca buku secara online.

4. Sebagai Medai Bertukar Sumber Daya

Begitu banyak orang yang ingin berbagi sumber daya atau data dengan orang lain di seluruh dunia. Ha ini tentu saja dapat dilakukan dengan kehadiran internet. Beberapa sumber daya atau data yang sering dibagikan di internet adalah makalah, karya tulisan, jurnal, foto, video, dan lain-lain.

5. Sebagai Media untuk Akses Berita

Berbagai kejadian dan tempat yang ada di seluruh dunia dapat diakses dan dilihat oleh siapa saja melalui berbagai situs berita online atau media online. Hal ini tentunya dapat dilakukan karena adanya jaringan internet. Semua website atau situs berita online di dunia hanya dapat dibuka bila perangkat kita terhubung dengan internet.

Manfaat Internet Bagi Manusia

Setelah kita membahas dan memahami definisi dan fungsi utama dari internet, tentu kita juga perlu mengetahui apa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya akses intenet ini. Pada dasarnya manfaat internet bagi manusia sangat berkaitan erat dengan fungsinya sendiri. Secara umum internet bermanfaat dalam memberikan kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai aktivitas. Berikut ini manfaat lain dari penggunaan internet bagi manusia.

1. Komunikasi Lebih Cepat

Komunikasi antar individu di lokasi yang berbeda dapat menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Selain itu, biaya untuk proses komunikasi tersebut juga sangat murah ketika menggunakan internet. Beberapa komunikasi yang sering dilakukan dengan memanfaatkan internet adalah : chatting, e-mail, berbagai media sosial, dan lain-lain.

2. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Dalam menambah pengetahuan dan wawasan, tidak ada lagi kesulitan dalam melakukan akses hal tersebut, karena hal itu dapat dilakukan dengan adanya bantuan kehadiran di internet. Keberadaan berbagai situs yang menyajikan berbagai ilmu pengetahuan secara langsung akan menambah wawasan bagi para pengguna internet.

Misalnya, jika seorang seseorang ingin belajar matematika dengan mudah, maka cukup langsung membuka internet, maka kita dapat menjumpai berbagai macam website yang dapat digunakan sebagai referensi belajar, baik itu yang gratis maupun berbayar.


3. Kemudahan Dalam Berbelanja

Dengan adanya akses internet, maka modernisasi dalam berbelanja pun ikut terjadi yaitu dengan munculnya sistem belanja online. Konsumen online di dalam negeri tumbuh begitu cepat. Ini adalah bukti bahwa internet memberikan kemudahan dalam hal berbelanja apapun secara mudah murah. Dalam sisi produsen, keberadaan internet membuat proses pengembangan usaha menjadi lebih mudah, cepat, dan murah. Jadi, tidak heran mengapa bisnis e-commerce di indonesia berkembang pesat.

4. Kemudahan Dalam Pemasaran Bisnis

Pelaku bisnis sepatutnya menggunakan internet sebagai media dalam melakukan proses pemasaran. Ada beberapa kelebihan yang dapat diperoleh dibandingkan dengan pemasaran konvensional yaitu:

  • Biaya pemasaran menjadi lebih kecil
  • Target pasar dapat mudah ditentukan
  • Jangkauan lebih luas
  • Pemosisian merek dapat dibangun lebih cepat


Metode pemasaran online pun sangat beragam, sehingga para pengusaha tidak akan kehabisan ide untuk mengeksplor kemungkinan pemasaran terbaik bagi usahanya.

1. Sarana Hiburan

Internet juga merupakan media yang sangat digemari sebagai saran hiburan, terutama untuk anak muda. Berbagai situs internet yang sering dijadikan sebagai sarana hiburan adalah Youtube, Facebook, Twitter, dan lain-lain. Konten yang terdapat dalam situs tersebut benar-benar menjadi hiburan bagi semua orang.

2. Kemudahan Dalam Mencari Informasi


Kemudahan dalam mencari berbagai informasi di internet juga menjadi manfaat yang benar-benar dirasakan oleh masyarakat saat ini. Contohnya seperti dalam mencari lowongan kerja, mendaftar masuk ke perguruan tinggi dan instansi-instansi lainnya.

Dampak Positif dan Negatif Internet

1. Dampak Positif

  • Mempercepat dan memudahkan akses informasi dan data
  • Membantu pelajar menyelesaikan tugasnya
  • Membangun self-learning
  • Menambah pengetahuan
  • Memudahkan kegiatan kampanye dan promosi
  • Memperoleh hiburan yang tentunya positif
  • Menambah relasi dan pertemanan melalui media sosial

2. Dampak Negatif

  • Adanya potensi kecanduan penggunaan internet
  • Penggunaan waktu yang berlebihan
  • Peluang terjadinya cybercrime seperti penipuan
  • Adanya konten yang tidak pantas untuk beberaoa kategori umur
  • Peluang terjadinya informasi yang tidak benar (hoax)
  • Peluang terjadinya cyberbullying

Demikianlah Artikel Mengenai INTERNET mulai dari pengertian internet, fungsi internet dan dampak internet di dalam kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *